17 Nama-nama Keluarga dalam Bahasa Inggris Lengkap!

Nama-nama Keluarga dalam Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris for Kids & Teens – Nama anggota keluarga perlu diperkenalkan dari awal belajar bahasa Inggris. Sebab kosakata ini akan banyak disebut dan digunakan dalam percakapan sehari-hari. Cek 17 nama-nama keluarga dalam bahasa Inggris berikut ini! 

Rekomendasi artikel : Materi bahasa Inggris TK, Belajar Inggris untuk Anak

17 Nama-nama Keluarga dalam Bahasa Inggris

Mari kita pelajari nama anggota keluarga secara hirarki, mulai dari kakek sampai dengan cucu. Cek nama anggota keluarga dalam bahasa Inggris beserta artinya berikut ini. 

1. Great grandparent

Nama-nama keluarga dalam bahasa Inggris dimulai dari great grandparent. Yaitu sebutan untuk memanggil buyut. Dimana yang kita ketahui buyut adalah kakek nenek dari orang tua kita. 

Great grandfather digunakan untuk menyebut kakek buyut sedangkan great grandmother digunakan untuk menyebut nenek buyut. 

2. Grandparent 

Selanjutnya, generasi lebih muda dari great grandparent adalah grandparent yaitu sebutan untuk nenek dan kakek yang kita miliki. Grandfather untuk menyebut kakek sedangkan grandmother sebutan untuk nenek. 

3. Father

Father adalah sebutan untuk orang tua laki-laki atau ayah kita. Father cocok digunakan untuk berbagai kondisi (netral) baik dalam situasi formal maupun non formal. Berbeda dengan dad yang cocok digunakan untuk kondisi formal yang akrab. 

4. Mother 

Selanjutnya pasangan dari father adalah mother yaitu panggilan untuk ibu atau orang tua perempuan. Juga cocok digunakan untuk berbagai situasi baik formal maupun non formal. Untuk kondisi yang sangat akrab bisa menggunakan sebutan mom untuk ibu. 

Nama-nama Keluarga dalam Bahasa Inggris
Nama-nama Keluarga dalam Bahasa Inggris | Sumber gambar : senivpetro di Freepict

5. Uncle 

Nama-nama keluarga dalam bahasa Inggris kita lanjutkan ke sebutan untuk saudara ayah/ibu kita. Saudara laki-laki dari ayah atau saudara dari ibu bisa disebut juga dengan uncle yang artinya dengan paman atau om. 

6. Aunty 

Pasangan dari uncle adalah aunty yang digunakan untuk menyebut tante atau bibi yaitu saudara perempuan dari ayah atau ibu kamu. 

7. Sister 

Sister adalah kosakata bahasa Inggris untuk menyebut saudara perempuan. Lalu Adik dan kakak perempuan bahasa inggris artinya apa sih? 

Bahasa Inggris kakak perempuan bisa disebut dengan older sister. Sedangkan untuk bahasa inggris adik perempuan bisa menggunakan younger sister. 

Contoh penggunaan bahasa inggris adik perempuanku dalam kalimat misalnya, my sister and i are celebrating christmas at our uncle’s house in Germany. 

Sedangkan contoh penggunaan bahasa inggrisnya kakak perempuanku dalam kalimat adalah, tomorrow afternoon, my older sister will be getting married at a Cabin Hotel.

Bagaimana dengan saudara perempuan ipar? Jadi saudara ipar ini ada sebutannya sendiri. 

Bahasa Inggrisnya adik perempuan ipar adalah younger sister in law. Sedangkan bahasa inggrisnya kakak perempuan ipar adalah older sister in law. 

Jadi sudah paham ya tentang bahasa inggrisnya adik perempuanku dan kakak perempuan beserta contohnya! 

8. Brother 

Brother adalah panggilan dalam bahasa Inggris untuk saudara laki-laki. Jika punya kakak laki-laki maka kamu bisa memanggilnya older brother sedangkan untuk adik laki-laki bisa memanggilnya dengan younger brother. 

Seperti saudara perempuan ipar, tentunya juga ada saudara laki-laki ipar atau biasa disebut dengan brother in law. Penyebutannya older brother in law atau younger brother ini law. 

9. Nephew 

Nama-nama Keluarga dalam Bahasa Inggris selanjutnya adalah penyebutan untuk keponakan. Seperti yang kita tahu keponakan adalah anak dari adik atau kakak kita. Nah untuk menyebut keponakan laki-laki kamu bisa menyebutnya dengan nephew dalam bahasa Inggris. 

10. Niece 

Selanjutnya pasangan dari nephew adalah niece. Dimana niece adalah keponakan perempuan. Jadi jika kakak kamu memiliki anak perempuan kamu bisa menyebutnya dengan my niece atau keponakanku.  

Baca juga : 20 Soal Bahasa Inggris Kelas 1 SD Semester 1 untuk Latihan 

11. Cousin 

Banyak yang bingung membedakan antara keponakan dan sepupu bahasa inggris. Dalam nama-nama keluarga dalam bahasa Inggris, keponakan adalah Nephew/niece sedangkan sepupu bahasa inggrisnya adalah cousin

Keponakan adalah anak dari kakak/adik kita sedangkan sepupu adalah anak dari paman/bibi kita. 

Nama-nama Keluarga dalam Bahasa Inggris
Nama-nama Keluarga dalam Bahasa Inggris | Sumber gambar : Freepict

12. Son 

Nama-nama Keluarga dalam Bahasa Inggris untuk keluarga inti, selain father, mother dan sister/brother juga ada son. Yaitu kosakata bahasa Inggris untuk anak laki-laki. Kamu bisa menyebut my son atau anak laki-laki ku jika sudah memiliki anak laki-laki. 

13. Daughter 

Kebalikan dari son adalah daughter yang memiliki arti anak perempuan. Kamu bisa menggunakan my daughter untuk menyebut anak perempuanku.  

14. Grandson

Hirarki lebih rendah lagi dari anak adalah cucu yang dalam -nama Keluarga dalam Bahasa Inggris dapat dipanggil dengan grandson atau cucu laki-laki. 

15. Granddaughter 

Kebalikan dari grandson (Cucu laki-laki) ada granddaughter yang digunakan untuk menyebut cucu perempuan. 

16. Great uncle 

Pernahkah kamu bertemu saudara dari nenek/kakekmu? Dalam nama-nama keluarga dalam bahasa Inggris, saudara laki-laki dari kakek nenek ini disebut dengan great uncle. Lebih sederhananya great uncle adalah paman dari ayah/ibu kita. 

17. Great aunty 

Pasangan dari great uncle adalah great aunty yang berarti bibi dari ayah/ibu kita atau saudara perempuan dari kakek/nenek kita. 

Nah itulah nama-nama keluarga dalam bahasa Inggris yang banyak disebut dan digunakan dalam percakapan bahasa Inggris. 

Tidak sulit untuk menghafal dan membedakan antara satu anggota keluarga dengan yang lainnya. Hanya saja memang perlu dibiasakan agar semakin fasih dan hafal! 

Mungkin anda suka : Apa itu Family Tree? Ini Kosakata Keluarga Bahasa Inggris dan Artinya

Belajar nama anggota keluarga di kursus bahasa Inggris for kids! 

Mengenalkan kosakata dasar seperti Nama-nama Keluarga dalam Bahasa Inggris untuk anak adalah hal penting agar menguatkan vocabulary anak. Lebih mudah dan menyenangkan belajar bahasa Inggris di kursus bahasa Inggris for kids and teens di Lister! 

Lister memberikan metode belajar bahasa Inggris anak yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Belajar lebih interaktif dan menyenangkan. Tidak hanya memperkaya kosakata, Lister juga memberikan materi writing, reading, speaking dan listening dalam program ini. 

Rencanakan kursus bahasa Inggris untuk anak, mumpung ada promo 10% (potongan maksimal 500ribu) untuk pembelian kelas seharga satu jutaan di Lister. Klaim promo dengan kode voucher BLOGLISTER10 saat pendaftaran kelas melalui Whatsapp ya! 

Ikuti informasi lengkap tentang Lister dan pengetahuan umum dengan mengikuti instagram Lister!

Sumber gambar : Pressfoto di Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.