14 Contoh Kalimat Simple Present Tense, Lengkap dengan Terjemahannya

contoh kalimat simple present tense

Kursus Bahasa InggrisApakah kamu sedang mencari contoh kalimat Simple Present Tense? Jangan khawatir, kamu bisa belajar mengenal lebih dalam seputar kalimat Simple Present Tense lengkap dengan contoh dan terjemahannya. 

Apa Itu Simple Present Tense? 

Sebelum menjelajah contoh kalimat Simple Present Tense, ada baiknya kamu memahami apa itu Simple Present Tense. 

Simple Present Tense adalah bentuk waktu (tense) dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan kegiatan, fakta, atau kebiasaan yang terjadi secara rutin atau berulang pada masa sekarang. 

Dalam Simple Present Tense, kita menggunakan kata kerja (verb) dalam bentuk dasar (bare infinitive) tanpa ada perubahan yang tergantung pada subjek atau waktu. 

Bentuk kalimat dalam Simple Present Tense tidak terpengaruh oleh waktu yang terkait, artinya kejadian tersebut terjadi baik pada saat ini, masa depan, maupun secara umum.

Struktur Kalimat Simple Present Tense 

Struktur kalimat dalam Simple Present Tense cukup sederhana. Biasanya terdiri dari subjek, kata kerja (verb) dalam bentuk dasar (bare infinitive), dan tambahan informasi seperti objek atau keterangan waktu. 

Dengan memahami struktur kalimat dalam Simple Present Tense, kita dapat dengan mudah membentuk kalimat-kalimat yang benar dan tepat untuk mengungkapkan kegiatan, fakta, atau kebiasaan pada masa sekarang.

Berikut adalah beberapa contoh struktur kalimat dalam Simple Present Tense:

1. Kalimat Positif (Affirmative

Subjek + Kata Kerja + Objek

Contoh: I eat rice every morning (Saya makan nasi setiap pagi) 

2. Kalimat Negatif (Negative) 

Subjek + Do/Does + Not + Kata Kerja + Objek 

Contoh: They don’t like to eat vegetables (Mereka tidak suka makan sayuran) 

3. Kalimat Tanya (Interrogative) 

(Kata Tanya) + Do/Does + Subjek + Kata Kerja + Objek 

Contoh: Do you like music? (Apakah kamu menyukai musik?) 

BACA JUGA: Cara Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris di Berbagai Situasi, Lengkap!

14 Contoh Kalimat Simple Present Tense Beserta Terjemahannya 

Nah, berikut ini adalah contoh kalimat dalam simple present tense beserta dengan terjemahannya dan struktur dalam bentuk afirmatif (+), negatif (-), dan interogatif (?): 

Afirmatif (+) Negatif (-) Interogatif (?) 
She reads a book every night (Dia membaca buku setiap malam) She doesn’t read a book every night (Dia tidak membaca buku setiap malam) Does she read a book every night? (Apakah dia membaca buku setiap malam?)
I play the guitar (Saya memainkan gitar) I don’t play the guitar (Saya tidak memainkan gitar) Do I play the guitar (Apakah saya memainkan gitar?)
You love eating ice cream (Kamu suka makan es krim) You don’t love eating ice cream (Kamu tidak suka makan es krim) Do you love eating ice cream? (Apakah kamu suka makan es krim?)
We walk to school every day (Kami berjalan ke sekolah setiap hari) We don’t walk to school every day (Kami tidak berjalan ke sekolah setiap hari) Do we walk to school every day? (Apakah kami berjalan ke sekolah setiap hari?)
He cooks dinner for his family (Dia memasak makan malam untuk keluarganya) He doesn’t cook dinner for his family (Dia tidak memasak makan malam untuk keluarganya) Does he cook dinner for his family? (Apakah dia memasak makan malam untuk keluarganya?)
They study English twice a week (Mereka belajar bahasa Inggris dua kali seminggu) They don’t study English twice a week (Mereka tidak belajar bahasa Inggris dua kali seminggu) Do they study English twice a week? (Apakah mereka belajar bahasa Inggris dua kali seminggu?) 
She watches TV in the evening (Dia menonton TV di malam hari) She doesn’t watch TV in the evening (Dia tidak menonton TV di malam hari) Does she watch TV in the evening? (Apakah dia menonton TV di malam hari?)
I drink coffee in the morning (Saya minum kopi di pagi hari) I don’t drink coffee in the morning (Saya tidak minum kopi di pagi hari) Do I drink coffee in the morning? (Apakah saya minum kopi di pagi hari?)
You go to the gym on Sundays (Kamu pergi ke gym pada hari Minggu) You don’t go to the gym on Sundays (Kamu tidak pergi ke gym pada hari Minggu) Do you go to the gym on Sundays? (Apakah kamu pergi ke gym pada hari Minggu?)
We enjoy playing soccer (Kami menikmati bermain sepak bola)We don’t enjoy playing soccer (Kami tidak menikmati bermain sepak bola)Do we enjoy playing soccer? (Apakah kami menikmati bermain sepak bola?) 
She sleeps at 10 p.m (Dia tidur di jam 10 malam) She doesn’t sleep at 10 p.m (Dia tidak tidur di jam 10 malam) Does she sleep at 10 p.m.? (Apakah dia tidur di jam 10 malam?) 
You do your homework everyday (Kamu mengerjakan tugas setiap hari) You don’t do your homework everyday (Kamu tidak mengerjakan tugas setiap hari) Do you do your homework every day? (Apakah kamu mengerjakan tugas setiap hari?) 
He always has lunch in the canteen (Dia selalu makan siang di kantin) He doesn’t always have lunch in the canteen (Dia tidak selalu makan siang di kantin) Apakah dia selalu makan siang di kantin? (Does he always have lunch in the canteen?
They go to the cinema every weekend (Mereka pergi ke bioskop setiap akhir pekan)  They don’t go to the cinema every weekend (Mereka tidak pergi ke bioskop setiap akhir pekan) Do they go to the cinema every weekend? (Apakah mereka pergi ke bioskop setiap akhir pekan?) 

BACA JUGA: Beda Road dan Street dalam Bahasa Inggris, Ketahui Biar Tidak Salah Pakai

Wujudkan Mimpi Mahir Bahasa Inggris dengan Lister 

Bergabung bersama Lister, belajar bahasa Inggris dengan cara yang efektif dan menarik. Tunggu apalagi, daftar ke Lister sekarang atau jika masih ragu pelajari lebih lanjut program kursus bahasa Inggris di Lister. 

Ikuti akun Instagram Lister untuk memperoleh informasi seputar informasi menarik dan promo lainnya. Pun kamu bisa mengunjungi Facebook Page Lister

Sudah yakin daftar sekarang? Kamu bisa memakai kode promo BLOGLISTER10 supaya mendapatkan diskon sebesar 10 persen minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Segera hubungi Lister via WhatsApp untuk proses pendaftaran! 

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.