Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Open Space adalah Konsep Kantor Kekinian, Apa itu?

open space adalah

Mengembangkan diri demi prospek karier yang lebih baik tidak ada ruginya. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah mempelajari bahasa asing. Kamu bisa memilih kelas bahasa asing untuk karyawan di Lister for Company.

Pernahkah kamu mempertimbangkan kantor dengan konsep open space? Konsep kekinian semacam ini sedang diminati banyak perusahaan.

Seperti apa konsep open space itu? Apa keuntungan dan kekurangannya? Berikut ulasannya.

Open Space adalah

Open space merupakan konsep ruang kerja yang terbuka. Semakin banyak perusahaan yang menggunakan konsep ini untuk kantornya, terutama perusahaan startup.

Konsep ini mulai terkenal sejak diadopsi perusahaan-perusahaan ternama dunia di Amerika Serikat, California, Google, Facebook, hingga Apple.

Karakteristik utama konsep open space adalah tidak adanya kubikel atau sekat. Desain interiornya juga modern. Berbagai fasilitas kekinian turut disediakan untuk akomodasi kebutuhan pegawai, seperti vending machine hingga playroom.

Keuntungan Konsep Open Space

Semakin banyaknya kantor yang menggunakan konsep ini menunjukkan bahwa kantor open space memiliki banyak keunggulan.

1. Menambah Kenyamanan serta Produktivitas

Generasi milenial yang lebih dinamis cenderung merasa lebih tertantang untuk produktif saat berada di ruang kerja yang terbuka. Mengapa?

Mereka cenderung open minded serta mau mencoba hal baru. Konsep ruang kerja konvensional yang tertutup akan menyekat kemajuan.

2. Mempermudah Kerja Sama dan Komunikasi

Kerja sama dan komunikasi sesama karyawan dan tim menjadi lebih mudah. Interaksi langsung juga lebih tinggi jika dibandingkan bekerja di ruang tertutup.

3. Mendorong Kreativitas

Atmosfer kantor yang positif dan terbuka akan mendorong kreativitas karyawan dalam menemukan gagasan baru. Inovasi dapat dengan mudah diciptakan dan mendorong kemajuan perusahaan.

4. Meminimalkan Anggaran

Konsep open space dapat menghemat biaya operasional, karena berbagai fasilitas digunakan bersama-sama. Dengan demikian, biaya operasional dapat dialokasikan untuk keperluan lain.

5. Membangun Kultur dan Sistem yang Modern

Konsep open space mendorong kultur kerja yang modern. Dengan begitu sistem kerja tidak akan tertinggal dari perkembangan tren.

Kekurangan Konsep Open Space

Walaupun memiliki berbagai keuntungan, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan pemilik usaha sebelum mengimplementasikan konsep open space ini.

1. Kurangnya Ruang Pribadi

Saat hendak membicarakan sesuatu yang sifatnya privat, karyawan dan manajer harus mencari ruangan khusus. Solusinya adalah perusahaan harus menyediakan ruang meeting.

2. Mengganggu Konsentrasi

Banyaknya orang dalam satu ruangan yang sama dapat mengganggu konsentrasi dalam mengerjakan pekerjaan. Suara percakapan, telepon, dan kesibukan orang lain dapat terdengar jelas di ruangan kantor yang menggunakan kantor open space.

3. Kurang Aman

Salah satu kekurangan dari konsep open space adalah keamanan karena ruangan yang terbuka. Setiap karyawan harus menjaga barang sendiri.