Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Conclusion: 5 Tips Membuat Kesimpulan Academic Writing

Conclusion adalah bagian akhir dalam Academic Writing. Penulisan bagian ini memerlukan perhatian khusus, karena akan memengaruhi pandangan pembaca terhadap keseluruhan esai.

Bagaimana cara menulis conclusion yang baik?

Pengertian Conclusion

Conclusion adalah kesimpulan. Conclusion dapat diartikan sebagai epilog yang diletakkan di akhir tulisan atau esai.

Kesimpulan menggabungkan setiap poin yang dibahas dalam suatu alur berpikir, sehingga dapat mencapai jawaban atas pertanyaan awal yang diajukan dalam penelitian. Kesimpulan berbentuk pernyataan.

Kesimpulan merupakan langkah akhir dari penalaran. Kesimpulan diambil berdasarkan penelitian dan pertimbangan terhadap berbagai temuan.

Conclusion juga mendorong pembaca untuk melihat hasil temuan penelitian dari sudut pandang baru.

Ciri-Ciri Conclusion

  • Diakhiri dengan kalimat positif.
  • Menggarisbawahi argumen yang disampaikan dalam esai.
  • Merangkum jawaban atas pertanyaan tujuan penelitian.
  • Merujuk kembali tujuan penelitian, menyatakan ulang temuan utama, dan menyelesaikan penelitian.
  • Memberikan kesan akhir yang kuat kepada pembaca.
  • Memperkuat tema penelitian.
  • Tidak menyebutkan gagasan baru.
  • Panjang sekitar 10 persen dari total tulisan.

Conclusions and Recommendations

Setelah conclusion, beberapa esai turut menyertakan recommendations, yakni saran tindakan yang sebaiknya dilakukan berdasarkan penelitian.

Recommendations harus bersifat konkret, spesifik, dan berhubungan dengan conclusions. Selain itu, jelaskan bagaimana recommendations dapat menyelesaikan masalah yang dibahas dalam penelitian.

Cara Membuat Conclusion

Untuk membuat kesimpulan yang baik dan berkesan bagi pembaca, ikuti langkah-langkah berikut.

Gunakan kalimat topik

Kesimpulan selalu diawali dengan kalimat topik. Sampaikan kembali pernyataan yang terdapat di paragraf pembuka.

Rangkum gagasan utama

Tujuan membuat rangkuman (summary) adalah membuat pembaca lebih memahami isi tulisan secara keseluruhan.

Walaupun begitu, conclusion hanya mengandung temuan yang sudah disebutkan dalam hasil penelitian. Hindari menyampaikan informasi atau gagasan baru karena dapat membingungkan pembaca.

Menyentuh emosi pembaca

Kesimpulan dapat mengandung kalimat yang mengundang emosi pembaca. Tujuannya untuk membuat pembaca terkesan atas tulisan.

Pemilihan kalimat

Pilih kalimat sederhana (simple sentence) untuk membuat pembaca lebih mudah paham. Kamu juga dapat menggunakan compound atau parallel sentence untuk menimbulkan kesan runtut hingga akhir pembahasan.

Kata-kata yang perlu dihindari

Hindari menggunakan frasa seperti in conclusion, to conclude, in summary, dan to sum up. Ungkapan semacam ini memang umum dalam presentasi, tetapi tidak sebaiknya digunakan dalam esai.

Ungkapan-ungkapan tersebut mengindikasikan tulisan akan segera selesai, sehingga membuat pembaca merasa tidak perlu membaca sisanya.

Gunakan kalimat penutup

Kalimat penutup merangkum seluruh kesimpulan dan menyelesaikan pembahasan.

Contoh Conclusion

Aviation History is a collection of significant events in aviation accented by the people who made it happen and correlated with world affairs. The book’s use of color and vivid stories helps to make the advancements come to life as something more than significant events on a timeline. While at times the stories may clutter the page, they also breathe life into what is considered by many to be a dull subject. The author’s enthusiasm for the topic is obvious throughout the book. More thorough proofreading could help alleviate some of the confusion that is caused by typos and a few mislabeled illustrations. The credibility of the content does not suffer due to these obvious errors which will likely be corrected in the next edition.

Journal of Air Transportation World Wide, Nanette Scarpellini

Kursus Academic English: Langkah Awal Sukses Kuliah di Luar Negeri

Menulis dalam bahasa Inggris bisa jadi susah-susah gampang jika kamu tidak terbiasa. Terlebih jika kamu harus membuat tulisan akademik. Bagi kamu yang ingin mendapat bimbingan menulis, dapat mengikuti Kursus Academic English di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu dapat memilih jadwal kelas sendiri. Daftar sekarang!