Daftar Huruf Hiragana dan Katakana, Dilengkapi Pelafalannya!

Huruf Hiragana dan Katakana

Les Bahasa Jepang – Jika kamu ingin memahami dasar-dasar penulisan dalam bahasa Jepang, memahami huruf Hiragana dan Katakana adalah langkah awal yang sangat penting. Dari pelafalan hingga penggunaannya dalam kalimat, pemahaman yang kuat akan huruf Hiragana dan Katakana akan membantu kamu dalam meraih kemahiran dalam bahasa Jepang.

Huruf Hiragana dan Katakana adalah dua dari tiga sistem penulisan yang digunakan dalam bahasa Jepang, dengan yang ketiga adalah Kanji. Sementara Kanji mewakili makna atau konsep, huruf Hiragana dan Katakana mewakili suara.

Apa yang dimaksud huruf Hiragana?

Hiragana adalah satu dari tiga sistem penulisan dalam bahasa Jepang. Terdiri dari 46 karakter dasar, huruf Hiragana adalah dasar dari bahasa Jepang modern dan digunakan untuk menulis kata-kata asli Jepang, partikel, dan kata-kata yang tidak memiliki bentuk Kanji. Setiap karakter mewakili suara tunggal, membuatnya menjadi sistem fonetik yang konsisten.

Huruf Hiragana juga digunakan dalam penulisan untuk anak-anak atau pemula dalam bahasa Jepang. Ini membantu dalam pengucapan dan pemahaman, terutama bagi mereka yang belum mengenal Kanji.

Dengan memahami Hiragana, kamu akan mampu membaca dan menulis dalam bahasa Jepang pada tingkat dasar. Ini adalah batu loncatan penting dalam pembelajaran bahasa Jepang. Lantas, apa perbedaan huruf Hiragana dan Katakana?

Baca Juga: Belajar Bahasa Jepang Selamat Malam dan 10 Contoh Penggunaannya

Perbedaan Huruf Hiragana dan Katakana

Sementara huruf Hiragana dan Katakana mungkin terlihat serupa pada pandangan pertama, terdapat beberapa perbedaan mendasar yang membedakan antara huruf Hiragana dan Katakana:

  1. Fungsi: Hiragana digunakan dalam penulisan kata-kata asli Jepang dan elemen-elemen gramatikal, sedangkan Katakana digunakan untuk menulis kata-kata pinjaman dari bahasa asing, nama-nama asing, onomatope, dan istilah teknis.
  2. Bentuk: Meskipun mereka mewakili suara yang sama, penulisan karakter dalam huruf Hiragana dan Katakana berbeda. Hiragana cenderung memiliki bentuk yang lebih lengkung dan halus, sementara Katakana lebih tegas dan linear.
  3. Penggunaan dalam Konteks: Perbedaan huruf Hiragana dan Katakana berikutnya, huruf Hiragana digunakan dalam literatur formal dan informal. Sedangkan Katakana lebih sering ditemukan dalam media, iklan, dan untuk menekankan kata atau frase tertentu.
  4. Pelajaran untuk Pemula: Biasanya, pembelajar bahasa Jepang akan memulai dengan Hiragana karena lebih umum digunakan, sementara Katakana diintegrasikan kemudian sebagai bagian dari kurikulum.

Pemahaman akan perbedaan antara huruf Hiragana dan Katakana sangat esensial dalam bahasa Jepang, Sebab, penggunaan yang salah dapat mengubah makna atau penekanan dalam kalimat.

Meskipun mungkin tampak menantang pada awalnya, dengan latihan dan dedikasi, kamu akan dapat menguasai kedua sistem penulisan ini dan menggunakan mereka dengan percaya diri dalam bahasa Jepang.

Daftar Huruf Hiragana dan Katakana

1. Daftar Huruf Hiragana

Merujuk pada sejarahnya, huruf hiragana merupakan sebuah bentuk penyederhanaan dari huruf kanji yang telah digunakan di Tiongkok sejak abad ke-5.

Di awal perkembangannya, huruf hiragana ini tidak langsung diterima oleh masyarakat Jepang. Kaum elit Jepang pada masa itu menolak untuk menggunakan huruf hiragana, dan hanya mau menggunakan huruf kanji.

Namun, karena pada masa itu kaum perempuan di Jepang tidak diperkenankan untuk mempelajari huruf kanji, maka mereka beralih untuk mempelajari huruf hiragana. Ini menjadikan huruf hiragana semakin diterima dan digunakan dalam masyarakat, khususnya di kalangan perempuan.

Berikut adalah daftar huruf Hiragana beserta pelafalannya:

HiraganaPelafalanHiraganaPelafalan
AZe
IZo
OじゃJa
EじゅJu
OじょJo
KaDa
Ki(ji)
TaびゅByu
ChiびょByo
Tsupa
Teぴゃpya
ToShi
ちゃChaSu
ちゅChuSe
ちょChoSo
NaしゃSha
NiしゅShu
NuしょSho
neHi
NoYu
にゃNyaYo
にゅNyuRa
にょnyoTi
GaRu
GiRe
GuRo
GeりゃRya
GoりゅRyu
ぎゃGyaりょRyo
ぎゅGyuWa
ぎょGyoWi
ZaWe
BeWo
BoN
びゃbya(zu)
poDe
ぴょpyoMa
KuMi
KeMu
KoMe
きゃKyaMo
きゅKyuみゃMya
きょKyoみゅMyu
SaみょMyo
Haya
HuJi
HeZu
HoひゅHyu
ひゃHyaひょHyo

2. Daftar Huruf Katakana

Set lengkap katakana terdiri dari 51 karakter, yang tidak mencakup tanda fungsional dan diakritik. Ada lima vokal tunggal dan 45 kombinasi dari berbagai konsonan dengan vokal. Dari sembilan konsonan tersebut, masing-masing dikombinasikan dengan lima vokal yang ada. Berikut adalah beberapa contoh huruf katakana:

KatakanaPelafalanKatakanaPelafalan
ABi
IBu
UBe
EBo
OビャBya
KaビュByu
KiNa
KuNi
KeNu
KoNe
キャKyaNo
キュKyuニャNya
キョKyoニュNyu
SaニョNyo
ShiHa
SuHi
SeFu
SoHe
シャShaHo
シュShuヒャHya
ショShoヒュHyu
TaヒョHyo
chima
GaジュJu
GiジョJo
GuDa
GeJi
GoZu
ギャGyaDe
ギュGyuDo
ギョGyoBa
ZaBi
JiBu
ZuBe
ZeBo
ZoビャBya
ジャJaビュByu
TsuMi
TeMu
ToMe
チャChaMo
チュChuミャMya
チョChoMi
NaMu
NiMe
NuMo
NeミャMya
NoミュMyu
ニャNyaミョMyo
ニュNyuYa
ニョNyoYu
HaYo
HiRa
FuRi
HeRu
HoRe
ヒャHyaRo
ヒュHyuリャRya
ヒョHyoリュTyu
maリョRyo
ジュJuWa
ジョJoWi
DaWe
JiWo
Zun
DeビョByo
DoPa
BaPi
  Pu
  Pe
  Po
  ピャPya
  ピュPyu
  ピョpyo

Baca Juga: Percakapan Bahasa Jepang dengan Berbagai Tema untuk Latihan

Kursus Bahasa Jepang, Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Kenali lebih dekat profil Tutor Bahasa Jepang.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar via WhatsApp sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.