3 Jenis dan Fungsi Rak Tabung Reaksi Serta Kiat Penggunaannya

Fungsi Rak Tabung Reaksi

Kursus Bahasa Inggris – Dalam dunia laboratorium, perangkat yang efisien dan tepat sangat diperlukan. Fungsi rak tabung reaksi tidak bisa diabaikan. 

Rak tabung reaksi adalah perangkat esensial yang memastikan bahwa tabung reaksi memiliki dukungan. Dengan fungsi rak tabung reaksi, maka mampu mencegah cairan di dalamnya tumpah. 

Seperti diketahui, kualitas dan ketersediaan perangkat laboratorium sangat mempengaruhi akurasi hasil penelitian kimia. Jadi, yuk pelajari lebih lanjut terkait fungsi tabung reaksi, jenis, dan kiat penggunaannya. 

Apa Itu Tabung Reaksi? 

Dalam laboratorium, beragam perangkat digunakan untuk mendukung serangkaian kegiatan penelitian dan eksperimen. Salah satu perangkat yang seringkali terlihat tapi mungkin kurang mendapatkan perhatian adalah rak tabung reaksi. 

Namun, jika ditelisik lebih lanjut, peran serta kegunaannya dalam laboratorium sangat krusial. Rak tabung reaksi adalah alat atau wadah yang dirancang khusus untuk menyimpan tabung reaksi. 

Fungsi rak tabung reaksi yang paling utama adalah memberikan dukungan pada tabung reaksi, memungkinkan mereka berdiri tegak dan teratur. Hal ini mempermudah saat pengamatan serta mencegah tabung dari risiko tumpah atau pecah.

Bentuk dasar rak tabung reaksi umumnya memiliki sejumlah lubang atau slot yang diperuntukkan bagi tabung reaksi untuk berdiri. Lubang-lubang ini seringkali memiliki diameter yang berbeda untuk menyesuaikan dengan ukuran tabung reaksi yang beragam. 

Beberapa rak tabung reaksi memiliki 6 lubang, tetapi ada juga yang dirancang dengan hingga 12 lubang atau bahkan lebih, tergantung kebutuhan fungsi rak tabung reaksi dan penggunaannya di laboratorium.

Secara umum, rak tabung reaksi memainkan peran penting dalam menjaga keorganisasian, keefisienan, serta keselamatan dalam laboratorium. Meski mungkin terlihat sederhana, keberadaannya sangat membantu dalam melancarkan berbagai kegiatan di laboratorium. 

Baca Juga: Memilih Macam-Macam Profesi Sesuai Passion, Minat, dan Bakat

Jenis-Jenis Rak Tabung Reaksi 

Dalam dunia laboratorium, efisiensi dan kepraktisan menjadi kunci sukses dalam melakukan berbagai jenis eksperimen. Salah satu alat yang mendukung hal tersebut adalah rak tabung reaksi. 

Rak ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan tabung reaksi, namun juga sebagai penunjang keberhasilan eksperimen. Untuk memahami lebih lanjut, mari kita telaah berbagai jenis rak tabung reaksi yang ada di pasaran.

1. Rak Tabung Reaksi Kayu

Rak ini terbuat dari kayu alami, memberikan kesan klasik dan alami pada laboratorium. Umumnya, rak jenis ini dirancang dengan lubang-lubang yang sudah dipoles dengan baik agar permukaannya halus.

Kelebihan: 

  •       Harga yang terjangkau
  •       Ringan dan mudah dipindahkan
  •       Tidak bereaksi dengan bahan kimia

  Kekurangan: 

  •       Rentan terhadap serangan jamur atau rayap
  •       Harus ditempatkan di area kering untuk meminimalisir kerusakan

2. Rak Tabung Bahan Logam

Rak ini terbuat dari logam yang biasanya dilapisi dengan krom atau material lain agar lebih tahan lama. Biasanya memiliki kilauan khas logam yang memberikan tampilan profesional.

Kelebihan: 

  • Tahan lama dan tidak mudah berkarat
  • Dapat menahan beban lebih berat
  • Mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Lebih berat dibanding rak lainnya
  • Harga relatif lebih mahal
  • Beberapa logam bisa bereaksi dengan bahan kimia tertentu

3. Rak Tabung Bahan Plastik

Terbuat dari plastik berkualitas tinggi, rak jenis ini biasanya lebih ringan dan tersedia dalam berbagai warna.

Kelebihan:

  • Harga yang sangat terjangkau
  • Ringan dan mudah dibongkar pasang
  • Tidak gampang pecah dan tahan terhadap benturan ringan

Kekurangan:

  • Kurang kokoh jika dibandingkan dengan rak logam atau kayu
  • Rentan terhadap suhu tinggi dan bisa deformasi

Pemilihan rak tabung reaksi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan laboratorium, anggaran, dan jenis eksperimen yang akan dilakukan. Dengan demikian, kamu tidak hanya mendapatkan fungsi rak tabung reaksi dengan baik tetapi juga tahan lama dan aman untuk digunakan. 

Fungsi Rak Tabung Reaksi 

Seperti yang telah disebutkan, dalam setiap eksperimen laboratorium, penggunaan alat yang tepat memegang peranan krusial untuk mendapatkan hasil yang akurat. Di antara beragam peralatan laboratorium, rak tabung reaksi memiliki peran yang tak terpisahkan. 

Tetapi apa sebenarnya fungsi rak tabung reaksi ini? Berikut penjelasan lengkap terkait fungsi rak tabung reaksi yang perlu diketahui: 

  1. Penyimpanan Tabung Reaksi: Salah satu fungsi rak tabung reaksi adalah sebagai media penyimpanan. Dengan adanya rak, tabung reaksi dapat disimpan dengan rapi dan tertata, memudahkan peneliti dalam mengidentifikasi dan mengambil tabung yang diperlukan.
  2. Pengeringan Tabung Reaksi: Setelah mencuci tabung reaksi, penting untuk mengeringkannya sebelum digunakan kembali. Fungsi rak tabung reaksi memungkinkan tabung diletakkan dalam posisi terbalik sehingga air atau pelarut dapat mengalir keluar dan tabung menjadi kering sempurna.
  3. Pembatasan Kontaminasi: Dengan menggunakan rak, tabung reaksi diangkat dari permukaan meja atau lantai laboratorium. Ini membantu mencegah kontaminasi yang mungkin terjadi akibat kontak langsung.
  4. Menyediakan Keamanan saat Eksperimen: Saat melakukan eksperimen, terkadang tabung reaksi perlu dibiarkan selama beberapa waktu untuk menunggu reaksi berlangsung. Dengan adanya fungsi rak tabung reaksi ini, tabung reaksi dapat berdiri dengan aman tanpa risiko tumpah atau pecah.
  5. Efisiensi Ruang: Menggunakan rak tabung reaksi memungkinkan penataan tabung secara vertikal, sehingga memaksimalkan ruang yang tersedia di laboratorium. Hal ini sangat berguna, terutama di laboratorium dengan ruang terbatas.

Dalam kesimpulannya, rak tabung reaksi tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan biasa. Melalui berbagai fungsi rak tabung reaksi yang telah disebutkan di atas, jelas bahwa alat sederhana ini memiliki peran penting dalam mendukung kelancaran dan keberhasilan eksperimen di laboratorium. 

Kiat Menggunakan Rak Tabung Reaksi

Menggunakan rak tabung reaksi cukup mudah. Yang perlu kamu lakukan adalah menaruhnya di permukaan yang rata untuk menghindari goyangan. Selanjutnya, kamu bisa menaruh tabung reaksi ke dalam lubang yang tersedia. 

Jika tabung kosong, letakkan dengan posisi terbalik agar kamu tahu tabung itu belum diisi. Selalu pastikan untuk memilih tempat yang aman dan datar saat menyimpan tabung reaksi. 

Baca Juga: 30 Kata Sifat dalam Bahasa Inggris, Biasa Digunakan

Lebih Lanjut Mulai Pahami Terminologi Laboratorium dalam Bahasa Inggris Bersama Lister 

Sudah paham tentang fungsi rak tabung reaksi? Ingin meningkatkan pemahaman kamu tentang terminologi laboratorium dalam Bahasa Inggris? Atau mungkin berkeinginan untuk menjelajahi dunia penelitian di luar negeri? 

Penguasaan Bahasa Inggris adalah kuncinya. Gabunglah dengan program Kursus Bahasa Inggris di Lister! Dengan metode pembelajaran yang efektif, kamu tidak hanya akan mahir berbahasa Inggris, tetapi juga dapat memahami istilah-istilah teknis dengan lebih mudah. 

Ikuti akun Instagram Lister untuk memperoleh informasi seputar informasi menarik dan promo lainnya. Pun kamu bisa mengunjungi Facebook Page Lister

Sudah yakin daftar sekarang? Kamu bisa memakai kode promo BLOGLISTER10 supaya mendapatkan diskon sebesar 10 persen minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Segera hubungi Lister via WhatsApp untuk proses pendaftaran!

Foto utama oleh Waewkidja di Freepik.

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.