9 Kebiasaan Orang Prancis saat Makan yang Wajib Dipatuhi

kebiasaan orang prancis saat makan

Kursus Bahasa Prancis – Setiap kebudayaan memiliki kebiasaannya tersendiri dalam kehidupan sehari-hari, termasuk saat makan. Saat tinggal di Prancis, ada sejumlah etika makan yang harus kamu patuhi.

Berikut kebiasaan orang Prancis saat makan, adakah yang kamu ketahui?

9 Kebiasaan Orang Prancis saat Makan

Masyarakat Prancis menerapkan etika yang ketat berkaitan dengan makanan dan jamuan. Saat tinggal di Prancis, kamu wajib mengetahui beberapa kebiasaan yang lazim ditemui.

1. Tidak perlu membawa wine ke jamuan makan malam

Dalam beberapa tradisi makan malam di banyak negara, tamu undangan diharapkan membawa sesuatu bagi tuan rumah, seperti wine. Namun tidak demikian di Prancis.

Jika kamu membawa wine ke jamuan makan, artinya kamu menyinggung pilihan wine tuan rumah. Secara tidak langsung sikap ini menunjukkan seleramu lebih baik daripada tuan rumah.

Tak hanya wine, membawa bunga pun perlu dipertimbangkan baik-baik. Tidak semua bunga dapat dijadikan hadiah. Contohnya bunga krisan yang dikaitkan dengan kematian di Prancis.

2. Datang terlambat 15 menit

Di kebudayaan lain, kamu diharapkan untuk datang tepat waktu saat diundang ke suatu acara. Tidak demikian halnya di Prancis.

Di Prancis, kamu diharapkan datang sekitar 15 menit dari waktu undangan. Tujuannya untuk memberi waktu kepada tuan rumah jika ada hal mendadak yang harus diurus, atau memastikan persiapan acara benar-benar sempurna. Hal ini disebut dengan le quart d’heure de politesse.

Tradisi ini berlaku dalam acara jamuan makan. Namun dalam hal lain kamu tetap diharapkan datang tepat waktu, misalnya saat reservasi restoran atau rapat di kantor.

3. Salad dan keju

Dalam tata cara resmi di Prancis, penyajian makanan berlaku dengan urutan berikut ini.

  • Makanan pembuka
  • Makanan utama
  • Salad dan keju
  • Makanan penutup

Dalam menikmati hidangan Prancis, terdapat aturan salé avant sucré, artinya asin sebelum manis.

4. Minum teh dengan mangkuk saat sarapan

Orang Prancis memiliki kebiasaan minum teh atau kopi dengan mangkuk di pagi hari saat sarapan. Mangkuk yang digunakan berukuran kecil, seperti mangkuk sereal.

5. Minuman disajikan tanpa es

Di restoran atau saat jamuan makan malam, air dan minuman ringan disajikan dengan suhu ruangan atau sudah didinginkan sebelumnya. Jika kamu ingin minum dengan es, kamu harus meminta kepada pramusaji.

6. Makan baguette

Baguette adalah roti berbentuk panjang yang khas di Prancis. Saat membelinya di toko roti dan pastry, baguette akan dibungkus dengan kantong kertas.

Kamu dapat makan sedikit bagian atas baguette sembari berjalan kaki. Namun jangan terlalu banyak. Batas wajar mencicip baguette adalah di atas kantong kertas, agar kamu tidak dipandang kelaparan atau rakus.

Berbicara tentang pastry dan bakery, apakah kamu sudah tahu perbedaannya? Simak ulasannya dalam artikel Pastry dan Bakery: Beda, Contoh, dan Proses Pembuatan.

baguette

7. Tidak ada menu anak-anak

Di banyak negara, terkadang menu khusus anak-anak dibedakan. Tidak demikian halnya dengan di Prancis.

Anak-anak disajikan makanan yang sama dengan orang dewasa, termasuk sayuran, daging, dan masakan lainnya.

Tak hanya itu, orang tua terkadang mengizinkan anak-anak mencicipi minuman beralkohol yang disajikan di meja makan, seperti wine. Di Prancis tidak ada batas usia untuk minum minuman beralkohol.

Walaupun begitu, orang tua wajib hadir dan mengawasi anak-anak yang berusia di bawah 16 tahun saat mencicipi alkohol.

8. Makan malam dimulai pukul 19.30

Di Prancis, makan malam dimulai pukul 19.30. Makan malam pun berlangsung cukup lama, sehingga biasanya baru selesai pukul 21.00 atau 22.00.

9. Lima kali makan dalam sehari dan waktu makan siang yang panjang

Seperti kebiasaan di banyak negara, orang Prancis menerapkan dua sampai tiga kali makan setiap hari. Namun ada dua waktu makan tambahan yang sifatnya opsional.

Le goûter (Teh sore)

Sajian teh dan camilan sore berlangsung sekitar pukul 16.00 sampai 18.00, biasanya untuk anak-anak setelah pulang sekolah. Camilan yang disediakan berupa kudapan manis.

Camilan sore diadakan untuk anak-anak karena waktu makan malam di Prancis baru berlangsung pukul 19.30.

Ingin tahu contoh hidangan manis yang populer di Prancis? Berikut ulasannya dalam artikel 21 French Cake Klasik yang Wajib Dicoba, Manisnya Menggoda.

Apéro (Minuman beralkohol)

Apéro adalah waktu menikmati minuman beralkohol sebelum makan malam. Apéro tidak dilakukan setiap hari, biasanya seminggu atau sebulan sekali.

Apéro menjadi ajang mengobrol santai bersama teman dan keluarga sebelum menikmati makan malam. Selain minuman beralkohol, biasanya disajikan pula kudapan asin.

Istirahat makan siang

Fakta unik lainnya tentang kebiasaan makan di Prancis adalah waktu makan siang berlangsung lama, yakni bisa mencapai 90 menit. Tak jarang orang Prancis keluar kantor untuk menikmati makan siang di restoran atau kafe.

Makan siang dinikmati dengan santai sembari mengobrol bersama teman atau rekan kerja. Kamu juga dapat mengobrol tentang isu politik, ekonomi, atau topik lainnya yang dapat memicu perdebatan, kecuali topik pekerjaan.

Wujudkan Kuliah di Prancis Lewat Kursus Bahasa!

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Prancis adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Prancis di Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!