Contoh Mind Map Bahasa Inggris Beserta Penjelasan Lengkapnya

lister blog juni contoh mind map bahasa inggris

Pernah mendengar istilah mind mapping sebelumnya?

Biasanya seorang trainer akan mengenalkan anak didiknya istilah mind map untuk membantu mereka menata masa depan atau meraih mimpi dalam hidupnya. Atau seorang guru yang hendak menerangkan suatu topik di dalam kelas agar muridnya lebih mudah memahami.

Ternyata mind map memiliki beragam manfaat baik jika digunakan lho. Salah satunya dapat membantu membuat catatan pelajaran sekolah lebih cepat dan tidak ribet. Bagaimana caranya?

Simak selengkapnya di sini!

Baca juga: Yuk Pelajari Gaya Belajar MBTI Melalui Mind Map!

Pengertian Mind Map

Melansir dari laman mindmapping.com, Mind Map adalah cara mudah untuk bertukar pikiran secara organik tanpa mengkhawatirkan keteraturan dan struktur. Hal ini memungkinkan kamu untuk secara visual menyusun ide-ide yang membantu dengan analisis dan mengingat.

Fungsi & Tujuan Mind Map

Mind Map adalah diagram untuk mewakili tugas, kata, konsep, atau item terkait dan diatur di sekitar konsep pusat atau subjek menggunakan tata letak grafis non-linear yang memungkinkan pengguna untuk membangun kerangka kerja intuitif di sekitar ide utama. Peta Pikiran dapat mengubah daftar panjang informasi monoton menjadi diagram yang penuh warna, mudah diingat, dan sangat terorganisir yang bekerja sesuai dengan cara alami otak kamu dalam melakukan sesuatu.

Bagaimana? Menarik, bukan?

Peta Pikiran adalah cara yang sangat efektif untuk mendapatkan informasi masuk dan keluar dari otak dan merupakan cara yang kreatif dan logis untuk membuat catatan yang secara harfiah ‘memetakan’ ide-ide kamu.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins, menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan Mind Mapping meningkatkan nilai mereka sebesar 12%. Selain itu juga terbukti bahwa Mind Mapping bermanfaat bagi siswa disleksia dan autis untuk lebih memahami konsep dan strategi. Bahkan, Asosiasi Disleksia Inggris menyatakan, “Dyslexics struggle with their spoken and/or written language, following instructions, poor concentration and carrying out analytical or logical tasks. Strategies such as Mind Mapping are recognized as valuable learning tools.”

Cara Membuat Mind Map Bahasa Inggris

  • Tentukan ide utama yang akan menjadi central of image
  • Tentukan desain grafis untuk ide utama agar lebih menarik
  • Bentuk ranting-ranting dari ide utama dan buat label yang unik dari setiap ranting seperti simbol, kata kunci, atau gambar
  • Mind Mapping siap digunakan sebagaimana fungsinya

Contoh Mind Map Bahasa Inggris

mind map

Mind map yang pertama menceritakan tentang ide dan segala hal yang berkaitan dengannya, mulai dari perencanaan, kemampuan, riset, menciptakan strategi, dan to do list.

Mind map

Sedangkan pada mind map yang kedua ini tentang ide utama sebuah business plan yang umumnya digunakan calon pengusaha sebelum meluncurkan bisnisnya. Ada banyak hal yang perlu dilakukan seperti melakukan SWOT Analysis, membuat timeline, menciptakan strategi perusahaan, misi perusahaan, rencana marketing, keuangan, menganalisis kompetitor, dan membangun tim. Dengan adanya mind map, maka beberapa cabang ide utama akan mudah dikategorikan dan diselesaikan.

Mind Mapping dengan Segala Benefitnya

Nah, sudah siapkah kamu menggunakan konsep mind mapping dalam kehidupan?

Jika kamu tertantang membuat mind map berbahasa Inggris, namun terkendala bahasa dan kosakata, sebaiknya ikuti Program General English untuk lebih memudahkan kamu.

Sebenarnya membuat mind mapping bahasa Inggris hanya memerlukan perbendaharaan kosakata terkait subjek yang diinginkan. Apabila kamu merasa sulit meningkatkan perbendaharaan tersebut, kamu dapat menuliskan beberapa idiom atau istilah apa pun sesuai dengan tujuanmu lho.

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts