Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Demi SDM Mumpuni, Pelatihan Bahasa Asing untuk HRD Penting!

pelatihan bahasa asing untuk hrd

Ingin mempunyai karier yang cemerlang hingga ke kancah internasional? Maka kamu wajib membekali diri dengan kemampuan berbahasa asing. Kamu bisa mengikuti kursus bahasa asing di Lister for Company.

Sebagai bagian human resource department (HRD), terkadang kemampuan bahasa asing diperlukan. Terlebih jika perusahaan tersebut sudah berlabel multinasional.

Maka dari itu, pelatihan bahasa asing untuk HRD adalah program penting dalam perusahaan. Simak penjelasannya.

Apa itu Pelatihan Bahasa Asing untuk HRD?

Pelatihan bahasa asing ini ditujukan untuk karyawan yang bekerja di bagian human resource department (HRD).

HRD adalah bagian penting di perusahaan. Posisi ini berfungsi mencari karyawan terbaik, mengembangkan potensi karyawan, dan memastikan karyawan memberikan kontribusi terbaiknya.

HRD memang tidak secara langsung berkontribusi terhadap profit perusahaan. Namun HRD bertanggung jawab akan kontribusi karyawan yang nantinya akan menghasilkan profit perusahaan.

Mengapa Pelatihan Bahasa Asing untuk HRD Penting?

HRD seringkali bekerja di level internasional. Misalnya untuk merekrut tenaga kerja asing pada perusahaan yang sudah berada di level multinasional.

HRD perlu melakukan seleksi terhadap kandidat yang masuk daftar pencalonan. Walaupun kebanyakan CV yang masuk akan ditulis dalam bahasa Inggris, bukan tidak mungkin HRD harus mengecek latar belakang kandidat secara lebih dalam. Misalnya melalui media sosial pribadi kandidat.

Untuk itu, diperlukan kemampuan bahasa asing yang baik.

Setelah kandidat diterima, bukan berarti HRD lepas tangan. Ia harus mengawasi perkembangan karyawan yang diterima.

Agar karyawan tersebut merasa nyaman di perusahaan, HRD dapat melakukan pendekatan dengan caranya sendiri. Salah satunya melalui pemahaman bahasa.

Manfaat Pelatihan Bahasa Asing untuk HRD

Apa saja manfaat yang dirasakan HRD setelah menjalani pelatihan bahasa asing? Simak ulasannya.

Merekrut tenaga kerja asing

Seperti dijelaskan sebelumnya, HRD seringkali harus merekrut tenaga kerja asing dengan berbagai latar belakang. Dengan kemampuan berbahasa asing, HRD akan mampu menyortir CV kandidat yang masuk dengan lebih selektif sesuai kebutuhan perusahaan.

Mengakomodasi kebutuhan karyawan

Setelah kandidat diterima, HRD harus memastikan karyawan dapat bertumbuh kembang sesuai kapasitasnya. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah melalui kesamaan bahasa. Dengan begitu, karyawan akan merasa lebih diterima.

Menjalin relasi dengan ekspatriat

Kemampuan berbahasa asing penting saat perusahaan hendak menjalin kerja sama dengan ekspatriat. Tujuannya tentu demi kelancaran komunikasi dan meraih peluang yang ada.