Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ide Kegiatan Ubah Gap Year Jadi Pengalaman Berharga 2022

Apa yang terlintas di benak kamu saat mendengar kata Gap Year? Apakah kamu salah satu orang yang tertarik untuk mengikuti gap year?

Secara umum, Gap year adalah sebutan untuk orang yang menunda kuliah setelah lulus SMA, namun tak mesi begitu karena sebutan gap year juga bisa berarti melakukan hal-hal di luar rutinitas. Banyak sisi positif yang didapatkan, Gap year adalah kesempatan untuk melakukan kegiatan positif yang bermanfaat.

Terkadang kamu hanya butuh istirahat dari rutinitas di sekolah menengah, setelah lulus universitas, atau cuti panjang selama karir kerja. Tetapi mungkin kamu bertanya pada diri sendiri:

Apakah ini waktu yang tepat untuk mengambil gap year?

Pada dasarnya, di sinilah kita akan belajar membuat keputusan untuk diri sendiri dan belajar mengenal kemampuan dan kelemahan diri sendiri. Terkadang banyak pelajaran berharga yang bisa kamu dapatkan dari proses gap year ini!

Jangan belajar bidang studi atau jurusan di universitas yang kamu benci hanya karena kamu tidak ingin mengecewakan orang tua ataupun teman-teman. Jangan juga terburu-buru menerima pekerjaan yang buruk setelah lulus karena tahun pertama setelah lulus biasanya menjadi tumpuan karir selanjutnya. Jika kamu memiliki sarana, istirahatlah dari rutinitas atau biasa dikenal sebagai gap year.

Saatnya Melakukan Travelling ke Tempat yang Kamu Suka

Salah satu hal yang paling populer untuk dilakukan saat gap year adalah traveling. Inilah saatnya untuk mengeksplorasi dan memperluas pikiran. Di negara kita tercinta Indonesia, mudah sekali menemukan tempat-tempat indah dan memukau akan pesonanya dari Sabang hingga Merauke.

Inilah pilihan utama untuk melakukan travelling:

  • Jelajahi danau toba di Sumatera Utara
  • Mendaki Gunung Bromo di Jawa Timur
  • Jelajahi Nusa Penida yang populer di Bali
  • Belajar menyelam dan menikmati keindahan laut di Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara
  • Temukan keindahan wisata bawah laut di Wakatobi Sulawesi Tenggara

Gabung Komunitas Sukarelawan

Menjadi sukarelawan jelas merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan ketika merencanakan tahun jeda. Memilih proyek yang tepat bisa jadi sangat bermanfaat untuk perkembangan diri. Kamu bisa mengambil peran dan mulai berkontribusi pada komunitas, mempelajari keterampilan baru, dan membangun kepercayaan diri.

Pelajari Bahasa Asing

Jika bepergian menjadi prioritas utama dalam daftar hal-hal yang harus dilakukan pada tahun jeda di 2022′, maka mempelajari bahasa baru juga harus masuk dalam daftar. Kemampuan untuk berbicara minimal dalam bahasa Inggris ketika pergi ke negara-negara Asia sangat membantu. Ini juga menambahkan sedikit bumbu ke CV kamu yang sedang berkembang.

Mempelajari bahasa asing utama seperti bahasa Mandarin dan Spanyol juga akan sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin terjun di dunia bisnis. Untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih maksimal, kamu bisa mempelajarinya secara lebih dalam di Lister.

Ikuti Internship Atau Magang

Bagi calon mahasiswa dan mereka yang ingin meningkatkan prospek kerja di tahun 2022, program gap year bisa menjadi waktu yang tepat untuk mendapatkan pengalaman kerja praktik lapangan.

Tidak ada cara yang baik atau buruk untuk menghabiskan tahun jeda kamu di tahun 2022, tetapi ingatlah bahwa calon pemberi kerja cenderung mempertanyakan bagaimana kamu menghabiskan waktu kamu. Pekerjaan sukarela, pengetahuan tentang bahasa kedua, perjalanan, dan pengalaman kerja adalah tambahan yang berharga untuk CV. Semangat!