Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

6 Tips Semangat Belajar Bahasa Asing Meski Gak Punya Teman!

belajar bahasa asing di lister

Bagi sebagian orang, sumber motivasi bisa saja berasal dari teman atau lingkungan yang mendukung. Jika sedang memperjuangkan skill bahasa asing, memiliki lingkungan berisi orang-orang yang passionate terhadap bahasa asing itu sangat mempengaruhi lho. Lalu, bagaimana jika kondisi membuat kamu tidak punya teman yang supportif? Apakah belajarnya jadi terhambat? Yuk simak dulu 6 tips anti galau belajar bahasa asing meski ngga punya teman!

literacy abc icon alphabet concept 53876 121086

Disiplin dan Jadilah Fleksibel

Kunci kemajuan dirimu adalah diri sendiri bukan orang lain, artinya ketika kamu sudah memutuskan suatu tujuan, stick to it dan lakukan!

Apalagi kalau resources yang kamu sudah lengkap, seperti laptop, jaringan internet, smartphone, atau buku. All you need adalah menjadi disiplin. Serta jangan cepat frustasi jika waktu yang disediakan untuk belajar malah ada agenda mendadak, yakinkan dirimu bahwa masih ada hari esok dan masih ada harapan baru!

Tetapkan tujuan yang menantang, namun dapat dicapai

Di awal, jangan terlalu idealis, kamu harus bisa begini dan begitu. Cobalah membuat tujuan yang realistis dan mudah dicapai terlebih dahulu.

Dengan melakukan ini, kamu akan merasa bahwa kamu mengalami kemajuan, yang pada gilirannya akan memotivasi untuk terus belajar bahasa pilihan. Jadikan ini situasi yang saling menguntungkan!

Daripada terburu-buru menyelesaikan seluruh pelajaran pengucapan bahasa Jerman ketika kita hanya memiliki waktu 5 menit, mengapa tidak mengerjakan bagian pertama hari ini dan bagian kedua besok?

couch creativity GIF by SoulPancake

Pikirkan sesuatu yang kamu ingin lakukan sambil belajar

Katakanlah kamu ingin melakukan pelajaran bahasa Prancis berikutnya hari ini, tetapi kamu tidak menyukainya karena di luar indah dan cerah.

Nah, kamu bisa pergi ke taman, minum kopi dan biskuit, dan belajar sambil berbaring di rerumputan sambil berjemur! Menyenangkan, bukan?

Jadilah konsisten

Umumnya untuk membentuk kebiasaan, segalanya membutuhkan proses. Dibutuhkan sekitar satu bulan untuk membentuk kebiasaan, jadi jangan cepat menyerah!

Pembelajaran bahasa pada akhirnya akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, jika kamu dapat mengatur diri dengan baik. Kamu tidak perlu banyak waktu: konsisten adalah kuncinya.

Rayakan kesuksesan kecil!

Rewards are the great motivators! Hadiah adalah motivator yang hebat! Jadi jangan lupa manjakan diri ketika kamu sudah mencapai tujuan yang ditetapkan.

Jika kamu memiliki satu hari belajar dan merasa sangat produktif, mengapa tidak beristirahat keesokan harinya sebagai hadiah? Atau tentukan sendiri tujuan untuk hari itu. Jika kamu sudah mencapainya, pergilah dan manjakan diri dengan sepotong kue yang kamu idam-idamkan!

Jadikan bagian dari hidup!

Bahasa, salah satu fungsinya adalah untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, jika kamu memang bersungguh-sungguh ingin menguasainya, cobalah jadikan kebiasaan belajar bahasa asing menjadi bagian dari kehidupan kamu. Contohnya?

Dengarkan podcast dalam bahasa target
Baca buku atau blog dalam bahasa target
Tonton film atau dengarkan radio dalam bahasa yang kamu pelajari
Lakukan percakapan di depan cermin atau buatlah video monolog sederhana
Tuliskan apa yang kamu lakukan kemarin (dengan cara itu kamu juga dapat menulis buku harian pribadi dalam bahasa lain)

Ingatlah tujuan awal kamu

Coba dan hidupkan kembali motivasi pertama kala itu! Ada banyak manfaat belajar bahasa asing.

Apakah kamu mulai belajar bepergian? Atau agar kamu bisa mendengarkan percakapan orang asing di kereta?

Apa pun itu, mengingat mengapa kita memulai akan memberi kita sedikit dorongan energi dan mengingatkan diri mengapa semuanya terjadi!