Dialek adalah Bagian dari Bahasa, ini Cara Mengenalinya

dialek adalah

Program Lister – Di Indonesia, sering terdengar tutur bahasa yang berbeda dari daerah tertentu meskipun menggunakan bahasa yang sama. Penggunaan bahasa yang berbeda ini disebut dengan dialek. Dialek adalah salah satu keunikan yang dapat ditemukan dalam berbagai budaya daerah dan kelompok.

Apa itu Dialek? 

Dialek adalah percabangan dari bahasa yang umumnya terbentuk di wilayah, daerah, atau kelompok tertentu.

Dialek dapat dibedakan dari segi fonologi, ejaan, kosakata, peribahasa, pelafalan, morfologi, sintaksis, dan penggunaan bahasa. Beberapa dialek yang dapat ditemukan di Indonesia antara lain dialek bahasa Jawa Yogyakarta, dialek bahasa Jawa Surabaya, dialek bahasa Batak Karo, dialek bahasa Batak Toba, dan masih banyak lagi.

Faktor Penyebab Munculnya Dialek

Munculnya dialek pada seseorang atau kelompok di wilayah tertentu dapat terjadi karena beberapa faktor.

Perkembangan penggunaan bahasa daerah

Dalam suatu wilayah, sering muncul kelompok atau penutur berbeda yang tinggal hingga menetap di suatu wilayah. Hal ini mendorong timbulnya perbedaan jenis bahasa sehingga membentuk dialek.

Perbedaan geografis, kelas sosial, hingga lingkungan sosial

Dalam setiap daerah atau wilayah terdapat bahasa ibu yang telah dikuasai dari lahir. Walaupun begitu, penerapannya dapat dipengaruhi oleh lingkungan, baik dalam situasi formal maupun informal.

Dialek vs Aksen

Walaupun sering disamakan, ternyata dialek dan aksen adalah dua hal yang berbeda. Persamaannya adalah keduanya muncul dalam pemakaian bahasa.

Dialek terlihat dalam variasi kosakata yang digunakan dan metode berkomunikasi secara langsung. Sementara itu aksen adalah perbedaan pelafalan bahasa pada wilayah tertentu. Dalam penggunaan bahasa, perbedaan dialek lebih signifikan daripada aksen.

Ingin tahu pengertian aksen? Simak ulasannya dalam artikel Aksen adalah Ciri Khas Seseorang, Apa Pengertiannya?

Contoh Penggunaan Dialek vs Aksen

Untuk dapat membedakan dialek dan aksen dapat dilihat dari penggunaannya.

  • Dialek

Bagi orang Amerika bagian utara, sapaan halo diucapkan dengan “Hello.” Sementara itu, orang Amerika bagian selatan menggunakan kata “Howdy.”

  • Aksen

Bagi orang Amerika, kata “hello” diucapkan dengan membunyikan huruf “h”. Sementara itu bagi orang Inggris, kata “hello” diucapkan tanpa membunyikan huruf “h”.

Contoh dialek lainnya bisa ditemukan dalam bahasa Korea. Baca ulasannya pada artikel 6 Jenis Satoori (Dialek) Korea: Ciri-Ciri dan Contohnya.

Kesimpulannya, dialek mempunyai cakupan lebih luas dibandingkan aksen. Sebagian besar dialek umumnya meliputi aksen tertentu, akan tetapi perbedaannya tidak hanya terkait pelafalan.

Dialek vs Bahasa

Menurut Merriam-Webster, bahasa adalah kata, pengucapan, dan gabungan keduanya yang dipahami dan digunakan dalam masyarakat, kelompok atau komunitas. Sementara itu dialek didefinisikan sebagai unsur bahasa yang merupakan bagian dari bahasa itu sendiri.

Sebagai contoh, orang Madrid dan orang Peru menggunakan bahasa yang sama, yakni bahasa Spanyol. Akan tetapi, mereka memiliki perbedaan dialek, yakni dalam pelafalan dan variasi kosakata.

Cakupan bahasa lebih luas dibandingkan dialek yang lebih spesifik dan bersifat regional. Bahasa umumnya dipakai secara formal dan memiliki definisi yang dapat dijelaskan, sedangkan biasanya penggunaan dialek lebih longgar dan informal.

Ingin Belajar Bahasa Asing? Semua Ada di Program Lister!

Kamu akan menemukan kursus bahasa yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Devi Marietta Siregar
Devi Marietta Siregar
aktif menulis tentang perjalanan tak biasa di Korea dan menulis untuk dampak positif

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.