Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pelatihan Bahasa Asing Untuk Penuhi Kompetensi Ahli Hukum Internasional

Bahasa Asing untuk Ranah hukum

 Lister for company- Pernah mendengar istilah Legal English sebelumnya? Legal artinya hukum, sedangkan English berarti bahasa Inggris. Namun, apakah itu artinya seorang ahli hukum harus menguasai bahasa Inggris bahkan bahasa asing lainnya untuk menjadi profesional?

Legal English merupakan bentuk kajian penggunaan Bahasa Inggris yang digunakan dalam penulisan legal ataupun poin-poin mengenai hukum.

Profesor Ahli Hukum Internasional termuda di UI, Hikmahanto, menegaskan bahwa:

Tips untuk calon mahasiswa yang ingin mengambil kuliah jurusan Hukum agar bisa diterima di universitas yang berkualitas. Hanya dua yang ditegaskan yaitu mahir berbahasa Inggris dan pandai matematika.

Orang hukum harus banyak membaca. Kalau kita memiliki keterbatasan bahasa, kita tidak akan bisa membuka pintu perdebatan hukum di luar negeri.

Hikmahanto, Guru Besar UI.
pelatihan bahasa asing untuk legal/hukum

Kenapa Perlu Pelatihan Bahasa Asing Untuk Legal/Hukum?

Masih berkutat pada pembahasan tematis mengenai Bahasa Inggris guna tujuan khusus atau yang juga disebut dengan English for specific purposes (ESP). Artikel kali ini masih akan melengkapi pembahasan tematis yang berhubungan dengan spesifikasi tersebut, namun, pada kajian yang berbeda yaitu urgensi bahasa Inggris di ranah hukum, seberapa penting?

Bahasa Inggris tak hanya berpengaruh pada aspek bidang hubungan internasional atau bahasa dan budaya saja. Tentu saja bahasa Inggris ikut serta berdampak pada bidang penggunaan Bahasa Inggris guna kepentingan legal dan hukum.

Seperti yang sudah dibahas pada beberapa artikel sebelumnya, keberhasilan Bahasa Inggris dalam “merajai” dunia akademisi membuatnya mampu merasuk ke dalam berbagai bidang yang beragam.

Mulai dari dunia medis, ekonomi, bahkan hukum sekalipun. Selain itu berbagai negara adidaya dengan penutur asli (native speaker) yang tampil progresif di banyak bidang juga ikut memperkuat kedaulatan bahasa ini.

Karena itu pembahasan kali ini akan sangat kompleks, mengingat kaitannya pada ranah hukum dan legal. Namun tentu saja, pembahasan mengenai ranah ini akan tetap setimpal untuk di bahas. Sostay tune terus ya!

Tujuan Pelatihan Bahasa Asing Untuk Legal/Hukum

Hanya beberapa landasan fundamental tertentu saja yang dimiliki ranah hukum dan legal, yang dapat dikombinasikan dengan pembahasan Bahasa Inggris sendiri.

Karena itu pengaruh Bahasa Inggris pada ranah ini tidak memiliki dominasi yang terlalu kuat jika dibandingkan pada bidang-bidang lain, karena sarana persebarannya hanya mengandalkan efek dominasi bahasa ini pada ranah akademis saja – dengan tidak mengikutsertakan unsur keuniversalannya.

Salah satu tujuan yang hendak dicapai dengan adanya pelatihan bahasa asing untuk legal atau hukum adalah meningkatkan kualitas SDM para pekerja di bidang hukum untuk bersaing di dunia internasional.

Mempelajari istilah hukum dalam berbagai bahasa begitu penting terutama dalam bahasa Inggris jika suatu saat kita akan melanjutkan studi di negara asing. Terlebih era globalisasi yang semakin membuka peluang dan kesempatan berkarir secara terbuka. Ada banyak orang yang belajar dari satu negara dan berpindah ke negara lain kemudian menerapkan keterampilan yang mereka pelajari. Sehingga penting sekali sebagai pengacara misalnya untuk berkomunikasi dengan baik saat berinteraksi dengan orang lain.

Manfaat Pelatihan Bahasa Asing Untuk Legal/Hukum

Beberapa manfaat dapat diperoleh jika pelatihan bahasa asing diberikan kepada orang-orang yang bekerja di bidang hukum atau legal.

  • Sebagai lulusan hukum yang bersiap memasuki dunia kerja untuk menjadi pengacara yang berkualitas, bertemu dan mengurus berbagai klien dari berbagai kota bahkan negara menjadi peluang emas yang tidak boleh dilewatkan. Selain itu, kamu harus menggunakan semua istilah hukum yang digunakan pengacara lain di wilayah itu.
  • Ketika kamu memiliki ilmu hukum dari tempat kamu belajar di Indonesia, kemudian mendapat kesempatan untuk berpraktik di Amerika, apa yang akan kamu lakukan? Yap! Kemungkinan besar kamu akan berinteraksi dengan para pengacara atau stakeholder Amerika. Untuk berbicara dengan mereka mengenai masalah hukum, kamu harus menyesuaikan bahasa hukum mereka, yaitu bahasa Inggris yang digunakan dalam hukum yang khusus untuk wilayah mereka.
  • Adapun manfaat adanya pelatihan ini adalah membantu orang-orang yang bekerja di bidang hukum untuk terlibat dalam perdebatan hukum internasional.