Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Tugas Mentor adalah Membimbing Pebisnis, Apa Tanggung Jawabnya?

tugas mentor bisnis

Tertarik mengembangkan bisnis sendiri? Kamu bisa mulai mempersiapkan diri, salah satu caranya adalah dengan mempelajari bahasa asing melalui program Lister for Company.

Mengapa hal ini penting? Dengan menguasai bahasa asing, kamu akan membuka peluang mengembangkan bisnis ke luar negeri atau bekerja sama dengan orang asing.

Sebagai pebisnis pemula, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri. Salah satunya adalah mencari mentor bisnis.

Apa tugas mentor bisnis? Mengapa penting memiliki mentor bisnis? Berikut penjelasannya.

Mentor Bisnis adalah

Mentor bisnis yaitu seseorang dengan pengalaman kewirausahaan bisnis. Mentor bisnis dapat membagikan kebijaksanaan berdasarkan pengalamannya dan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan bisnismu yang masih berkembang.

Tidak hanya membimbing, seorang mentor bisnis juga akan terbuka terhadap ide, strategi, dan taktik bisnis baru dari pebisnis pemula yang dibimbingnya.

Keuntungan Memiliki Mentor Bisnis

Tugas mentor adalah membimbing. Selain ilmu bisnis yang didapat, ada banyak keuntungan lain yang akan kamu peroleh.

Mendapat Dukungan

Setelah kamu merintis bisnis sendiri, kamu tidak mempunyai bos atau siapapun yang bisa diminta arahan. Bahkan kamu mungkin belum memiliki karyawan.

Namun setiap orang selalu membutuhkan pendapat orang lain. Seorang mentor bisnis akan memberikan dukungan emosional selama kamu membangun bisnis.

Belajar dari Kesalahan dan Kesuksesan Mentor

Keuntungan utama yang didapat dari memiliki mentor bisnis adalah kamu bisa belajar dari kesalahan dan kesuksesan mereka di masa lampau.

Tugas mentor adalah membagikan pelajaran dari pengalaman mereka dengan harapan kamu bisa belajar lebih mudah.

Bimbingan Gratis

Jasa pelatih dan konsultan bisnis tidak gratis. Tidak demikian halnya dengan mentor bisnis.

Seorang mentor biasanya tidak menarik bayaran atas bimbingannya. Namun sebagai gantinya kamu bisa memberikan imbalan dalam bentuk lain. Misalnya mentraktir makan siang saat bertemu untuk bimbingan.

Memperluas Koneksi

Seorang mentor bisnis yang sudah berpengalaman tentu memiliki koneksi yang luas. Mereka bisa memperkenalkanmu kepada banyak koneksi bisnis yang akan bermanfaat di masa depan.

Hubungan Jangka Panjang

Seorang mentor tidak mempunyai kepentingan bisnis, seperti menjual barang atau jasa kepadamu. Mereka murni bermaksud membimbing dan membangun hubungan baik denganmu.

Jika mampu menjaga relasi dengan baik, bukan tidak mungkin kamu dapat membangun bisnis bersama.