Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pelatihan Bahasa Asing Untuk Pemerintahan, Seberapa Penting?

pelatihan bahasa asing bagi pemerintahan

Lister for company – Bahasa juga dapat berkaitan dengan ekonomi dan dunia kerja. Perkembangan ekonomi dunia saat ini mengarah kepada regionalisasi ekonomi. Negara-negara di kawasan tertentu membuat kesepakatan pembangunan ekonomi dengan menipiskan batas antar negara. Mencermati dua fenomena di atas: perkembangan ilmu pengetahuan dan dinamika ekonomi dunia; Indonesia dituntut untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya.

Salah satu unsur penting dalam pengembangan SDM tersebut adalah penguasaan bahasa asing. Penguasaan bahasa asing, terutama Inggris adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh mahasiswa, baik sebagai ilmuwan muda maupun sebagai calon pelaku bisnis atau professional.

Menyadari perkembangan digital dan global yang semakin pesat membuat kemampuan bahasa Inggris menjadi penting untuk dikuasai bagi semua lapisan masyarakat. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik, kita akan lebih siap untuk menghadapi persaingan era global. Kita pun bisa mengikuti perkembangan dunia baik dari segi pemerintahan, organisasi, maupun berbagai disiplin lain.

Belajar bahasa Inggris bagi aparatur negara dari mana saja mereka berada bersama tutor profesional adalah peluang yang bagus dan sayang untuk dilewatkan!

pelatihan bahasa asing untuk pemerintahan

Kenapa Perlu Pelatihan Bahasa Asing Untuk Pemerintahan

Di pasar kerja global saat ini memiliki keterampilan bilingual dapat membantu menonjol di antara massa untuk memajukan tujuan karir yang ingin kamu capai. Menurut Center for Languages, Literatures, and Cultures di Ohio State University, Pemerintah AS telah memperluas pencarian karyawan bahasa asing. Ini termasuk Departemen Pertahanan, Departemen Kehakiman, Departemen Luar Negeri, CIA dan NSA. Badan-badan ini membutuhkan juru bahasa dan analis berkualitas yang juga mampu memahami budaya negara, individu, atau situasi yang dihadapi.

Di bawah ini adalah contoh yang paling dicari:

  • Bahasa Arab
  • Bahasa Persia
  • Bahasa Korea
  • Bahasa Mandarin
  • Bahasa Rusia
  • Bahasa Spanyol
  • Bahasa Turki

Tujuan Pelatihan Bahasa Asing Untuk Pemerintahan

Kebutuhan akan pekerja multibahasa dalam peran di seluruh sektor pemerintah—mulai dari badan keamanan dan intelijen nasional, hingga diplomasi dan militer—mendesak dan terus berkembang. Profesional yang mahir berbahasa asing membuat perbedaan dalam melindungi keadilan, menyelamatkan nyawa, dan mempromosikan perdamaian.

Tahukah kamu, bagi mereka yang ingin memasuki angkatan kerja pemerintah, keterampilan bahasa telah menjadi lebih dari sekadar aset peningkat resume. Namun, sangat penting untuk keselamatan dan efektivitas baik profesional itu sendiri maupun warga yang mereka lindungi dan layani. Selain itu, ketika pegawai pemerintah yang kompeten secara budaya dan multibahasa mampu meningkatkan komunikasi antara individu dan negara, mereka memainkan peran penting dalam membentuk citra internasional kita dan mempromosikan kepercayaan dan diplomasi yang baik.

Keterampilan bahasa yang kuat tidak hanya akan membantu kita mendapatkan wawancara untuk pekerjaan impian, tetapi sering kali agensi menawarkan bonus perekrutan bagi mereka yang mahir dalam bahasa lain.

Manfaat Pelatihan Bahasa Asing Untuk Pemerintahan

Peluang kerja atau posisi karir yang menjanjikan
Menjadi fasih dalam dua bahasa atau lebih membuka pintu ke berbagai peluang kerja yang tidak tersedia untuk kandidat pekerjaan satu bahasa. Peluang-peluang ini ada dalam berbagai aspek seperti pemasaran, transportasi, administrasi, penjualan, ritel, perbankan, pendidikan, hukum, komunikasi, hubungan masyarakat, pariwisata dan pemerintahan. Tidak mengherankan, sebagian besar perusahaan membutuhkan karyawan atau pekerja yang dwibahasa atau multibahasa.

Seiring perkembangan dunia yang menjadi lebih global, permintaan akan profesional yang dapat berkomunikasi dalam berbagai bahasa semakin meningkat. Bahkan, menurut perkiraan Departemen Tenaga Kerja AS, selama dekade berikutnya akan ada peningkatan 42% dalam permintaan penerjemah dan juru bahasa. Bahkan jika kita tidak ingin menjadi juru bahasa penuh waktu, kemampuan berkomunikasi dengan mahir dalam bahasa lain adalah aset yang sangat besar.

Beberapa materi pelatihan yang akan didapatkan di bidang pemerintahan seperti:

  • Essential Governmental Vocabulary
  • Publication and Social Media
  • Public Service
  • Proposal and Report Writings
  • Telephoning Skill
  • Presentation
  • Government Correspondence
  • English for Human Resource
  • Negotiation
  • English for Finance

Demikian ulasan mengapa bahasa asing penting dikuasai para punggawa pemerintahan. Hal ini karena sebagai punggawa pemerintahan, kita perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan global. Lister menawarkan sebuah kelas online bahasa Inggris, persiapan tes, dan bahasa asing untuk pegawai profesional. Daftar sekarang!