Membuat Summary dalam Academic Writing: 5 Langkah Mudah

Summary adalah bagian akhir dalam tulisan. Bagian ini wajib disertakan dalam Academic Writing.

Selain penting dalam tulisan ilmiah, membuat summary bermanfaat dalam proses belajar. Kemampuan membuat summary menunjukkan pemahaman yang baik terhadap materi yang dipelajari.

Membuat summary tidak bisa sembarangan, karena bukan sekadar mengulang isi tulisan. Ikuti langkah-langkah mudah berikut untuk membuatnya.

Apa itu Summary?

Summary dapat diartikan sebagai ringkasan atau rangkuman. Merangkum berarti menyampaikan inti tulisan dengan kata-kata yang berbeda.

Summary selalu lebih pendek daripada isi tulisan. Mengingat sifatnya sebagai ringkasan, summary selalu dibuat setelah tulisan selesai.

Tujuan utama rangkuman adalah membuat pembaca paham isi tulisan atau sumber yang dirujuk.

Ciri-ciri summary

  • Selalu dalam bentuk paragraf.
  • Diawali dari kalimat pembuka yang menyebutkan judul, penulis, dan subjek tulisan.
  • Menggunakan kata-kata yang berbeda dengan isi tulisan.
  • Hanya mengandung gagasan utama dan temuan-temuan dalam tulisan, tanpa ada opini, interpretasi, atau komentar pribadi.
  • Terdapat fakta pendukung gagasan utama.
  • Dapat memiliki kutipan dari sumber, ditulis dalam bentuk “kutipan”. Dapat pula menyertakan nomor paragraf yang dirujuk dalam tulisan.
  • Diakhiri dengan kalimat yang merangkum summary, umumnya menyatakan ulang gagasan utama.

Perbedaan dengan Conclusion

Conclusion adalah kesimpulan. Penulisannya dilakukan di akhir, sehingga sering disalahartikan sebagai rangkuman.

Apa perbedaan summary dengan conclusion?

Summary merujuk pada pernyataan yang ada dalam esai atau penelitian. Sementara itu conclusion adalah bagian dari esai, buku, atau penelitian yang mengandung jawaban akhir dari tujuan penelitian.

Tujuan conclusion yaitu memberikan keputusan atau penilaian disertai alasan kuat. Sementara itu summary hanya menjelaskan ulang gagasan utama.

5 Langkah Cara Menulis Summary

Membuat rangkuman untuk esai, laporan penelitian, hingga skripsi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ikuti lima langkah mudah berikut.

Membaca Ulang

Lakukan scanning dan skimming untuk menemukan topik dan detail yang penting. Mulailah dari abstrak, judul, subjudul, pembuka, dan kesimpulan.

Pecah Menjadi Beberapa Bagian

Esai yang baik harus menggunakan struktur penulisan ilmiah, mulai dari pembuka, metode, hasil, dan pembahasan.

Perhatikan masing-masing bagian. Apa saja yang dibahas? Jika perlu, kamu dapat membuat catatan kecil yang merangkum masing-masing subjudul.

Tentukan Gagasan Utama Setiap Bagian

Ubahlah cara membaca dengan menggunakan sudut pandang pembaca summary. Apa saja yang perlu diketahui pembaca hanya dengan membaca ringkasannya?

Meringkas bukan berarti melakukan parafrase setiap paragraf. Hal yang lebih penting adalah memastikan setiap gagasan utama terangkum, tanpa perlu menyertakan detail yang terlalu rinci.

Menulis Summary

Setelah menemukan poin-poin penting, saatnya menulis summary dengan kata-katamu sendiri. Hindari plagiarisme dengan melakukan parafrase.

Agar lebih mudah, kamu dapat menuliskan pemahamanmu terhadap isi tulisan. Kamu juga dapat menyertakan kutipan sumber yang digunakan dalam tulisan.

Bandingkan dengan Tulisan

Terakhir, baca ulang tulisan secara keseluruhan untuk membandingkan dengan summary yang dibuat. Periksa hal-hal berikut.

  • Apakah rangkuman sudah akurat?
  • Apakah ada informasi penting yang terlewat?
  • Apakah summary mengulang isi tulisan tanpa parafrase?

Contoh Summary Singkat

Using national survey data, Davis et al. (2015) tested the assertion that “an apple a day keeps the doctor away” and did not find statistically significant evidence in support of this hypothesis. While people who consumed apples were slightly less likely to use prescription medications, the study was unable to demonstrate a causal relationship between these variables.

Association Between Apple Consumption and Physician Visits Appealing the Conventional Wisdom That an Apple a Day Keeps the Doctor Away, Matthew A. Davis, DC, MPH, PhD; Julie P. W. Bynum, MD, MPH; Brenda E. Sirovich, MD, MS

Kursus Academic English: Langkah Awal Sukses Kuliah di Luar Negeri

Menulis dalam bahasa Inggris bisa jadi susah-susah gampang jika kamu tidak terbiasa. Terlebih jika kamu harus membuat tulisan akademik. Bagi kamu yang ingin mendapat bimbingan menulis, dapat mengikuti Kursus Academic English di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu dapat memilih jadwal kelas sendiri. Daftar sekarang!