Berencana Tinggal Setahun di Luar Negeri? Perhatikan Cara Berkemas yang Benar

jalan di luar negeri

Sudah berencana tinggal setahun di laur negeri, tapi masih bingung persiapannya apa saja? Baca artikel ini sampai akhir ya!

Berbicara mengenai packing yang tepat untuk tinggal di tempat yang jauh memang sedikit krusial. Jika kamu malah menata bagasi di menit-menit terakhir khawatirnya kamu melupakan dasar-dasar mengemas barang-barang yang tidak diperlukan dan bergegas mengemas semua barang praktis ke dalam satu koper besar sebelum bergegas ke bandara – padahal bagasi yang melebihi batas juga memiliki tarifnya sendiri lho.

wellington cable car the landmark of new zealand picture

Mulailah setidaknya beberapa bulan sebelum tanggal keberangkatan. Mulailah membeli pakaian di negara asal saja, karena mungkin akan lebih terjangkau dibandingkan dengan belanja di destinasi. Namun, ini semua juga tergantung dengan tujuan yang ingin dicapai apakah tujuan studi, bekerja, atau berwisata. Kamu yang mana?

Siapkan dokumen penting seperti paspor, kartu tanda pengenal, tiket, kartu bank atau mata uang yang dapat kamu gunakan di luar negeri serta uang tunai, salinan dokumen penting, termasuk surat asuransi kesehatan.

Bawa beberapa barang kesayangan untuk membuat kamar baru di sana tidak terlalu terasa asing ketika kamu tiba, seperti sprei favorit, beberapa foto, dan mungkin satu atau dua jenis makanan ringan yang mungkin tidak bisa didapatkan di kota baru – apapun yang mengingatkan kamu pada rumah.

Terakhir, simpan dokumen penting seperti paspor, tiket penerbangan, kartu bank, dan uang tunai di map kedap air yang terpisah di dalam tas tangan, yang berada di dalam saku yang mudah diakses. Ini juga merupakan tempat yang baik untuk menyimpan charger ponsel karena kamu pasti akan segera membutuhkannya setelah mendarat. Selamat mencoba!