Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tata Cara Menikmati Nabe, Sajian Hot Pot Hangat Khas Jepang

nabe

Kursus Bahasa Jepang – Membicarakan kuliner khas Jepang tak ada habis-habisnya, selalu ada saja sajian unik untuk dibahas. Kali ini ada nabe, sajian hot pot hangat yang cocok menemani musim dingin.

Apa itu nabe?

Nabe adalah hidangan steamboat atau hot pot khas Jepang, terdiri dari berbagai macam sayuran, jamur, daging, dan makanan laut yang dimasak dalam kaldu. Nabe disajikan dalam panci besar di atas kompor.

Dalam bahasa Jepang, nabe artinya panci. Masakan ini disebut juga dengan naberoryi (鍋料理) atau nabemono (鍋物 / なべ物) artinya masakan panci.

Sajian ini sering dihidangkan saat musim dingin. Nabe disajikan dalam panci besar, tujuannya agar orang dapat makan beramai-ramai.

Tak hanya itu, nabe adalah makanan yang tergolong murah dan bergizi tinggi, sehingga dapat dijangkau siapa saja.

Isi Nabe

Bahan-bahan untuk membuat nabemono bervariasi di setiap daerah, tetapi umumnya menggunakan bahan berikut, seperti yang dijelaskan Savor Japan.

  • Daikon (lobak putih)
  • Telur
  • Tahu
  • Irisan daging sapi
  • Hanpen (bakso ikan)
  • Kaldu dashi
  • Katsuobushi (serpihan ikan bonito kering)
  • Rumput laut

Bahan-bahan tersebut dibumbui dengan saus kedelai, sake, dan mirin. Kemudian direbus selama beberapa jam agar rasa dashi dapat meresap sempurna. Terkadang miso juga ditambahkan.

Baca juga: Gurihnya Katsuobushi, Pelengkap Kuliner Jepang yang Umami

Jenis-Jenis Nabe

Ada banyak sekali jenis nabemono di Jepang, tergantung daerahnya. Menurut Japan Guide, berikut ini beberapa di antaranya yang paling populer.

Yose-nabe

Yose-nabe adalah jenis yang paling umum di seluruh Jepang. Sajian ini terdiri dari sayuran, jamur, daging, dan makanan laut yang dimasak dalam kaldu. Kaldu biasanya terbuat dari air, sake, saus kedelai, mirin, dan dashi.

Yose-nabe seringkali ditambahkan telur mentah dan nasi putih, yang dinamakan zosui, yakni sajian mirip bubur tetapi lebih kental.

Sukiyaki

Sukiyaki adalah jenis hidangan hot pot yang terdiri dari irisan daging sapi atau babi dengan sayuran, kemudian dimasak dalam saus kedelai, mirin, gula, dan air mendidih.

Sebelum dimakan, telur mentah ditambahkan ke dalam kuah. Kuliner ini seringkali disajikan di restoran yang secara khusus menawarkan hidangan shabu-shabu dan sukiyaki.

Shabu-shabu

Shabu-shabu terdiri dari irisan tipis daging sapi yang dimasak dalam hot pot. Kaldunya sangat ringan, yakni terbuat dari rumput laut kombu dan dashi.

Irisan daging disajikan terpisah. Daging tersebut dicelupkan ke dalam kaldu mendidih dan saus wijen (ponzu) sebelum dimakan.

Oden

Oden adalah jenis hot pot yang dimasak berjam-jam dalam kaldu ringan, terbuat dari dashi dan saus kedelai. Hidangan ini sangat populer di musim dingin.

Oden biasanya terdiri dari lobak daikon, telur, konnyaku, bakso ikan, dan kentang. Makanan ini dapat dibeli di supermarket.

Chanko-nabe

Chanko-nabe adalah hidangan yang populer di kalangan pegulat sumo. Hot pot ini terdiri dari sayuran, makanan laut, dan daging.

Chanko-nabe dapat disajikan dengan tambahan lain, sesuai dengan karakteristik kaldunya.

Chanko-nabe banyak ditemukan di kawasan Ryogoku, di mana banyak terdapat arena gulat sumo dan para pegulat yang sudah pensiun.

Motsu-nabe

Motsu-nabe adalah hot pot yang terbuat dari daging babi atau sapi, sayuran, dan cabai yang dimasak dalam kaldu dashi dengan saus kedelai atau miso.

Setelah isian hot pot habis, biasanya ditambahkan mi untuk menghabiskan kuah yang tersisa. Hidangan ini sangat populer di Fukuoka.

Yudofu

Yudofu adalah tahu lembut yang direbus dengan kaldu ringan, terkadang hanya dibumbui rumput laut kombu. Sebelum dimakan, tahu tersebut dicelupkan ke dalam ponzu.

Yudofu banyak ditemukan di Kyoto.

Cara Menikmati Nabe

Nabe adalah hidangan praktis yang bisa dibuat dengan cepat, bahkan disimpan di kulkas untuk keesokan hari. Maka dari itu, sajian ini sangat populer.

Untuk menikmati nabemono, kamu harus mengikuti etika berikut, seperti yang dijelaskan Guidable.

Penyajian

  • Daging dan seafood dimasak terlebih dahulu di dalam kaldu.
  • Setelah itu sayuran yang perlu lama matangnya dimasukkan.
  • Kemudian tahu dan jamur dimasukkan selanjutnya, karena lebih cepat matang.
  • Terakhir, sayuran yang berbentuk daun-daunan seperti sawi putih dimasukkan.

Cara makan

  • Sumpit yang digunakan untuk mengambil makanan dari hotpot berbeda dengan sumpit yang digunakan untuk makan.
  • Makan menggunakan piring atau mangkuk kecil yang disediakan untuk setiap orang.
  • Jangan serakah dengan mengambil semua makanan yang kamu suka.
  • Setelah mengambil makanan, jangan dikembalikan ke dalam panci, meskipun ternyata makanan tersebut belum matang.
  • Jangan mengaduk makanan di dalam panci, karena ada beberapa bahan yang mudah hancur.
  • Jika kamu duduk dekat dengan panci, kamu dapat menawarkan untuk mengambilkan makanan kepada teman yang duduknya jauh.
  • Makan dan nikmati hidangan bersama-sama.

Kursus Bahasa Jepang, Wujudkan Impian Tinggal di Negeri Sakura

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Kenali lebih dekat tutor bahasa Jepang di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!