Kursus Business Presentation untuk Pegawai Perusahaan StartUp

Kursus Business Presentation untuk Pegawai Perusahaan StartUp

Kursus Business Presentation – Kursus Business Presentation untuk pegawai memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan komunikasi dan presentasi para karyawan perusahaan startup. 

Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, kemampuan untuk menyampaikan ide, proyek, atau visi perusahaan dengan efektif dapat menjadi kunci kesuksesan. 

Oleh karena itu, Lister memberikan kursus terfokus untuk para karyawan yang ingin mengasah keterampilan dalam presentasi. 

Apa itu business presentation

Business presentation, atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan presentasi bisnis adalah proses komunikasi di mana seseorang atau sekelompok orang memaparkan informasi, ide, proyek, produk, atau layanan kepada audiens. 

Tujuan dari adanya business presentation adalah untuk meyakinkan, mengedukasi, atau mempengaruhi. 

Presentasi bisnis seringkali digunakan dalam berbagai konteks, termasuk pertemuan internal di perusahaan, pertemuan dengan investor, presentasi penjualan, konferensi, hingga pelatihan.

Mengulik lebih jauh seputar, tujuan utama dari presentasi bisnis. Salah satunya adalah untuk memberikan pesan atau informasi dengan cara yang menarik, persuasif, dan mudah dipahami oleh audiens. 

Demi mencapai tujuan tersebut, pembicara biasanya menggunakan berbagai elemen seperti visual aids seperti slide presentasi, lisan atau tulisan, serta elemen visual. 

Selain itu, presentasi bisnis seringkali melibatkan interaksi dengan audiens, seperti sesi tanya jawab.

Jenis business presentation

Ada berbagai jenis presentasi bisnis yang dapat digunakan dalam berbagai konteks dalam dunia bisnis. Beberapa di antaranya yang populer adalah, 

  • Informative
  • Persuasive 
  • Supporting 

Pertama seputar presentasi informatif adalah jenis presentasi yang bertujuan utama untuk menyampaikan informasi yang berguna, relevan, dan bermanfaat kepada audiens.

Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang suatu topik, konsep, atau isu tertentu tanpa mencoba meyakinkan para pendengar.

Kedua seputar presentasi persuasive. Presentasi persuasif adalah jenis presentasi yang bertujuan untuk meyakinkan atau mempengaruhi audiens agar mengambil tindakan tertentu, mendukung suatu ide hingga masalah.

Tujuan utama dari presentasi persuasif adalah untuk mempengaruhi pikiran, sikap, atau perilaku audiens dengan cara yang mendukung pesan yang disampaikan oleh pembicara.

Ketiga adalah presentasi supporting. Jenis presentasi bisnis untuk karyawan yang selanjutnya ini bertujuan untuk memberikan informasi tambahan atau mendukung untuk mendukung pesan utama dalam presentasi lainnya.

Presentasi ini biasanya digunakan untuk memberikan konteks atau rincian lebih lanjut tentang topik yang telah dibahas. Jenis presentasi yang satu ini memiliki tujuan yang terencana berupa aksi untuk melakukan langkah selanjutnya.

Tips membuat business presentation untuk pemula

Sebelum mengikuti kursus business presentation di Liser, ada cara membuat presentasi bisnis yang efektif. Para pegawai yang akan melakukan presentasi bisnis. Sebuah keterampilan yang sangat berharga, terutama bagi pemula dalam dunia bisnis dan karier. 

Presentasi yang baik dapat memengaruhi kesuksesan proyek, penawaran, atau bahkan menunjang karir yang lebih baik. 

Buatlah pembuka presentasi yang menarik

Presentasi bisnis bisa dimulai dari cara menyampaikan pembuka. Buatlah sebuah narasi menarik untuk menggugah minat pendengar atau klien. 

Kamu bisa memulainya dengan membuat sebuah cerita latar belakang yang kreatif dan personal sehingga menarik pendengar. 

Tidak ada salahnya untuk melakukan pembukaan yang cukup dramatis untuk menarik minat. 

Buatlah desain layout presentasi yang menarik 

Kamu bisa menggunakan desain PowerPoint yang profesional dengan desain yang tidak terlalu meriah. Lakukan tata letak slide, font, dan icon yang tepat agar pendengar tetap bertahan untuk mendengarkan dari awal sampai akhir. 

Pastikan desain layout sesuai dengan tujuan presentasi yang akan dilakukan. Pertimbangkan apakah Anda ingin menyampaikan informasi, meyakinkan pendengar, atau mengedukasi. 

Hindari tata letak yang terlalu rumit. Gunakan elemen desain yang konsisten, seperti font, warna, dan gaya, untuk memberikan tampilan yang bersih dan profesional. 

Jika kamu menggunakan efek animasi, pastikan animasi yang kamu gunakan mendukung pesan dan tidak mengalihkan perhatian. Gunakan efek animasi dengan bijak dan hanya untuk menyoroti poin penting.

Buatlah penutup yang berkesan

Penutup presentasi bisnis yang berkesan adalah kesempatan terakhirmu untuk meninggalkan kesan yang kuat dan memastikan pesan yang ingin kamu sampaikan melekat di benak pendengar.

Pastikan untuk berterima kasih kepada audiens atas waktu dan perhatian mereka. Ini adalah kesempatan baik untuk menciptakan kesan yang baik dan profesional.

Lister, kursus business presentation untuk pegawai

Lister memberikan kemudahan belajar untukmu yang padat aktivitas pekerjaan antara lain kelas dapat berlangsung online dengan jadwal fleksibel, jumlah pertemuan dapat diatur, materi hingga jenis kelas dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Program ini ditujukan untuk pegawai perusahaan atau institusi mulai dari staf hingga manajer hingga staf untuk meningkatkan keterampilan menyajikan informasi dalam presentasi bahasa Inggris untuk tujuan bisnis. 

Materi kursus business presentation

Materi kursus business presentation untuk pegawai seringkali disesuaikan dengan tingkat peserta, mulai daripemula, menengah, atau lanjutan. Selain itu, materi bisa disampaikan dalam berbagai format, seperti kuliah, diskusi, permainan peran, dan latihan praktik.

  • Understanding core presentation principles that deliver success 
  • Basic presentation techniques 
  • Different types of oral presentations, both spontaneous and prepared 
  • Types of presentations 
  • Dos and don’ts preparation and timing 
  • Planning and getting started 
  • Presentation technique and preparation 
  • Getting to know the the audience 
  • Presentation delivery technique 
  • Structure of presentation: introduction, body, ending
  • Opening remark and key phrases 
  • Image , impact and making an impression 
  • Using visual aids: general principles 
  • Talking about the content of visual aids 
  • Describing change 
  • Holding the audience’s attention 
  • Rapport with the audience 
  • Listing information 
  • Linking ideas 
  • Sequencing 
  • Summarising and concluding 
  • Question and discussion 
  • Handling question and taking answer
  • Closing remark

Kursus Business English, Kupas Tuntas Rahasia Komunikasi Profesional!

Mengasah komunikasi bahasa Inggris dalam pekerjaan dapat meningkatkan peluang karier lebih baik. 

Sebagai solusi, ikuti Kursus Business English untuk membekali para karyawan di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.