4 Tips Membaca Jam dalam Bahasa Inggris Secara Formal

jam dalam bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Meskipun sudah sering kali dipelajari di bangku sekolah, ternyata masih ada sebagian orang yang kesulitan dalam memahami cara membaca jam dalam bahasa Inggris

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang merasa kesulitan dalam memahami cara membaca waktu dalam bahasa Inggris?

Jika iya, sebaiknya perlu menyimak ulasan dari Lister mengenai waktu dan tata cara pembacaannya secara formal di artikel berikut ini.

Sekilas tentang jam dalam bahasa Inggris

Penting untuk kamu ketahui, bahwa dalam membaca jam dalam bahasa Inggris beserta gambarnya biasanya akan sering menggunakan kata bantu A.M dan P.M. Hal ini jauh berbeda dengan pembacaan jam dalam bahasa Indonesia yang sering menggunakan 24 jam. 

Adapun penggunaan kata – kata A.M dan P.M sendiri umumnya memiliki kepanjangan dan arti atau makna tersendiri yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu.

Dalam hal ini dikatakan, bahwa A.M (Ante Meridiem) merupakan kata yang sering dipakai dalam menyebutkan jam dalam bahasa Inggris di antara pukul 00.00 sampai dengan pukul 12.00 siang. 

Sementara itu, mengenai P.M (Post Meridiem) sendiri merupakan kata yang digunakan untuk menyebutkan waktu atau jam di antara pukul 12.00 siang sampai dengan 00.00 malam. 

Penggunaan A.M dan P.M dalam membaca jam 10 lewat 10 menit dalam bahasa Inggris sendiri merupakan hal yang paling mudah dan banyak digunakan oleh sebagian besar orang. Meski demikian, ada beberapa cara lain yang juga sering digunakan dalam membaca jam dalam bahasa Inggris. 

Pasalnya, bagi kamu yang ingin memahaminya perlu menyimak rumus dalam penyebutan jam bahasa Inggris di ulasan berikutnya. 

Rumus penyebutan jam dalam bahasa Inggris secara formal 

Dalam bahasa Inggris, penyebutan waktu atau jam secara formal biasanya menggunakan 4 macam cara yang bisa digunakan dalam percakapan sehari – hari.

Adapun dari keempat cara pembacaan jam dalam bahasa Inggris tersebut, kamu bisa melihat penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Penggunaan o’clock 

Membaca jam secara formal dalam bahasa Inggris yang pertama, bisa kita gunakan dengan menggunakan kata o’clock. Biasanya, penggunaan kata ini sering kali digunakan jika jarum jam panjang sudah menunjukkan pada angka 12 tepat.

Bahkan di dalam bahasa Indonesia sendiri, kata o’clock juga sering dimaknai sebagai tepat dalam menunjukkan tepat pukul waktu tertentu.

Adapun mengenai cara pembacaan jam formal dengan menggunakan kata o’clock, yakni dengan mengikuti jam yang ada di depannya dan diikuti dengan o’clock. 

Sebagai contoh pembacaan jam dengan kata o’clock yakni sebagai berikut :

  • Bahasa Inggrisnya jam 6 tepat / 06.00, maka dibaca dalam bahasa Inggris yakni six o’clock. 
  • Bahasa Inggrisnya jam 4 tepat / 04.00, maka bisa dibaca dengan kata – kata four o’clock. 
  • Jam 15.00 dalam bahasa Inggris dibaca dengan kata – kata three o’clock. 

2. Penggunaan quarter past 

Yang kedua, ada cara membaca jam secara formal dalam bahasa Inggris dengan menggunakan kata quarter past. Yang mana, kata – kata ini sering kali digunakan untuk menunjukkan waktu ketika jarum jam panjang berada di angka 3 tepat.

Untuk tata cara pembacaan jam di sini sedikit berbeda dengan yang tadi, yakni dengan menggunakan kata quarter past terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan angka jam yang dimaksud.

Contoh pembacaan jam secara formal dengan kata – kata quarter past yakni sebagai berikut :

  • Cara membaca jam 07.15 dalam bahasa Inggris yakni bisa dibaca dengan kata – kata quarter past seven. 
  • Jam 9.15 dalam bahasa Inggris bisa dibaca dengan kata – kata quarter past nine. 

3. Penggunaan quarter to 

Hampir mirip dengan quarter past, untuk penggunaan kata – kata quarter to sendiri biasanya sering digunakan jika jarum panjang jam sudah menunjukkan angka 9 tepat. Dan untuk tata cara pembacaannya sendiri, dikatakan tidak jauh berbeda dengan cara membaca quarter past.  

Contoh membaca jam bahasa Inggris dengan kata – kata quarter to, yakni sebagai berikut :

  • Jam 09.45 (jam 10 kurang 15 menit), maka cara membaca dalam bahasa Inggris yang benar yakni quarter to ten atau a quarter to ten. 
  • Jam 11.45 (jam 12 kurang 15 menit), maka bisa dibaca dengan menggunakan kata – kata quarter to twelve.  

4. Penggunaan half past

Yang terakhir, ada cara membaca jam bahasa Inggris dengan menggunakan kata half past. Kata – kata ini, biasanya digunakan untuk menyebutkan jam yang mana arah panjang jarum jam sudah menunjukkan angka 6 tepat. 

Contoh cara membaca jam dengan kata – kata half past, yakni sebagai berikut :

  • Cara membaca jam 07.30 dalam bahasa Inggris, yakni half past seven karena menunjukkan waktu jam 7 lebih 30 menit. 
  • Jam 08.30 (jam 8 lebih 30 menit), maka bisa dibaca dengan kata – kata half past eight. 

Cara membaca jam dalam bahasa Inggris dengan kata – kata A.M dan P.M

Apabila tadi kita sudah membahas mengenai cara membaca jam di dalam bahasa Inggris menggunakan kata o’clock, quarter past, quarter to dan half past, maka selanjutnya kita akan membahas cara membaca jam dengan menggunakan kata A.M dan P.M. Untuk lebih paham mengenai hal ini, kamu bisa menyimak penjelasannya di bahwa ini mengenai pembacaan dan penulisan jam dalam bahasa Inggris tersebut.

A.M

Sering dipakai untuk menyebutkan waktu yang dimulai pada dini hari (00.00) sampai dengan menunjukkan angka 12 siang. Sebagai contoh di sini yakni 9.30 A.M, maka bisa dibaca dengan kata – kata nine thirty A.M atau bisa juga dengan menggunakan kata – kata half past nine A.M

P.M 

Biasanya digunakan dalam mengungkapkan jam yang menunjukkan pukul 12 siang sampai dengan jam 00.00 tengah malam. Bisa kita ambil contoh di sini yakni pada cara membaca jam dalam bahasa Inggris 10.15 P.M, maka dibaca ten fifteen P.M atau quarter past ten P.M.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.