Fungsi, Aturan, dan Contoh Slip Gaji Karyawan

slip gaji karyawan

Lister for Company – Kamu yang ingin memperluas prospek karier harus terus mengembangkan diri. Salah satunya adalah dengan mempelajari bahasa asing.

Kamu bisa mengikuti kursus bahasa asing untuk karyawan di Lister dengan puluhan keuntungan.

Slip gaji karyawan adalah salah satu dokumen yang wajib dikeluarkan perusahaan. Tujuan utama penerbitan dokumen ini adalah sebagai bukti perusahaan membayar upah karyawan.

Selain itu, slip gaji merupakan hak karyawan. Seperti apa penjelasan fungsi dan aturan slip gaji karyawan secara lebih rinci? Seperti apa contoh slip gaji karyawan?

Apa itu Slip Gaji Karyawan?

Slip gaji merupakan bukti resmi yang menunjukkan bahwa perusahaan telah menyerahkan gaji kepada pegawainya.

Slip gaji ini biasanya mengikuti template yang sudah ada. Yang wajib dicantumkan dalam slip gaji yaitu pendapatan karyawan serta potongan-potongan yang ditetapkan perusahaan.

Apa Fungsi Slip Gaji Karyawan?

Fungsi slip gaji berlaku bagi kedua belah pihak, yakni perusahaan dan karyawan. Bagi perusahaan, slip gaji menjadi dokumentasi nominal gaji yang sudah dibayarkan perusahaan. Artinya, dokumen tersebut membuktikan gaji sebagai salah satu hak karyawan telah dibayarkan.

Sementara itu bagi karyawan, slip gaji menjadi bukti rincian kejelasan gaji. Sebab di dalamnya juga tertera informasi potongan pajak, seperti Pajak Penghasilan.

Slip gaji juga dibutuhkan jika karyawan hendak mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), kredit tanpa agunan, maupun kredit kendaraan.

Umumnya saat karyawan melamar pekerjaan, slip gaji di perusahaan lama akan diminta pihak HR sebagai pertimbangan negosiasi gaji.

Aturan Slip Gaji Karyawan

Dalam penerbitan slip gaji, perusahaan harus mengikuti regulasi yang berlaku, yakni Peraturan Pemerintah Pengupahan

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, disebutkan “Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima oleh pekerja/buruh pada saat upah dibayarkan.”

Unsur-unsur yang harus tercantum dalam slip gaji karyawan diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003. Berikut bunyinya.

Hak pekerja atau buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja atau buruh/buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan.

Baca Juga: Employee Value Proposition: Taktik Merekrut Staf Terbaik

Format Slip Gaji Karyawan Swasta dan Toko

Format slip gaji memegang peranan penting dalam lingkungan kerja, baik bagi slip gaji swasta atau toko. 

Slip gaji adalah dokumen yang merinci informasi penting terkait pendapatan karyawan atau staf, termasuk gaji pokok, tunjangan, potongan, dan jumlah total yang diterima karyawan pada setiap periode pembayaran. 

Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang format slip gaji di kedua konteks ini menjadi esensial untuk memastikan keterbukaan, akurasi, dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.

Berikut adalah beberapa komponen yang umumnya ada dalam format slip gaji sederhana untuk karyawan swasta dan toko, 

Identitas Karyawan

Umumnya, berikan tentang informasi seputar nama lengkap, nomor identifikasi karyawan, posisi atau jabatan, dan departemen atau divisi tempat karyawan bekerja.

Gaji Pokok

Jumlah pendapatan tetap yang diterima karyawan sebelum potongan lainnya mengacu pada bagian dari gaji karyawan. 

Hal ini merupakan jumlah dasar yang dijanjikan oleh perusahaan atau toko kepada karyawan sebagai imbalan atas pekerjaan yang mereka lakukan. 

Pendapatan Tambahan dan Potongan 

Rincian potongan dari gaji karyawan merujuk pada komponen tertentu yang dikurangkan dari gaji karyawan setelah jumlah pendapatan tetap atau gaji pokok dihitung. 

Potongan ini memiliki peran penting dalam perhitungan pendapatan bersih yang akhirnya diterima oleh karyawan. 

Rincian Pajak

Rincian perhitungan pajak penghasilan yang dikenakan pada gaji karyawan adalah informasi yang menjelaskan bagaimana jumlah pajak penghasilan dihitung berdasarkan pendapatan yang diterima oleh seorang karyawan. 

Pajak penghasilan adalah pajak yang dikenakan oleh pemerintah atas penghasilan yang diterima oleh individu atau badan usaha.

Total Pendapatan Bersih

Jumlah total yang diterima oleh karyawan setelah mempertimbangkan semua komponen pendapatan dan potongan disebut sebagai “pendapatan bersih” atau “pendapatan neto.” 

Ini adalah jumlah yang sesungguhnya akan diterima oleh karyawan setelah semua komponen penghasilan (seperti gaji pokok, tunjangan, dan bonus) serta potongan (seperti pajak penghasilan, iuran pensiun, dan potongan lainnya) dihitung dan dikurangkan.

Contoh Slip Gaji Karyawan

Di bagian atas, tertera informasi perusahaan yang terdiri dari nama, logo, alamat, serta nomor telepon.

Selanjutnya tertera data pribadi karyawan yang terdiri dari nama, nomor induk, jabatan, nomor NPWP, sampai keterangan rekening karyawan.

Berikut ini sejumlah keterangan yang harus masuk dalam slip gaji.

a. Gaji pokok

b. Tunjangan (transportasi, komunikasi, makan, dan lain-lain)

c. Pemotongan premi asuransi atau BPJS

d. Bonus serta THR

e. Uang lembur

f. Keterangan lainnya sesuai kebijakan perusahaan.

Selain itu, tertera pula periode pembayaran gaji. Hal ini perlu dicantumkan sebab nominal gaji tiap bulan bisa berbeda dengan bulan lain.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Lister for Company di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Selain itu, Lister juga menawarkan kelas atau program khusus untuk instansi atau korporasi dengan harga khusus. Bergabunglah dengan puluhan perusahaan besar dalam mengembangkan potensi para karyawan dalam mengenali bahasa asing bersama Lister.

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.