Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Pelatihan Bahasa Asing untuk Industri Kreatif, ini Pentingnya

pelatihan bahasa asing untuk industri kreatif

Kamu yang mengembangkan bisnis kreatif melalui kerja sama dengan pihak asing wajib membekali diri dengan kemampuan berbahasa asing. Maka dari itu, kamu disarankan mengikuti kursus bahasa asing di Lister for Company.

Di era 5.0, potensi industri kreatif sangat besar, bahkan mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Namun untuk mampu mengembangkan industri kreatif sampai ke kancah internasional diperlukan kemampuan berbahasa asing.

Pemerintah sendiri melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung adanya pelatihan bahasa asing untuk industri kreatif. Berikut penjelasannya.

Apa itu Pelatihan Bahasa Asing untuk Industri Kreatif?

Pelatihan bahasa asing untuk industri kreatif adalah pelatihan bahasa asing yang ditujukan untuk pelaku industri kreatif. Bisa jadi peserta pelatihan adalah pemilik maupun karyawan industri tersebut.

Materi pelatihan dapat disesuaikan dengan bisnis yang dijalani industri tersebut. Misalnya berkaitan dengan fotografi, pemandu dalam industri pariwisata, pemasaran industri kerajinan tangan, dan lain-lain.

Mengapa Pelatihan Bahasa Asing untuk Industri Kreatif Penting?

Kemenparekraf berharap industri kreatif Indonesia akan terus bertahan dan berkembang di tengah pandemi Covid-19. Namun salah satu kemampuan yang penting untuk mengembangkan industri adalah keterampilan berbahasa.

Terlebih bagi para pelaku industri kreatif yang harus berinteraksi langsung saat memasarkan produk mereka ke klien asing. Maka dari itu, perlu diadakan suatu pelatihan bahasa asing untuk pelaku industri kreatif.

Bukan hanya bahasa Inggris yang penting untuk dikuasai. Namun bahasa asing lainnya. Dengan begitu, pelaku industri kreatif dapat memperluas target pasar. 

Contohnya penguasaan bahasa Mandarin untuk menyasar klien dari Tiongkok dan bahasa Arab untuk menyasar klien dari Arab. Pada akhirnya pelaku industri juga akan diuntungkan.

Manfaat Pelatihan Bahasa Asing untuk Industri Kreatif

Apa saja manfaat yang akan dirasakan industri kreatif setelah mengikuti pelatihan bahasa asing? Berikut penjelasannya.

Memperluas Jaringan

Saat pelaku industri kreatif menguasai bahasa asing sesuai dengan tujuan pemasarannya, ia akan lebih mudah mencari relasi. Pihak klien asing pun akan lebih menghargai pelaku industri yang mampu menggunakan bahasanya.

Menguasai Bahasa Asing Sesuai dengan Kebutuhan

Pelatihan bahasa asing biasanya disesuaikan dengan kebutuhan industri kreatif. Pasalnya kebutuhan bisnis setiap perusahaan berbeda.

Menggunakan Bahasa Asing Secara Aktif

Dengan mengikuti pelatihan, pelaku industri kreatif dan karyawannya dapat melatih kemampuan berbahasa asing secara aktif sesuai dengan konteks bisnisnya. Dengan begitu, pelatihan yang dijalani menjadi aplikatif dan bermanfaat.