Memilih Macam-Macam Profesi Sesuai Passion, Minat, dan Bakat

macam-macam profesi

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak Ternyata macam-macam profesi atau pekerjaan di dunia sangat banyak. Apakah kamu sudah mengetahuinya semuanya? Jika disuruh untuk menyebutkan satu per satu tentu sangat banyak dan membutuhkan waktu tidak sedikit.

Mulai dari macam-macam profesi sehari-hari yang umum dilakukan banyak orang hingga pekerjaan yang terkesan unik, nyeleneh, dan tidak masuk akal. Seiring perkembangan dan kemajuan zaman, hal tersebut sangat mungkin terjadi. 

Oleh karenanya, kamu yang hingga sekarang belum memiliki atau memerankan profesi tertentu, tidak perlu khawatir.

Kamu bisa memilih salah satunya yang sesuai dengan passion, keinginan, minat, dan bakat. Namun sebelum memilihnya, kamu harus mengetahui terlebih dulu macam-macam profesinya. Jadi, sudah tepat kamu membaca artikel ini karena akan menginformasikannya sekarang juga.

Mengenal Macam-Macam Profesi di Seluruh Dunia

Macam-macam profesi atau pekerjaan tentu saja membutuhkan keahlian khusus dan tertentu. Keahlian yang harus dimiliki seseorang agar bisa menjalankan profesinya setiap hari dan setiap waktu dengan sebaik-baiknya. 

Dengan begitu, hasilnya juga berkualitas bagus, sesuai keinginan, serta tidak akan mengecewakan. 

Begitu banyak profesi yang ada di dunia hingga sekarang dan sudah dilakukan banyak orang. Tujuan melakukan profesi tersebut juga berbeda-beda tiap individu. Namun yang paling masuk akal, yaitu mencari pendapatan dalam bentuk uang atau barang.

Lalu, apa saja macam-macam profesi yang perlu diketahui dan bisa dijadikan inspirasi kehidupan? Berikut informasi selengkapnya yang harus kamu baca dan ketahui.

  1. Seniman, Artist.
  2. Arsitek, Architech.
  3. Atlet, Athlete.
  4. Koki/tukang masak, Chef.
  5. Dokter Gigi, Dentish.
  6. Polisi, Police.
  7. Dokter, Doctor.
  8. Pengusaha/Pebisnis, Bussinesman.
  9. Penulis, Writer.
  10. Jurnalis, Journalis.
  11. Pengacara, Lawyer.
  12. Hakim, Jugde.
  13. Guru, Teacher.
  14. Penyanyi, Singer.
  15. Politikus, Politician.
  16. Musisi, Musician.
  17. Psikolog, Psychologist.
  18. Ilmuwan, Scientist.
  19. Pilot, Pilot.
  20. Pustakawan, Librarian.
  21. Penata Rambut, Hair Stylist.
  22. Aktor, Actor.
  23. Aktris, Actress.
  24. Artis, Artist.
  25. Sutradara, Director.
  26. Perawat, Nurse.
  27. Paramedis, Paramedic.
  28. Terapis, Therapist.
  29. Wartawan, Reporter.
  30. Presiden, President.
  31. Menteri, Minister.
  32. Raja, King.
  33. Ratu, Queen.
  34. Gubernur, Governor.
  35. Akuntan, Accountant.
  36. Duta Perusahaan, Brand Ambassador.
  37. Kasir, Cashier.
  38. Peneliti, Researcher.
  39. Analis Data, Data Analyst.
  40. Penagih Hutang, Debt Collector.
  41. Keuangan, Finance.
  42. Manager, Manager.
  43. Resepsionis, Receptionist.
  44. Sekretaris, Secretary.
  45. Pengawas, Supervisor.
  46. Bendahara, Treasure.
  47. Pengecer, Retailer.
  48. Pemasaran, Marketing.
  49. Pemrograman, Programmer.
  50. Penjelajah, Explorer.
  51. Ahli Hidrologi, Hydrologist.
  52. Ahli Bahasa, Linguist.
  53. Sarjana, Scholar.

Baca juga: Kecerdasan Intrapersonal: Pengertian, Contoh, dan 5 Pekerjaan yang Cocok

Sebenarnya masih banyak lagi macam-macam profesi dengan nama berbeda. Kamu bisa mencari dan menemukannya sendiri terutama dengan browsing di dunia maya. Atau mungkin, kamu bisa membuat nama profesi sendiri.

Nama dari macam-macam profesi yang mungkin belum pernah ada orang lain menggunakan atau melakukannya. Dengan kata lain, profesinya benar-benar unik dan original. Namun demikian, profesinya harus legal, tidak melanggar hukum, serta tidak merugikan orang atau pihak lain.

Silahkan untuk memikirkan dan memperkirakan sendiri profesi seperti apa yang cocok untuk kamu geluti. Mungkin untuk sekarang belum bisa mewujudkan atau mempraktekkannya dengan alasan tertentu. Misalnya, masih sekolah, kuliah, atau yang lainnya.

Namun di kemudian hari, profesi tersebut dapat diwujudkan seperti yang dicita-citakan. Bukan hanya karena sudah sesuai dengan passion, minat, dan bakat saja, tetapi juga bisa dijadikan pekerjaan utama untuk mencari penghasilan uang.

Tidak perlu meniru profesi orang lain yang belum tentu cocok dengan minat, bakat, dan passion kamu sendiri. Lebih baik menemukan profesi yang benar-benar cocok untuk dikembangkan agar nanti dapat menghidupi kehidupanmu bersama keluarga tercinta.

Baca juga: Reward Artinya, ini Tipsnya dalam Pekerjaan dan Diri Sendiri

Macam-Macam Profesi untuk Mencari Penghasilan Hidup

Lalu, apakah kamu sudah menemukan profesi pekerjaan yang cocok sekarang? Jika belum, silahkan untuk segera mencari dan menentukannya untuk mempraktekkannya saat ini atau di kemudian hari. Jika memang masih sekolah atau kuliah, kamu bisa menyiapkan terlebih dulu segala sesuatunya.

Profesi yang sudah lama diincar dan dicita-citakan, sehingga harus tercapai suatu hari nanti. Memang terkesan ambisius, tetapi tujuannya baik karena menyangkut kesejahteraan kehidupanmu nanti bersama keluarga tercinta. Oleh karenanya, kamu harus berusaha semaksimal mungkin agar bisa menjalani profesi yang diinginkan.

Sebagai contoh, kamu bercita-cita ingin menjadi pebisnis sukses di masa depan. Namun untuk sekarang, belum bisa mewujudkannya karena masih kuliah. Oleh karenanya, kamu bisa menyiapkan keahlian dan mental dulu yang kuat menjadi seorang pengusaha. Tidak ada salahnya juga mencoba bisnis kecil-kecilan sebagai pekerjaan sampingan.

Baca juga: 8 Pekerjaan di Bidang Public Speaking, Menarik Dicoba!

Sedikit demi sedikit kamu bisa belajar dari teori, pengalaman, dan orang lain yang sudah melakoni profesi pebisnis. Dengan begitu, kamu sudah bisa menyiapkan diri menjadi pebisnis hebat di masa depan. Bahkan, bisnis kecil yang sudah kamu jalankan saat kuliah bisa diteruskan karena prospeknya bagus kedepannya.

Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar dari bisnis tersebut. Sangat mungkin bisnisnya semakin besar, sehingga lebih menguntungkan lagi. Bahkan, kamu bisa membuka lapangan pekerjaan dari bisnis tersebut. Dengan begitu, bukan hanya kamu saja yang senang, tetapi juga orang lain yang ikut membantu bisnis tersebut ikut bahagia.

Itulah bisnis yang bagus, prospektif, dan berkah. Sementara itu, kamu sudah menggapai cita-cita berprofesi sebagai pebisnis sukses. Meskipun belum terwujud sekarang, minimal kamu sudah bisa merencanakan berbagai hal yang dibutuhkan untuk mewujudkan impian tersebut.

Setelah membaca uraian panjang di atas, kamu sekalian sudah mengenal macam-macam profesi. Salah satunya bisa kamu pilih untuk dijadikan profesi utama sekarang atau nanti. Semoga berhasil.

Dunia kerja menawarkan keberagaman profesi yang mengajak setiap individu untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya. 

Perlu adanya potensi dalam diri agar bisa mendapatkan salah satu macam-macam profei yang diimpikan. Selalu semangat, berusaha, dan berdoa pada setiap profesi untuk mewujudkan pekerjaan yang terbaik. 

Dari profesi klasik hingga pekerjaan modern yang muncul seiring perkembangan teknologi, setiap sektor memiliki peran penting dalam memajukan masyarakat dan ekonomi. 

Selalu melihat perkembangan zaman seperti adanya teknologi sehingga memunculkan pekerjaan baru, seperti ahli media sosial dan analis data.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.