Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Karyawan Butuh Motivasi Lebih? Coba Cara Job Enrichment

job enrichment adalah

Untuk membuka peluang karier yang lebih luas, tentu kamu harus mengembangkan diri. Salah satunya adalah mempelajari bahasa asing melalui Lister for Company.

Cara tersebut dapat kamu lakukan dari segi karyawan. Bagaimana dari segi pemilik bisnis? Apa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan kemampuan para karyawan?

Terdapat cara yang disebut dengan job enrichment. Metode ini cukup dikenal. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut tentang job enrichment.

Apa itu Job Enrichment?

Job enrichment disebut juga pengayaan pekerjaan. Metode ini dilakukan dengan cara menambah tugas karyawan secara vertikal. Artinya, tugasnya diperkaya dengan tugas yang lebih tinggi daripada posisi saat ini.

Apa tujuan job enrichment? Tujuannya untuk menambah motivasi karyawan agar pekerjaannya lebih maksimal.

Metode ini diperkenalkan psikolog Frederick Herzberg. Metode ini bertujuan memotivasi karyawan dan memberi kesempatan untuk mendapat penghargaan, pengakuan, dan tanggung jawab yang lebih.

Dengan menggunakan metode job enrichment, perusahaan tidak perlu merekrut karyawan baru. Perusahaan hanya perlu memperkaya sumber daya manusia yang sudah ada.

Keuntungan lainnya adalah job enrichment membantu mengurangi risiko skill gap di antara sesama karyawan. Dengan demikian, karyawan dan perusahaan sama-sama diuntungkan.

Perbedaan Job Enrichment dengan Job Enlargement

Job enlargement adalah penambahan beban kerja dengan memperluas tanggung jawab pekerjaan secara horizontal. Perluasan tanggung jawab kerja itu berada dalam satu level pekerjaan pokoknya.

Job enrichment menekankan pada kualitas, sedangkan job enlargement menekankan pada kuantitas.

Pertimbangan Perusahaan Membuat Kebijakan Job Enrichment

Biasanya keputusan job enrichment diputuskan oleh manajer HR. Manajer HR akan melihat apakah kinerja karyawan sudah semakin progresif dan produktif.

Jika demikian, kebijakan job enrichment dapat diaplikasikan agar dapat memaksimalkan potensi karyawan sekaligus membuka peluang promosi.

Manfaat Kebijakan Job Enrichment bagi Karyawan

Kebijakan job enrichment memiliki banyak keuntungan bagi karyawan maupun perusahaan. Apa saja?

Kebijakan tersebut akan menambah motivasi karyawan saat bekerja. Selain itu, meningkatkan kemampuan kepemimpinan karyawan, terutama dalam pengambilan keputusan.

Bagi perusahaan sendiri, kebijakan job enrichment akan mengurangi tingkat turnover.

Walaupun begitu, perusahaan harus mewaspadai potensi negatif. Yaitu job enrichment berpotensi mengurangi kendali perusahaan terhadap karyawan, karena wewenang lebih yang dipasrahkan kepada karyawan.