Training Integrated Corporate Communication – Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk membangun visi misi perusahaan. Salah satunya yaitu corporate communication.
Melalui komunikasi yang terbuka, jelas, dan terintegrasi, tim dan pemangku kepentingan dapat mengartikulasikan tujuan bersama, memahami peran setiap individu.
Komunikasi yang baik menciptakan landasan kuat untuk kolaborasi yang produktif, inovasi yang berkelanjutan, dan penguatan budaya perusahaan.
Mengenal lebih jauh seputar corporate communication dalam penjelasan berikut ini.
Apa itu corporate communication?
Corporate Communication memegang peran penting dalam membentuk suatu identitas perusahaan. Dengan strategi komunikasi yang terencana, perusahaan mampu membangun hubungan yang kuat dengan karyawan hingga masyarakat.
Dilansir dari Northeastern University Graduate Programs, komunikasi perusahaan adalah sebuah cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan dan organisasi dalam meningkatkan komunikasi dari internal dan eksternal.
Komunikasi perusahaan bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti dalam bentuk tertulis atau laporan, salinan situs web, materi promosi, email, dan siaran pers.
Selain itu, ada juga dalam bentuk lisan seperti rapat, konferensi pers, wawancara, hingga video. Tak hanya sampai disitu saja, ada juga komunikasi non-verbal seperti foto, ilustrasi, dan infografis.
Ditambahkan dari laman Grand Canyon University, komunikasi perusahaan juga bisa mencerminkan identitas merek atau segala komunikasi dari institusi, perusahaan, atau organisasi.
Pemangku tanggung jawab dari komunikasi perusahaan adalah direkutur atau level lead atau manager dalam sebuah perusahaan. Komunikasi korporat juga bisa mencangkup komunikasi yang dibangun untuk para pelanggan, media, dan masyarakat umum.
Baca juga: Kursus Business Presentation untuk Pegawai Perusahaan StartUp
Fungsi corporate communication
Fungsi corporate communication tidak hanya terbatas pada penyampaian informasi, melainkan juga sebagai pendorong utama dalam membentuk identitas perusahaan.
Lebih jauh dari itu, misi utama dari komunikasi perusahaan juga bisa membangun hubungan yang kokoh dengan berbagai pemangku kepentingan.
SImak penjelasan berikut ini, seputar komunikasi perusahaan.
Membangun komunikasi dengan media dan instansi eksternal
Di sebagian besar perusahaan, divisi hubungan masyarakat memiliki tanggung jawab lebih untuk mengawasi berbagai aktivitas komunikasi.
Oleh karena itu, pentingnya sebuah perusahaan dalam menyelenggarakan training integrated komunikasi perusahaan. Dengan begitu, bagian humas akan lebih mengerti dan mengendalikan cara perusahaan atau organisasi terhadap masyarakat umum.
Menghindari adanya krisis komunikasi
Krisis komunikasi memiliki peran yang cukup spesifik dalam sebuah perusahaan. Dengan mengikuti training di Lister untuk karyawan yang satu ini, setiap individu bisa menghadapi krisis dengan baik agar tidak berpotensi merusak reputasi.
Secara umum, komunikasi perusahaan juga bisa melindungi reputasi dan kemampuan organisasi untuk menjalankan bisnis.
Membenahi komunikasi internal
Dalam pelatihan komunikasi perusahaan akan diberikan materi seputar mengelola blog internal, menyusun sumber daya karyawan mulai dari tunjangan hingga OKR.
Selain itu, komunikasi korporasi juga bisa membangun kemampuan dalam berkomunikasi antar internal dengan baik.
Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Seputar Job Title di Perusahaan
Peran seorang corporate communication
Peran seorang profesional corporate communication menjadi kunci vital dalam mengelola citra dan reputasi perusahaan di dunia bisnis yang serba dinamis.
Tugasnya tidak hanya terbatas pada menyusun pesan yang efektif, melainkan juga merangkul fungsi strategis dalam menyelaraskan komunikasi perusahaan.
Mengenal lebih jauh tugas seorang yang mengemban jabatan sebagai seorang komunikasi perusahaan.
Merancang strategi komunikasi
Seorang corporate communication berperan dalam merancang dan mengimplementasikan strategi komunikasi perusahaan. Ini mencakup penetapan pesan kunci, target audiens, dan kanal komunikasi yang tepat.
Mengelola reputasi perusahaan
Orang yang bergerak dibidang komunikasi perusahaan bisa membangun dan memelihara citra positif di mata pemangku kepentingan.
Sebagai advokasi perusahaan
Seorang yang bertanggung jawab komunikasi perusahaan berfungsi sebagai advokat perusahaan, memastikan bahwa pesan dan nilai perusahaan diartikulasikan dengan jelas dan konsisten. Mereka berusaha untuk membangun dukungan baik di dalam maupun di luar perusahaan.
Pentingnya ikuti pelatihan komunikasi perusahaan
Ada banyak keuntungan dan kepentingan saat mengikuti pelatihan komunikasi perusahaan seperti,
Memiliki pemahaman tentang komunikasi perusahaan
Pelatihan komunikasi perusahaan bisa memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip dan strategi komunikasi.
Karyawan memiliki keterampilan dalam pemecah masalah
Pelatihan ini membekali peserta dengan keterampilan untuk mengatasi tantangan komunikasi, termasuk dalam situasi krisis.
Peningkatan efektivitas pemasaran dan branding
Adanya pemahaman prinsip komunikasi perusahaan yang bisa meningkatkan efektivitas upaya pemasaran dan branding.
Training Integrated Corporate Communication, Tingkatkan Komunikasi Perusahaan
Raih keunggulan komunikasi perusahaan dengan Training Integrated Corporate Communication di Lister. Pemahaman strategi komunikasi terpadu untuk dorong efektivitas pesan perusahaan.
Dengan pengajar berpengalaman di bidangnya, materi pelajaran yang terkini, dan fleksibilitas belajar online, Lister memberikan pengalaman pembelajaran yang unik dan efektif.
Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.
Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!
Foto utama oleh tirachardz di Freepik.