Kursus IELTS Speaking Online, Raih Skor Impian Lebih Mudah

ielts speaking

Kursus IELTS Speaking Online – Kamu sedang mempersiapkan rencana lanjut studi di luar negeri? salah satu syarat yang wajib dipenuhi untuk mencapai impian tersebut adalah lulus ujian IELTS. 

IELTS atau International English Language Testing System merupakan salah satu tes bahasa Inggris yang paling diakui dan digunakan secara luas di seluruh dunia oleh universitas.

Dalam penjelasan kali ini, Lister ingin kamu mengetahui banyak seputar salah satu kemampuan bahasa asing yang diujikan dalam tes bahasa Inggris yaitu speaking atau berbicara.

Apa itu IELTS?

IELTS berasal dari singkatan “International English Language Testing System.” IELTS merupakan tes standar internasional yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang. 

Terutama bagi non-penutur asli bahasa Inggris yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai medium utama komunikasi.

Ada empat kemampuan berbahasa asing yang diujikan seperti, Listening, Reading, Writing, dan Speaking. 

Hasil tes IELTS diberikan dalam bentuk skor yang berkisar dari 0 hingga 9, dengan nilai keseluruhan atau Overall Band Score yang mencerminkan kemampuan bahasa Inggris peserta secara keseluruhan. 

Mengenal IELTS Speaking 

IELTS Speaking adalah salah satu komponen penting dari ujian IELTS atau International English Language Testing System yang secara luas diakui di seluruh dunia. 

Aspek yang diujikan ini mengukur kemampuan peserta untuk berbicara dalam bahasa Inggris dan berkomunikasi dengan lancar dalam berbagai situasi sehari-hari. 

IELTS Speaking memiliki signifikansi khusus bagi mereka yang bermimpi untuk melanjutkan studi di luar negeri, mencari pekerjaan di lingkungan berbahasa Inggris. 

Dalam menentukan skor, penguji menggunakan sejumlah assessment criteria yang disebut dengan IELTS Speaking Band Descriptors.

Ada empat hal yang dilihat dari pengujian IELTS speaking, 

  • Fluency and coherence
  • Lexical resource
  • Grammatical range and accuracy
  • Pronunciation

Topik umum dalam IELTS Speaking

Dalam ujian IELTS Speaking, para peserta akan diuji tentang kemampuan mereka dalam berbicara secara spontan dan lancar dalam bahasa Inggris. 

Topik yang mungkin akan diujikan dalam IELTS Speaking mencakup beragam aspek kehidupan sehari-hari. Seperti, keluarga, pekerjaan, hobi, kuliner, hingga pengalaman bekerja atau sekolah. 

Para peserta akan diminta untuk merespons pertanyaan atau topik yang diberikan oleh penguji dan berbicara tentangnya selama periode waktu tertentu.

Kamu bisa catat semua tentang topik yang umum diujikan dalam IELTS Test. Seperti, 

  • People
  • Places
  • Experience
  • Feeling
  • Habits
  • Preferences
  • Objects
  • Ideas

Kenali dan ketahui lebih dalam mengenai berbagai topik yang biasanya muncul dalam IELTS Speaking. 

Cari tahu juga bagaimana persiapan yang matang dalam memahami serta berbicara tentang topik ini dapat membantu peserta meraih kesuksesan dalam komponen berbicara dalam tes IELTS.

Bagian dari IELTS Speaking

Tes Speaking dalam ujian IELTS merupakan salah satu komponen penting yang dirancang untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbicara bahasa Inggris secara lisan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tes ini terdiri dari tiga bagian utama dan memiliki durasi total antara 11 hingga 14 menit.

Part 1 (Percakapan Pendek – Short Conversation)

Bagian ini memiliki durasi sekitar 4-5 menit. Peserta akan berbicara dengan penguji dalam sebuah percakapan informal. 

Part 2 (Pidato Pendek – Long Turn)

Bagian ini memiliki durasi sekitar 3-4 menit. Peserta akan diberikan sebuah kartu topik dengan pertanyaan atau instruksi tertulis. 

Topik ini tertera dalam kartu yang disebut juga IELTS Cue Card atau Candidate Task Card, dan dipilih oleh penguji kamu.

Part 3 (Diskusi Mendalam – Discussion)

Bagian ini memiliki durasi sekitar 4-5 menit. Peserta akan diajak dalam sebuah diskusi lebih mendalam dengan penguji tentang topik yang sama dengan bagian kedua. 

Persiapan IELTS Speaking

Saat akan mengikuti tes Speaking, kamu harus membawa paspor atau kartu identitas yang sama dengan yang kamu gunakan pada Formulir Pendaftaran IELTS. 

Dokumen identitas yang sama akan digunakan untuk setiap bagian tes.

Identitas kamu akan diperiksa sebelum kamu memasuki ruang wawancara khusus yang tenang dan bebas dari gangguan. 

Penguji akan menuntun kamu untuk melaksanakan ketiga bagian tes. Pembicaraan kamu direkam menggunakan alat perekam digital.

Selain itu, terkadang tes Speaking tidak dilakukan pada hari yang sama dengan ketiga komponen tes lainnya. Kamu dapat menanyakan jadwal ke tempat pendaftaran tes kamu. 

Namun, jika kamu mengambil  IELTS berbasis Komputer atau Computer-Delivered IELTS, dapat dipastikan tes Speaking kamu akan dilakukan di hari yang sama.

Tes Speaking dapat kamu lalui dengan relatif lebih mudah jika kamu sudah terbiasa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar. 

Namun kamu tetap perlu berlatih terlebih dahulu, dengan demikian kamu akan lebih siap mental saat menghadapi penguji.

Mengenal Lister, IELTS Speaking Online

Lister adalah one-stop language learning solution. Lembaga kursus ini memiliki layanan pelajaran bahasa asing, persiapan tes kemampuan bahasa asing, persiapan mendaftar beasiswa, hingga peningkatan skills di dunia kerja.

Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 6000 siswa, 500 tutor, dan 100 program berbahasa asing untuk membantu siapa saja dalam meningkatkan skill

Banyak dari alumni yang merasa terbantu setelah mengikuti kursus di Lister. Cari tahu Testimoni Lister mereka!

Lister memiliki konsep kelas secara online yang bisa menjangkau siapapun dari berbagai latar belakang. 

Selain itu, terdapat kelebihan lainnya dari kursus IETLS Balikpapan yang memudahkan para murid dalam memilih sendiri kelas hingga materi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Di antara lainnya, kamu bisa mengajukan permintaan kepada tim akademik Lister seputar,

  • Jadwal kelas
  • Tutor (pengajar)
  • Jumlah pertemuan
  • Tipe kelas (grup atau privat)
  • Materi pelajaran
  • Promo yang digunakan

Keunggulan lainnya dari Lister, kursus IETLS Balikpapan lainnya meliputi, 

  • Kurikulum berbasis internasional (Cambridge dan International Baccalaureate)
  • Tutor berpengalaman
  • Kelas interaktif dengan The Lister Method
  • Ada pre-testprogress test, dan post-test
  • Progress Report
  • Garansi Skor
  • Akses Zoom premium
  • E-Certificate

Lebih banyak tahu seputar serunya belajar di Lister, kamu bisa simak Cerita Alumni. 

Berapa biaya kursus IELTS Balikpapan ini?

Untuk memastikan yang terbaik bagi para siswa, Lister ini memberikan pengajaran dan tutor yang berkualitas. 

Terdapat dua pilihan kelas yang bisa kamu pilih. 

  • IELTS Preparation, harga mulai dari Rp1.199.000
  • IELTS Simulation Test, harga mulai dari Rp250.000

Dari setiap program yang ditawarkan, kamu bisa memilih kelas Group, Private, Semi Private Berdua, dan Semi Private (3-5 orang). 

Selain itu, kamu juga bisa memilih pertemuan dengan tutor sebanyak dua hingga 80 kali. 

Dengan harga yang dikeluarkan tersebut, program pertama dan kedua menawarkan jaminan garansi skor IELTS 7.5. 

Kursus IELTS untuk skor 7.5!

Mengerjakan IELTS membutuhkan persiapan matang dari jauh-jauh hari, terutama jika menargetkan skor yang tinggi. Agar lebih maksimal, ikuti Kursus IELTS di Lister. Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar kursus bahasa Inggris!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts