Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Contoh E-Learning: Cara Belajar Menjawab Tantangan Zaman

e-learning

Tuntutan untuk terus mengembangkan diri tidak ada habisnya, terutama demi prospek karier yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan mempelajari bahasa asing. Untuk itu, kamu bisa mengambil kelas bahasa asing untuk karyawan di Lister for Company.

Metode belajar yang tengah populer di era kemajuan teknologi ini adalah e-learning (electronic learning). Metode ini memiliki sejumlah kelebihan dan menjadi jawaban atas tantangan zaman.

Seperti apa metode e-learning itu? Apa contoh e-learning? Simak ulasannya.

E-Learning adalah

E-learning merupakan metode pembelajaran yang dilakukan secara digital. Praktiknya memanfaatkan jaringan internet sebagai infrastruktur utama. E-learning dapat dikatakan sebagai digitalisasi sekolah.

Dengan begitu, pembelajaran dapat dilakukan siapapun, di manapun, dan kapanpun dengan syarat ada akses terhadap website e-learning.

Keunggulan Metode E-Learning

Metode pembelajaran e-learning banyak dipilih di negara-negara maju. Pasalnya metode ini memiliki banyak keunggulan, berikut beberapa di antaranya.

1. Tidak Terbatas Wilayah

Metode e-learning tidak membutuhkan pertemuan fisik. Dengan begitu, pembelajaran dapat diakses siapa saja tanpa terbatas wilayah.

Siswa dapat menikmati pendidikan yang berkualitas sesuai haknya sebagai generasi penerus masa depan.

2. Menghemat Biaya

Biaya yang dikeluarkan dalam penyelenggaraan e-learning lebih murah daripada sekolah formal. Bahkan di Amerika Serikat, metode e-learning dapat memangkas biaya pendidikan sampai 60 persen.

Jika biaya pengadaan fasilitas fisik dapat dikurangi, sekolah dapat mengalihkan anggaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

3. Memberi Akomodasi Pendidikan yang Lebih Baik

Setiap anak di Indonesia memiliki kondisi lingkungan dan finansial yang berbeda. Akibat kondisi tertentu, banyak di antara mereka yang tidak dapat mengakses pendidikan formal di sekolah.

Tidak hanya itu, kondisi guru pun demikian. Banyak yang tidak dapat mengajar dengan optimal karena kondisi lingkungan yang sulit.

E-learning dapat menjadi solusi dari itu semua. Siswa dapat tetap menjalani pendidikan dengan baik dan guru dapat menjangkau lebih banyak murid.

Persiapan dalam Pembelajaran E-Learning

Dalam penyelenggaraannya, perlu persiapan infrastruktur. Apa saja yang perlu disiapkan?

1. Perangkat dan Akses Internet

Perangkat diperlukan untuk mengakses platform pembelajaran. Selain itu pembelajaran dilakukan secara daring, maka diperlukan akses internet yang lancar.

2. Platform E-Learning

Platform e-learning adalah sarana pembelajaran yang diakses secara daring. Dapat dikatakan platform e-learning adalah bentuk digital dari sekolah.

Pihak sekolah maupun penyelenggara pendidikan harus memastikan platform ini mudah diakses setiap siswa.

3. Metode Pembelajaran Daring

Sekolah harus mempersiapkan metode pembelajaran daring. Metode tersebut harus tetap interaktif, menarik, dan berbobot.

Untuk itu, guru dan sekolah harus kreatif merancang metode pembelajaran untuk diterapkan kepada siswa.

Contoh E-Learning

Salah satu contoh pembelajaran e-learning adalah kursus bahasa asing online. Kursus bahasa asing tersebut diselenggarakan secara online.

Kursus ini akan menghubungkan siswa dengan tutor yang profesional. Pertemuan dilakukan secara online, sehingga jadwal dapat mengikuti kesepakatan antara tutor dengan siswa.

Berikut salah satu contoh e-learning kursus bahasa asing.

contoh e learning