Pengertian dan Contoh Teks Tanggapan dalam Bahasa Inggris

teks tanggapan dalam bahasa inggris

Kursus Bahasa Inggris untuk Remaja – Dalam sebuah forum resmi atau tidak resmi, kamu tentu dapat memberi tanggapan balik atas hal yang disampaikan seorang pembicara atau penulis.

Jika disampaikan secara tertulis, tanggapan ini disebut teks tanggapan atau dalam bahasa Inggris response text.

Tanggapan tersebut dapat berupa kritik atau pujian. Berikut penjelasan lebih lengkapnya, seputar contoh teks tanggapan dalam bahasa Inggris.

Apa itu Teks Tanggapan?

Teks tanggapan adalah gaya penulisan di mana kamu membagikan reaksimu atas suatu hal. Penulisan teks ini menjadi kesempatan untukmu mencurahkan bagaimana perasaanmu akan suatu hal.

Teks tanggapan dapat juga disebut tanggapan pembaca. Contoh teks tanggapan yaitu tanggapan atas buku yang kamu baca, film yang kamu tonton, gim yang kamu mainkan, bahkan kebijakan pemerintah yang memengaruhi kamu atau lingkungan di sekitar kamu.

Ketika menuliskan tanggapan, sebaiknya kamu memasukkan poin-poin berikut.

a. Apa yang kamu rasakan tentang hal yang kamu baca/lihat/dengar?

b. Apa yang membuatmu setuju atau tidak setuju?

c. Bisakah kamu mengidentifikasi situasinya?

d. Bagaimana cara terbaik untuk mengevaluasinya?

Struktur Teks Tanggapan

Pembukaan

Teks tanggapan adalah bentuk tulisan yang biasanya berisi pendapat, analisis, atau tanggapan pribadi terhadap suatu topik, seperti buku, film, artikel, atau peristiwa tertentu.

Teks ini memiliki struktur khusus yang memungkinkan penulis untuk menyampaikan pandangannya dengan jelas kepada pembaca. Bagian pembuka teks tanggapan memiliki peran penting dalam menarik perhatian pembaca dan memberikan gambaran umum tentang hal yang akan dibahas dalam teks.

Informasi umum yang dimaksud adalah ringkasan singkat tentang subjek yang ditanggapi.

Misalnya, jika teks tanggapan berkaitan dengan buku, bagian pembuka dapat memberikan informasi singkat tentang judul buku, pengarangnya, dan genre atau tema utama.

Hal ini membantu pembaca untuk memiliki gambaran awal tentang apa yang akan dibahas dalam teks tanggapan.

Selain itu, bagian pembuka juga bisa berisi pernyataan umum atau pertanyaan retorika yang bertujuan untuk memancing minat pembaca.

Pernyataan ini bisa mengaitkan topik yang akan dibahas dengan pengalaman atau pandangan umum yang mungkin dimiliki oleh banyak orang. Dengan begitu, pembaca akan merasa tertarik untuk terus membaca teks tanggapan secara keseluruhan.

Pentingnya bagian pembuka dalam teks tanggapan adalah untuk memberikan konteks, merangkul perhatian pembaca, dan menjelaskan tentang subjek yang ditanggapi.

Dengan begitu, para pembaca akan lebih siap untuk menerima dan memahami pandangan serta analisis yang akan diuraikan oleh penulis dalam teks selanjutnya.

Baca juga: Yuk Selangkah Lebih Paham Teks Deskriptif dalam Bahasa Inggris

Isi

Ekspresikan opinimu atas topik yang dibicarakan di bagian ini. Pastikan untuk menyertakan bukti yang menguatkan opinimu.

Sebagai contoh dari teks tanggapan pada sebuah film, jika teks tanggapan membahas tentang film, penulis dapat mengungkapkan apakah ia menyukai atau tidak menyukai film tersebut.

Pendapat ini harus didukung oleh alasan-alasan yang konkret, seperti karakterisasi yang kuat, alur cerita yang menarik, atau pesan moral yang disampaikan oleh film tersebut.

Penulis juga dapat memasukkan kutipan atau contoh konkret dari film untuk mendukung pendapatnya.

Namun, di sisi lain tidak hanya berisi pendapat subjektif, tetapi juga didukung oleh analisis yang mendalam dan bukti yang kuat.

Oleh karena itu, penulis harus melakukan riset atau mengacu pada fakta-fakta yang relevan untuk memperkuat pendapatnya.

Penggunaan kutipan, statistik, atau contoh-contoh nyata dapat memberikan bobot lebih pada argumen yang disampaikan.

Kesimpulan

Simpulkan dan rangkum apa saja yang sudah kamu bicarakan. Bukan tidak mungkin kamu mengulang pembukaan, tetapi usahakan untuk melakukan parafrase agar berbeda.

Membuat kesimpulan yang kuat dalam teks tanggapan sangat penting karena ini adalah bagian terakhir yang akan dikenang oleh pembaca. 

Kesimpulan harus merangkum inti dari tanggapan Anda, memberikan pandangan akhir yang kuat, dan memberikan kesan yang tuntas. 

Seperti, kesimpulan pada teks tanggapan seharusnya singkat dan padat. Hindari membuka topik baru atau menambahkan informasi yang belum pernah disinggung sebelumnya. 

Jangan lupa memberikan renungan atau refleksi singkat mengenai apa yang telah sudah kamu dapatkan dari teks tanggapan.

Pastikan kesimpulan yang kamu buat atau punya mengandung makna dan memberikan pesan akhir yang relevan. 

Kamu bisa menekankan dampak apa yang dibahas dari sebuah teks tanggapan tersebut.

Baca uga: Pengertian dan Contoh Teks Tanggapan dalam Bahasa Inggris

Contoh Teks Tanggapan

Berikut ini contoh teks tanggapan dalam bahasa Inggris.

A protagonist has to be round and dynamic, because being round allows it way for the reader to connect with the protagonist and dynamic allows them to change and grow over the course of the story.

In the The Martian, Mark is shown to be round due to being left on Mars when his fellow crew members escaped during the evacuation. He is round because he is mad at them for leaving bur understands the left due to believing he was dead.

Mark is dynamic in the novel as he gains hope from the ability to grow potatoes and retrieve the Pathfinder rover. This shows Mark being dynamic since he started out the novel with little hope of surviving on Mars. The triumphs of being able to grow food and communicate with Earth changed his outlook on surviving nad making it home.

A protagonist has to be round and dynamic because without Mark showing multiple emotions over being left on Mars and his gaining of hope, the readers would not have been invested in his survival.

Contoh teks tanggapan dalam bahasa Indonesia

Tokoh protagonis haruslah bulat dan dinamis, karena dengan menjadi bulat, pembaca dapat terhubung dengan tokoh protagonis, dan dinamis memungkinkan mereka untuk berubah dan bertumbuh sepanjang cerita.

Dalam film The Martian, Mark diperlihatkan sebagai sosok yang bulat karena ditinggalkan di Mars saat anggota kru lainnya melarikan diri selama evakuasi. Dia menjadi bulat karena dia marah kepada mereka karena meninggalkannya dan memahami yang ditinggalkan karena percaya bahwa dia sudah mati.

Mark dinamis dalam novel ini karena dia mendapatkan harapan dari kemampuannya untuk menanam kentang dan mengambil rover Pathfinder. Hal ini menunjukkan bahwa Mark menjadi dinamis karena dia memulai novel dengan sedikit harapan untuk bertahan hidup di Mars. Kemenangan karena dapat menanam makanan dan berkomunikasi dengan Bumi mengubah pandangannya untuk bertahan hidup dan kembali ke rumah.

Seorang protagonis haruslah bulat dan dinamis karena tanpa Mark yang menunjukkan berbagai emosi karena ditinggalkan di Mars dan mendapatkan harapan, para pembaca tidak akan tertarik pada kelangsungan hidupnya.

Baca juga: Panduan Menulis Iklan dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.