Apa itu Training of Trainer?

Training of Trainer

Kursus Training of TrainerTraining of Trainer adalah suatu inisiatif yang sangat penting untuk perusahaan dari berbagai industri. Kursus ini bisa membantu perusahaan dalam meningkatkan kompetensi dan produktivitas karyawannya. 

Penyelenggaraan pelatihan untuk para karyawan melalui ToT bisa menjadi strategi yang cukup mumpuni untuk memastikan peningkatan keterampilan langsung pada level karyawan. 

Dengan memiliki instruktur internal yang berkualitas, perusahaan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran berkelanjutan yang mendukung pertumbuhan profesional dan inovasi. 

Apa itu Training of Trainer?

Training of Trainer atau bisa disebut dengan ToT. Pelatihan tersebut lebih fokus pada pembekalan setiap individu baik itu di sebuah perusahaan, instansi, hingga institusi pendidikan dengan keterampilan dan pengetahuan menjadi seorang instruktur. 

Secara umum, ToT bertujuan untuk mengembangkan kemampuan seseorang dalam merancang, mengelola, dan menyampaikan materi. Perlu adanya pengetahuan khusus agar indivisu bisa menyampaikan materi secara efektif. 

Berbeda dengan pelatihan konvensional yang ditujukan langsung kepada karyawan untuk menjalani suatu pekerjaan. Namun juga, fokus pada pengembangan kemampuan mengajar dan berbagi pengetahuan. 

Dalam proses pengajarannya, ToT menitikberatkan pada beberapa tahap yaitu identifikasi kebutuhan pelatihan, pengembangan materi pelatihan, hingga pelaksanaan dan evaluasi. 

Tentu saja, dengan adanya pelatihan ToT di sebuah perusahaan maka karyawan akan memiliki keterampilan dalam mengembangkan kemampuan diri atau sumber daya manusia. 

Baca juga: Pelatihan Excel Bersertifikat untuk Karyawan

Manfaat mengadakan training of trainer

Ada banyak manfaat dan keuntungan bagi perusahaan dalam menyelenggarakan ToT. ToT tidak hanya merupakan suatu program pelatihan biasa, tetapi juga pengembangan sumber daya manusia internal. 

Ketahui lebih banyak seputar manfaat training of trainer berikut ini. 

1. Peningkatan kualitas karyawan internal 

ToT memastikan bahwa instruktur internal memiliki pemahaman mendalam tentang materi pelatihan dan keterampilan dengan metode dan materi pengajaran yang sesuai. 

Dengan begitu, informasi yang disampaikan kepada para karyawan di suatu perusahan akan relevan, akurat, dan efektif. 

2. Pengembangan SDM yang efisien 

Dengan memiliki instruktur internal yang terlatih, perusahaan dapat mengurangi ketergantungan pada penyedia pelatihan eksternal. Ini tidak hanya mengurangi biaya, tetapi juga meningkatkan fleksibilitas perusahaan. 

Anggaran mengadakan pelatihan karyawan, dari segi pengembangan skill atau penggunaan alat baru di perusahaan akan berkurang. Pasalnya, perusahaan tidak membutuhkan trainer dari luar. 

3. Budaya pembelajaran yang berkelanjutan 

ToT memainkan peran kunci dalam membentuk budaya pembelajaran yang berkelanjutan di dalam organisasi. 

Adanya instruktur internal yang berkompeten, perusahaan mendorong karyawan untuk terus belajar dan berkembang. 

4. Pengembangan karir karyawan 

ToT yang mana melahirkan adanya seorang instruktur internal bisa memberikan peluang pengembangan karir bagi instruktur internal perusahaan. 

Baca juga: Pelatihan Masa Persiapan Pensiun untuk Karyawan Berkinerja Tinggi

Materi training of trainer

Perumusan materi training of trainer memiliki peran penting untuk membentuk instruktur internal yang berkualitas. Oleh karena itu, tidak boleh sembarangan dan asal merumuskan. 

Lister menggandeng tim akademik profesional dari top company dan narasumber berpengalaman untuk merancang aspek apa yang perlu diajarkan. 

1. Aspek psikologi dalam training  

Aspek psikologi memainkan peran krusial dalam perancangan dan pelaksanaan program pelatihan. Dengan mengenal aspek psikologi dalam setiap individu akan memunculkan adanya motivasi individu. 

Hal ini bisa menciptakan program pelatihan yang efektif. Pelatihan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi karyawan cenderung lebih berhasil. 

2. Pengenalan media pelatihan dalam training

Pengenalan media pelatihan merupakan bagian penting dalam merancang program pelatihan yang efektif. 

Media pelatihan melibatkan penggunaan berbagai alat dan teknologi untuk menyampaikan informasi, memfasilitasi interaksi, dan meningkatkan pemahaman peserta. 

Dengan menggabungkan berbagai jenis media, seperti presentasi visual, video, simulasi, dan materi cetak, pelatihan dapat disesuaikan dengan gaya belajar dan berbagai peserta. 

3. Pelatihan presentasi untuk training

Pelatihan saat melakukan presentasi adalah langkah kunci dalam mempersiapkan seseorang untuk berkomunikasi secara efektif di depan audiens. 

Sebuah presentasi yang baik tidak hanya melibatkan pemahaman mendalam terhadap materi yang akan disampaikan, tetapi juga keterampilan komunikasi. 

Di sisi lain, perlu adanya manajemen waktu dan kemampuan dalam membangun suasana menjadi lebih meriah slama presentasi berlangsung. 

Hadiri kursus Training of Trainer dengan sertifikat BNSP

Dapatkan pengetahuan mendalam tentang ToT, memahami aplikasi praktisnya, dan memperoleh sertifikasi BNSP yang diakui oleh berbagai instansi.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.