Pengertian Tata Ruang Kantor: Lingkungan Kerja Lebih Efisien

tata ruang kantor

Lister for Company – Sedang ingin melakukan perubahan pada tata ruang kantor

Ada baiknya untuk mempelajari bagaimana pengaturan ruang, desain ergonomis, dan integrasi teknologi mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan di tempat kerja.

Temukan dan tentukan strategi desain yang maksimal untuk para karyawan agar nyaman selama bekerja. 

Pengertian Tata Ruang Kantor

Istilah tata ruang berasal dari bahasa Inggris, office layout. Tata ruang kantor merujuk pada perencanaan, pengorganisasian, dan pengaturan fisik ruang kerja di lingkungan kantor. 

Konsep tata ruang kantor melibatkan pemikiran tentang pengaturan meja kerja, penempatan ruangan, aksesibilitas, dan desain ergonomis. 

Hal tersebut dimaksudkan untuk mendukung kinerja yang optimal dan kesejahteraan karyawan.

Tata ruang lebih pada proses merancang dan mengatur ruang kerja di lingkungan kantor dengan tujuan menciptakan lingkungan yang produktif. 

Faktor Mengenai Tata Ruang Kantor

Beberapa kantor bisa menerapkan tata ruang yang bagus agar produktivitas karyawan maksimal dengan memperhatikan, sebagai berikut. 

Penempatan meja kerja, kursi, lemari, dan perabotan lainnya yang baik akan memperhatikan faktor-faktor seperti ruang gerak yang cukup.

Ruang kantor harus dipetakan dengan baik, dengan memperhatikan kebutuhan dan tugas-tugas yang dilakukan di dalamnya.

Pengaturan peralatan dan furniture secara ergonomis untuk mendukung kenyamanan dan kesehatan para pekerja. 

Penggunaan peralatan dan teknologi yang mendukung kegiatan kerja seperti jaringan internet dan sistem komunikasi. 

Pencahayaan yang baik dapat meningkatkan kenyamanan dan produktivitas karyawan.

Tata ruang kantor yang baik tidak hanya memberikan lingkungan kerja yang efisien, tetapi juga dapat meningkatkan produktivitas. 

Manfaat Tata Ruang 

Ada banyak manfaat tata ruang kantor yang bisa kamu dapatkan, jika menerapkannya. 

  • Tata ruang kantor yang baik dapat meningkatkan produktivitas karyawan. 
  • Tata ruang kantor yang teratur bisa meningkatkan efisiensi operasional. 
  • Lingkungan kerja yang baik dan nyaman dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan
  • Meningkatkan komunikasi antar karyawan yang lebih baik. 
  • Menumbuhkan citra atau kesan perusahaan yang positif terutama bagi pelanggan dan calon karyawan. 

Baca juga: Seluk-beluk Big 4, Kantor Akuntan Terbesar Impian Anak Akuntansi

Jenis Tata Ruang 

Tata ruang merujuk pada cara bagaimana lahan-lahan yang tersedia di suatu wilayah. Umumnya, ruangan kantor dibagi menurut keperluan seperti pemukiman, industri, pertanian, dan konservasi alam.

Jenis tata ruang yang berbeda-beda mencerminkan kebutuhan dan tujuan yang beragam pula. Sedikitnya ada lima jenis tata ruang yang bisa kamu adaptasi untuk kantor. 

  • Tata Ruang Kantor Terbuka (Open-Plan Office)
  • Tata Ruang Kantor Tertutup (Closed-Plan Office)
  • Tata Ruang Kubikel (Cubicle Office)
  • Tata Ruang Kombinasi (Combination Office)
  • Tata Ruang Fleksibel (Flexible Office)

Salah satu dari jenis tata ruang mengadopsi konsep ruang kerja yang dapat diatur ulang sesuai dengan kebutuhan sehingga efisien dan bisa diubah dengan mudah. 

Keuntungan dari Ruang Kantor Tertutup

Ada banyak sekali keuntungan dari ruang kantor tertutup yang bisa didapatkan, pertimbangan ini bisa kamu pikirkan untuk memilih jenis ruang kantor yang cocok. 

  • Ruang kantor tertutup memberikan privasi yang lebih baik. 
  • Karyawan memiliki kontrol lebih besar terhadap lingkungan kerja mereka, seperti pengaturan suhu, pencahayaan, dan berisik tidaknya ruangan. 
  • Ruang kantor tertutup memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi bagi dokumen rahasia. 
  • Ruang kantor tertutup dapat dirancang dengan teknik rekayasa akustik yang tepat sehingga bisa mengurangi kebisingan. 

Keuntungan dari Ruang Kantor Terbuka

Tentu saja, berbeda dengan ruang kantor tertutup. Ruang kantor terbuka memiliki beberapa manfaat. 

  • Ruang kantor terbuka memungkinkan interaksi dan kolaborasi yang lebih mudah antara karyawan. 
  • Ruang kantor terbuka dapat diatur ulang secara lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan. 
  • Meminimalkan pemborosan ruangan bagi karyawan. 
  • Pemimpin atau atasan dapat mengawasi aktivitas karyawan secara lebih langsung.

Dalam menentukan tata ruang kantor yang ideal, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti budaya perusahaan

Setiap jenis tata ruang memiliki kelebihan dan kekurangan, dan tidak ada pendekatan yang benar-benar satu ukuran cocok untuk semua.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk menyesuaikan tata ruang kantor mereka dengan kebutuhan yang lebih spesifik. 

Baca juga: Open Space adalah Konsep Kantor Kekinian, Apa itu?

Pelatihan Bahasa Inggris untuk Karyawan 

Lister menawarkan fasilitas terbaik dari segi materi, pilihan tutor, jadwal belajar, hingga program promo dan diskon. Saatnya upskill untuk perkembangan instansi, institusi, maupun perusahaan melalui program Lister for Company.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Daftarkan diri, rekan kerja, maupun tim kerja untuk mendapat rangkaian fasilitas di atas. Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. Dapatkan informasi kerja sama selengkapnya, hubungi Tim Lister melalui WhatsApp.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts