Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pelatihan Bahasa Asing Untuk Militer, Penting dan Strategis!

Bahasa asing untuk militer

Lister for company – Bahasa asing seperti bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Korea, dan yang lainnya sangat penting dikuasai oleh para pekerja di berbagai bidang. Hidup di era yang serba digital dan keterbukaan informasi yang begitu besar memberi dampak positif dan negatif. Bahasa Inggris selain sebagai bahasa pengantar dalam alih teknologi juga merupakan bahasa Internasional di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, bisnis, olah raga, akademik bahkan diplomatik.

Kehadiran produk luar negeri yang sebagian besar berbahasa Inggris harus diimbangi dengan penguasaan bahasa Inggris yang memadai. Oleh karena itu, adanya kemampuan berbahasa asing tidak bisa diremehkan keberadaanya.

bahasa asing untuk militer

Kenapa Perlu Pelatihan Bahasa Asing Untuk Militer?

Pengetahuan  dan keterampilan  Bahasa    Inggris  Level – I  ALC (American Language Course) mesti dikuasi para anggota militer. Salah satu permasalahan yang hendak diselesaikan adalahmampu melaksanakan tugas sebagai pendamping tamu asing yang datang di satuan. Dengan pelatihan ini personel mampu menterjemahkan secara terbatas naskah umum/petunjuk teknis peralatan Alutsista TNI AD. Dengan demikian pelaksanaan tugas-tugas TNI AD dalam rangka kerja sama Internasional dibidang Pertahanan dapat tercapai.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Sudirman, SH, MM dalam amanat tertulis yang dibacakan Aspers Kasdam II/Swj Kolonel Inf Lilik Sudaryani mengatakan penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris bagi prajurit maupun PNS TNI AD saat ini dan ke depan sangat penting dan strategis.

Pangdam menyampaikan Alutsista yang dimiliki TNI AD sebagian juga merupakan hasil produksi  luar negeri yang dilengkapi dengan petunjuk pelaksanaan dan pengoperasian berbahasa Inggris. Untuk itu, para personel yang mengawaki Alutsista dituntut   untuk    memahami   dengan   baik  semua petunjuk dan aturan yang tertulis dalam bahasa Inggris, agar mampu megoperasikan dengan baik.

Tujuan Pelatihan Bahasa Asing Untuk Militer

Adanya pelatihan bahasa asing untuk militer memiliki beberapa tujuan seperti:

  • Membentuk prajurit militer yang profesional tidak hanya dalam ilmu kemiliteran namun kemampuan bahasa
  • Memahami penggunaan alat-alat yang digunakan TNI yang merupakan hasil produksi dari luar negeri
  • Mampu melaksanakan tugas sebagai pendamping tamu asing
  • Mampu menangani orang asing yang bermasalah

Manfaat Pelatihan Bahasa Asing Untuk Militer

Beberapa manfaat akan diperoleh jika pelatihan bahasa asing diberikan kepada pihak di bidang militer, diantaranya seperti:

  • Menguasai bahasa asing adalah salah satu kualitas di mata rekruter ataupun atasan sehingga peluang kenaikan jabatan semakin terbuka
  • Kesempatan membuka karir dan beasiswa studi lanjut di dalam negeri atau luar negeri
  • Meningkatkan pengambilan keputusan dan meningkatkan kemampuan memori/ingatan pada otak
  • Kemampuan multitasking yang semakin terasah
  • Memberikan kesempatan untuk berkarir di luar negeri atau lebih siap jika ditugaskan ke luar negeri