Simak Seluk Beluk Dongeng Fabel yang Tak Banyak Orang Tahu

dongeng fabel

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Dalam kehidupan sehari – hari, kamu tentunya pernah atau bahkan sering mendengar istilah dongeng fabel, bukan?

Ya, dongeng satu ini biasanya termasuk salah satu karangan fiksi yang di dalamnya menceritakan sebuah cerita yang bersifat khayalan dan tidak benar – benar terjadi.

Sebagai langkah untuk menambah wawasan kamu mengenai cerita fabel satu ini, maka bisa menyimak penjelasan dari Lister di artikel berikut ini. 

Pengertian dongeng fabel

Di tengah banyaknya dongeng fabel bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia, kamu tentunya penasaran bukan mengenai apa itu fabel yang sering kali dijadikan sebagai cerita pengantar tidur anak – anak?

Dalam hal ini dikatakan, bahwa fabel sendiri merupakan sebuah cerita pendek yang di dalamnya berisikan dongeng fabel seputar hewan atau binatang yang memiliki pesan moral untuk kehidupan.

Biasanya, karakter – karakter yang dibuat dalam cerita fabel tersebut dapat berbicara dan bisa bertindak seperti halnya manusia pada umumnya. 

Dan yang perlu kamu ketahui mengenai cerita fabel hewan satu ini, yakni cerita ini tidak hanya dijadikan sebagai sarana hiburan saja untuk anak – anak. Akan tetapi, cerita fabel ini sendiri sering kali dijadikan sebagai media pendidikan moral untuk anak – anak.

Hal ini dikarenakan, di dalam cerita tersebut memiliki nilai luhur mengenai pengenalan tentang budi pekerti yang bisa dicontoh dalam kehidupan sehari – hari.

Ciri – ciri dongeng fabel singkat

Seperti yang sudah diulas sedikit di pembahasan sebelumnya, bahwa cerita fabel singkat sendiri biasanya sangat identik dengan tokoh – tokoh binatang yang bertindak seperti layaknya manusia.

Akan tetapi yang menjadi pertanyaan di sini adalah, apa sajakah ciri – ciri dari cerita fabel tersebut? Apabila kamu mungkin saja belum tahu dan ingin mencari tahu jawabannya, maka bisa melihat ciri – ciri cerita fabel hewan di bawah ini.

  • Tokoh di dalam cerita fabel biasanya diperankan oleh hewan / binatang.
  • Setiap tokoh binatang dalam cerita fabel, biasanya memiliki perilaku seperti layaknya manusia yang dapat berpikir dan berbicara satu sama lainnya.
  • Cerita fabel memiliki pesan moral yang bisa dijadikan bahan pembelajaran bagi para pembaca.
  • Fabel memiliki alur cerita yang sangat sederhana, namun tetap menarik.
  • Biasanya sering kali disajikan dalam bentuk fabel berbahasa Indonesia ataupun fabel bahasa Inggris pendek.

Struktur penulisan cerita fabel lengkap

Lebih lanjut jika membahas mengenai cerita fabel hewan sendiri, biasanya memiliki struktur utama berupa tokoh hewan atau binatang, penokohan dan juga adanya latar cerita di dalamnya. Agar supaya kamu lebih paham mengenai struktur penulisan dalam cerita fabel, maka perlu menyimak penjelasan yang ada di bawah ini.

1. Tokoh hewan atau binatang

Seperti halnya bentuk karangan tulisan lainnya, dalam cerita fabel sendiri biasanya memiliki tokoh binatang yang dibagi menjadi 3 jenis. Yakni ada tokoh protagonist, antagonis dan juga tritagonis yang memiliki beberapa makna di antaranya sebagai berikut.

2. Karakter protagonis

Karakter tokoh protagonist satu ini, biasanya merupakan tokoh yang paling digemari oleh para pembaca cerita. Hal ini dikarenakan, tokoh protagonis sering kali identik dengan sifat – sifat yang baik yang ada di dalam diri manusia seperti halnya baik hati, mudah memaafkan kesalahan orang lain, sering menolong dan lain – lain. 

3. Karakter antagonis

Berikutnya, ada tokoh antagonis yang sering kali digambarkan sebagai tokoh yang selalu jahat dan mengganggu serta menghambat tokoh utama dalam cerita fabel (protagonis). Kebanyakan pembaca tidak suka dengan karakter tokoh antagonis satu ini, yakni karena alasan sosok yang diperankan jahat dan memiliki watak negatif lainnya. Sebut saja seperti watak curang, kejam, sombong, angkuh dan lain sebagainya.

4. Karakter tritagonis

Dan yang terakhir, ada karakter tritagonis yang sering kali dikatakan sebagai penengah konflik cerita di antara karakter tokoh protagonis dan antagonis. Lantaran karakternya sebagai penengah, maka biasanya tokoh tritagonis ini tidak memihak sama sekali kepada salah satu ataupun kedua tokoh tersebut. 

5. Penokohan dalam cerita hewan dalam bahasa Inggris pendek maupun bahasa Indonesia

Dalam story telling fabel bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia, biasanya ada yang namanya tokoh dengan penokohan masing – masing untuk memudahkan pembaca mengenali karakter masing – masing tokoh.

Di sini dijelaskan, bahwa penokohan sendiri merupakan watak atau sifat yang dimiliki oleh setiap karakter di dalam sebuah cerita tersebut.

Langkah mudah dalam menentukan sifat atau watak tokoh di dalam cerita, biasanya kita bisa melihat dari tingkah laku ataupun dialog tokoh tersebut. Biasanya dalam cerita fabel, memiliki tokoh yang sombong, baik hati, dermawan dan lain – lain. 

6. Latar dongeng fabel hewan

Selain tokoh dan penokohan, di dalam cerita fabel bahasa Indonesia maupun cerita hewan dalam bahasa Inggris dan artinya, memiliki yang namanya latar cerita yang dibagi menjadi 3 jenis yakni latar tempat, waktu dan suasana.

Untuk lebih memahami ketiga jenis latar tersebut, kamu bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

  • Latar tempat : menggambarkan lokasi atau tempat kejadian cerita berlangsung seperti di hutan, sungai, gunung dan lain – lain.
  • Latar waktu : menjelaskan mengenai kapan waktu terjadinya cerita berlangsung seperti misalnya pada waktu pagi hari, sore hari dan malam hari.
  • Latar suasana : menjelaskan mengenai keadaan ataupun suasana yang sedang dialami para tokoh dalam cerita seperti ketakutan, cemas, tegang dan lain – lain.

Contoh dongeng fabel yang mengandung pesan moral

Jika tadi sudah kita ulas mengenai pengertian, ciri – ciri dan struktur penulisan cerita fabel, maka selanjutnya kamu perlu tahu mengenai beberapa contoh dari cerita fabel yang cukup populer di masyarakat.

Di bawah ini ada 10 contoh cerita fabel yang populer dan pastinya memiliki pesan moral untuk kehidupan sehari – hari :

  • Cerita fabel Gajah dan Semut
  • Cerita fabel Kancil yang Cerdik dan Buaya
  • Cerita fabel Bebek Buruk Rupa
  • Dongeng fabel Semut dan Belalang
  • Cerita fabel Kelinci yang Sombong dan Kura – kura
  • Cerita fabel Persahabatan Singa dan Tikus
  • Cerita fabel Dua Kambing
  • Cerita fabel Si Kancil Mencuri Timun
  • Cerita fabel Kura – kura dan Sepasang Itik
  • Dongeng fabel Tupai yang Sombong

Ada beberapa manfaat membaca dongeng fabel untuk anak-anak, di antaranya bisa mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak. 

Dongen fabel yang memuat cerita seputar dunia imajinatif dari karakter hingga latar tempat membuat anak-anak bisa mengembangkan kreativitas. 

Anak-anak belajar tentang kebaikan, persahabatan, dan hidup lebih bermasyarakat dengan mengedepankan perilaku baik. 

Baca dongeng fabel menjadi momen berharga bagi kedua orang tua. Selain itu, adanya ikatan emosional yang kuat bisa membuat anak-anak bisa tumbuh lebih baik. 

Karakter-karakter dalam dongeng fabel sering memiliki peran yang kompleks, baik sebagai pahlawan maupun antagonis. Hal ini membantu anak-anak memahami dan merasakan berbagai emosi. 

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh brgfx di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.