Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Media Sosial Paling Tepat untuk Bisnis, yang Mana?

media sosial untuk bisnis

Ingin memperluas koneksi bisnis hingga ke luar negeri? Kamu bisa mulai mempersiapkan diri dengan mengikuti kelas bahasa asing di Lister for Company.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan sayap bisnismu adalah dengan memanfaatkan media sosial. Seperti kita ketahui, media sosial berperan besar dalam kehidupan sehari-hari.

Jika dimanfaatkan dengan tepat, media sosial dapat menjadi sarana branding dan pemasaran untuk bisnis. Apa media sosial untuk bisnis yang paling tepat? Berikut ulasannya.

Manfaat Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis

Ada sejumlah manfaat menggunakan media sosial untuk bisnis, seiring dengan masifnya penggunaan media sosial di masyarakat.

Brand Awareness

Jutaan orang setiap harinya menggunakan media sosial. Sehingga masuk akal untuk memperkenalkan bisnismu ke media sosial.

Sekitar 60 persen pengguna Instagram mengaku mereka menemukan produk baru melalui platform tersebut.

Membangun Kepribadian Brand

Sangat penting bagi brand untuk “terlibat” dalam keseharian konsumen. Media sosial menyediakan sarana untuk ini, yakni membantu membangun identitas dan menunjukkan nilai-nilai yang diangkat.

Menjadi Pemimpin Pasar

Media sosial memberikan kesempatan bagi bisnis untuk menonjol dibandingkan kompetitornya, membuat bisnis tersebut menjadi pemimpin pasar melalui konten-konten yang relevan.

Kamu bisa melakukannya dengan cara membagikan konten kreatif di Instagram, mengunggah tulisan inspiratif di LinkedIn, atau menunjukkan perspektif baru melalui cuitan.

Meningkatkan Traffic

Jika pengikut di media sosial menyukai konten yang kamu unggah, mereka akan lebih tertarik untuk mengunjungi situs. Hal ini akan meningkatkan potensi penjualan.

Meningkatkan Reputasi

Media sosial memberikan kesempatan untuk berkomunikasi secara langsung dan cepat dengan konsumen. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menonjolkan ulasan dan komentar positif.

Analisis Kompetitor

Selain untuk menggaet konsumen, kamu juga dapat memanfaatkan media sosial untuk menganalisis kompetitor. Perhatikan dan catat kampanye seperti apa yang berhasil dan tidak berhasil bagi mereka.

Manfaatkan data ini untuk membuat strategi pemasaran di media sosial.

Platform Media Sosial untuk Bisnis

Media sosial adalah cara efektif menjangkau konsumen dengan cara yang personal. Media sosial juga merupakan kanal pemasaran yang lebih murah.

Namun kamu perlu mempertimbangkan media sosial apa yang paling sesuai dengan bisnismu. Pasalnya setiap platform media sosial memiliki target audiens yang berbeda.

Facebook

Facebook adalah media sosial yang luar biasa populer dengan 2,7 miliar pengguna aktif yang sangat variatif. Setiap pemilik bisnis wajib memiliki laman Facebook.

Melalui Facebook, kamu bisa membagikan foto hingga informasi penting tentang bisnis. Facebook juga menyediakan alat analisis yang mendalam.

Instagram

Instagram juga merupakan media sosial yang sangat populer dengan 1 miliar pengguna aktif. Instagram adalah platform berbasis visual, sehingga cocok untuk membagikan foto dan video terkait bisnis.

Pengguna Instagram juga cenderung mengaksesnya di ponsel. Hal ini perlu kamu pertimbangkan saat membuat konten.

Twitter

Sementara itu Twitter cocok untuk mengunggah pemberitahuan terbaru, menarik minat konsumen baru, dan membagikan tautan ke blog. Berinteraksi dengan audiens juga lebih mudah menggunakan platform ini.

Jika kamu punya konten yang menarik, Twitter adalah sarana yang tepat untuk mendorong reputasi merk. Kamu bahkan bisa dengan mudah menjadi viral.

Pinterest

Melalui media sosial berbasis visual ini, pengguna dapat menyimpan konten dan mengaturnya dalam kategori. Mengingat sifatnya yang sangat visual, Pinterest tidak banyak menyediakan informasi tentang bisnis.

Pinterest dapat mendorong reputasi bisnis tertentu, tetapi belum tentu cocok untuk semua perusahaan. Umumnya konten yang banyak dicari di Pinterest adalah yang berkaitan dengan fashion, olahraga, tips DIY, kecantikan, fotografi, dan kuliner.

YouTube

YouTube adalah platform berbagi video di mana orang dapat melihat, mengunggah, menilai, membagikan, dan berkomentar. YouTube kini dimiliki oleh Google.

Platform ini mendorong terciptanya konten kreatif, sehingga kamu perlu mendedikasikan waktu dan tenaga untuk menciptakan konten video.

Seringkali pemilik bisnis bekerja sama dengan YouTubers untuk mempromosikan produknya. Pilihan ini adalah cara yang lebih mudah, karena pemilik bisnis tidak perlu bersusah payah membuat video sendiri.

LinkedIn

Dengan lebih dari 260 juta pengguna, LinkedIn adalah platform yang tepat untuk membangun koneksi profesional. Melalui platform ini kamu dapat mencitrakan diri sebagai pemimpin industri dan mempromosikan bisnis.

LinkedIn adalah platform profesional, sehingga cocok untuk mengunggah lowongan pekerjaan dan informasi tentang kultur perusahaan.

TikTok

TikTok adalah platform baru yang tengah hits. Melalui platform ini, pengguna dapat membuat dan membagikan video singkat. Jika dimanfaatkan dengan tepat, platform ini bisa membantu bisnismu berkembang.

TikTok sangat populer di antara Generasi Z. Sifat ini perlu kamu perhatikan sebelum membuat konten yang berkaitan dengan bisnis.