Cara Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris di Berbagai Situasi, Lengkap!

perkenalan diri bahasa inggris

Kursus Speaking English – Dalam berkomunikasi, seringkali perkenalan dalam bahasa Inggris menjadi bagian dari awal pembicaraan. Bagaimana cara untuk memperkenalkan diri dengan baik dalam berbahasa Inggris untuk pemula?

Kosakata Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Saat berinteraksi dengan orang lain di lingkungan yang baru, maka perkenalan diri menjadi sesuatu hal yang umum dilakukan. Perkenalan diri tak hanya sebatas menjelaskan nama, usia, atau asal saja. Berikut ini kosakata bahasa Inggris dalam perkenalan diri  yang dapat digunakan.

KosakataArti
IntroduceMemperkenalkan
Self introductionPerkenalan diri
NameNama
AgeUsia
NicknameNama panggilan
Full nameNama lengkap
My background isLatar belakang saya adalah
20 years old20 tahun
My occupation is …Pekerjaan saya adalah
I came from …Saya berasal dari …
My hobby is …Hobi saya adalah …
I was born inSaya lahir di …
Address Alamat
I live in …Saya tinggal di …
My favorite ..Favorit saya ..
I have ..Saya memiliki ..
I like …Saya menyukai …
Nice to meet you.Senang bertemu denganmu.
Glad to see you.Senang bertemu denganmu.

Contoh Perkenalan diri di Berbagai Situasi

Dalam melakukan perkenalan diri, perlu dipertimbangkan tempat dan situasi yang dihadapi. Ada beberapa situasi yang memerlukan perkenalan secara formal, adapula yang informal. 

Simak cara memperkenalkan diri  dalam bahasa Inggris di berbagai situasi berikut ini.

1. Perkenalan diri di kelas

Saat di dalam sebuah kelas, perkenalan diri umumnya dilakukan secara formal atau resmi. Hal-hal yang dapat disampaikan antara lain:

  • Menyebutkan nama lengkap.
  • Menjelaskan asal atau area tempat tinggal.
  • Membagikan hal menarik tentang diri sendiri, misalnya hobi, hal yang disukai, atau minat.

Berikut contoh cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di dalam kelas.

Contoh Perkenalan Diri dalam KelasArti
Hey, I’m Matteus but people here call me Matt. I grew up in Argentina and lived there most of my life before moving to the United States. I speak Italian, Spanish, and English. I love gaming, and I stream on Twitch almost every day. I’ve always wanted to improve my English so now that I have the time, I’ve finally signed up for classes online.Hai, saya Matteus tetapi kalian dapat  memanggil saya Matt. Saya dibesarkan di Argentina dan tinggal di sana hampir sepanjang hidup saya sebelum pindah ke Amerika Serikat. Saya dapat berbicara bahasa Italia, Spanyol, dan Inggris. Saya suka bermain game, dan streaming di Twitch hampir setiap hari. Saya selalu ingin meningkatkan bahasa Inggris maka ketika saya memiliki waktu, saya mendaftar kelas online.
My name’s Lucy and I’m from Spain. I was born in the south of Spain but I live in Barcelona. I work as a translator, and I don’t have much time for hobbies these days. But in the future, I’d like to try yoga. I’m taking this class because I want to improve my speaking in English.Nama saya Lucy dan saya berasal dari Spanyol. Saya lahir di selatan Spanyol tetapi saya tinggal di Barcelona. Saya bekerja sebagai penerjemah dan saya tidak mempunyai banyak waktu untuk hobi akhir-akhir ini. Tetapi di masa depan, saya ingin mencoba yoga. Saya mengambil kelas ini karena ingin meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.

2. Perkenalan diri di rapat

Dalam rapat, perkenalan diri dapat dilakukan dengan singkat dan padat. Beberapa yang perlu diperhatikan antara lain.

  • Memberikan salam.
  • Menyesuaikan akan tujuan dari rapat.
  • Memberikan penjelasan mengenai kontribusi yang akan dilakukan.
  • Memperhatikan budaya, konteks, atau kebiasaan dalam rapat. Rapat di perusahaan atau organisasi cenderung formal dan konservatif, tetapi adapula perusahaan yang santai dan kasual.
Contoh Perkenalan Diri dalam RapatArti
Good morning everyone! I’m Diana from product development and today I’m excited to share with you that the mobile version of our product will be available as of Tuesday. Today, I’d like to give a quick demo of the new functionalities.Selamat pagi semuanya! Saya Diana dari pengembangan produk dan hari ini dengan senang hati saya berbagi dengan kalian bahwa versi seluler untuk produk kami akan tersedia mulai hari Selasa. Hari ini, saya ingin memberikan demo singkat tentang fungsi baru.

3. Perkenalan diri di situasi informal

Situasi informal dapat diartikan sebagai situasi aatau keadaan tidak resmi. Oleh karena itu, perkenalan diri dalam bahasa Inggris dapat dilakukan dengan santai. Biasanya dilakukan saat bertemu dengan rekan kerja, teman baru, atau tetangga baru.

Berikut ini contoh cara memperkenalkan diri dalam situasi informal.

Contoh Perkenalan Diri dalam Situasi Informal Arti
Morning! I don’t think we’ve met before, I’m Aryan.Pagi! Saya rasa kita pernah bertemu sebelumnya, saya Arya.
Hey there! I’m Surya. I’m newI just moved to the building a couple of days ago. Have you lived here for long?Hai! Saya Surya. Saya baru — saya baru saja pindah ke gedung beberapa hari yang lalu. Apakah kamu sudah lama tinggal di sini?
Hi Amy. I heard it’s your first day so I thought I could reach out and introduce myself. We haven’t officially met but I’ll be working with you on this project.Halo Ami. Saya dengar ini hari pertamamu, jadi saya pikir saya bisa menghubungi dan memperkenalkan diri. Kami belum bertemu secara resmi tetapi saya akan bekerja denganmu dalam proyek ini.

4. Perkenalan diri saat wawancara

Dalam sebuah wawancara, umumnya akan ditanyakan mengenai perkenalan diri atau permintaan untuk menceritakan tentang diri. Beberapa hal penting yang perlu diketahui yakni selain menyebutkan nama, perlu juga ditambahkan penjelasan mengenai latar belakang sesuai tujuan dari wawancara.

Berikut ini contoh cara memperkenalkan diri dalam wawancara kerja.

Contoh Perkenalan Diri dalam WawancaraArti
It’s so nice to finally meet you in person! After graduating from university, I worked in sales for a few years. But three years ago, I started working in digital media marketing and my experience in sales definitely helped. I was able to help the company consistently hit its targets and grow its brand in the industry. I know that you’re looking to grow your influence online, and that’s why I applied for the position…Senang akhirnya bisa bertemu langsung denganmu!
Setelah lulus dari universitas, saya bekerja di bagian penjualan selama beberapa tahun. Tapi tiga tahun lalu, saya mulai bekerja di pemasaran media digital dan pengalaman dalam penjualan sangat membantu pekerjaan saya. Saya dapat mencapai target perusahaan secara konsisten dan mengembangkan jenama mereka di industri ini. Saya memahami bahwa perusahaan ngin mengembangkan pengaruh secara online, itulah alasan saya melamar posisi tersebut…

Bagaimana cara menjawab wawancara bahasa Inggris agar tampak profesional? Simak dalam artikel Contoh Interview Bahasa Inggris dan Jawabannya, Siapkan Diri!

Kursus Speaking English, Solusi Tidak Grogi Ngobrol dengan Orang Asing!

Lister memiliki Tutor Lokal, Native, hingga Foreign yang berpengalaman dalam mengajarkan public speaking dalam bahasa Inggris. 

Daftarkan diri dalam Kursus Speaking English  Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu).  Daftar sekarang!

Share:

Devi Marietta Siregar
Devi Marietta Siregar
aktif menulis tentang perjalanan tak biasa di Korea dan menulis untuk dampak positif

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.