Cerita Fantasi adalah: Pengertian, Unsur, hingga Contohnya

cerita fantasi

Kursus Academic English – Cerita fantasi adalah kisah yang juga dengan cerita fiksi. Dalam bahasa Inggris, disebut dengan fiction story. Cerita yang dikarang penulis ini seringkali bertujuan menghibur maupun memberi pelajaran tertentu terhadap pembacanya.

Mengentahui lebih jauh seputar, pengertian cerita fantasi adalah dalam penjelasan, berikut ini.

Cerita fantasi adalah

Cerita fantasi adaah tulisan yang dibuat berdasarkan imajinasi seseorang. Beberapa contoh genre cerita fiksi yaitu misteri, fiksi sains, romansa, fantasi, thrillers, dan lain-lain.

Contoh cerita fiksi klasik adalah To Kill a Mockingbird oleh Harper Lee, A Tale of Two Cities oleh Charles Dickens, 1984 oleh George Orwell, dan Pride and Prejudice oleh Jane Austen.

Unsur dalam Teks Cerita Fantasi

Teks cerita fantasi memiliki banyak unsur yang memikat para pembaca. Hal ini karena penulis akan memainkan imajinasi pembaca dan mengantarkan mereka ke dunia yang penuh misteri. 

Unsur cerita fantasi adalah yang mencakup banyak aspek seperti latar belakang atau penokohan yang diluar nalar. Selain itu, adanya konflik dalam teks cerita fantasi yang melibatkan kekuatan magis dan pertarungan antara kebaikan dan kejahatan, juga menjadi daya tarik. 

Beberapa unsur yang masuk dalam cerita fantasi yaitu:

a. Characters (Tokoh)

Terdiri dari tokoh utama dan tokoh pendukung

b. Setting (Latar)

Terdiri dari latar tempat dan latar waktu.

c. Problem or Conflict (Konflik)

Konflik yang dihadapi tokoh, dapat berupa konflik internal maupun eksternal. Biasanya konflik diperkenalkan sedari awal cerita.

d. Plot (Struktur Teks)

Terkait bagaimana alur cerita berkembang.

e. Solutions or Resolutions (Penyelesaian)

Terkait bagaimana konflik diselesaikan.

f. Point of View (Sudut Pandang)

Terdiri dari sudut pandang orang pertama atau orang ketiga.

g. Theme (Tema)

Lebih dari sekadar topik cerita, yaitu pesan yang ingin disampaikan penulis melalui cerita.

Baca juga: 3 Contoh Cerita Pendek Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak, Seru!

5 Struktur Cerita Fantasi

Struktur cerita fantasi adalah kerangka fiksi yang memungkinkan dunia imajinatif dan elemen tidak nyata lainnya ikut andil dalam cerita dan mengambil mengambil peran dalam sebuah kisah. 

Dalam contoh cerita fantasi yang ada sekarang ini, para penulis memiliki kebebasan untuk menggabungkan unsur seperti sihir, makhluk mitos, dan dunia paralel, yang secara unik membentuk latar belakang. 

Struktur cerita fantasi sering mengikuti langkah konvensional seperti pengenalan tokoh, pengembangan plot, konflik yang meningkat, klimaks epik, dan penyelesaian yang memuaskan. 

Namun, daya tarik utama dari struktur cerita fantasi adalah kemampuannya untuk menjelajahi batasan-batasan imajinasi hingga menciptakan petualangan yang menegangkan. 

Pembuka

Dimulai dari tentang siapa cerita tersebut dan konflik apa yang dihadapi.

Pada umumnya, pembukaan cerita fantasi dongeng mengenalkan pembaca pada karakter utama yang akan menjadi pusat perhatian. 

Karakter ini seringkali memiliki sifat atau tujuan khusus yang membedakan mereka dari dunia di sekitarnya. 

Dalam beberapa contoh cerita fantasi pendek, karakter tersebut mungkin merasa tidak puas dengan kehidupan mereka yang sekarang dan merindukan atau menginginkan sesuatu yang lebih besar atau lebih berarti.

Konflik yang dihadapi dalam pembukaan contoh cerita fantasi dongeng dapat bersifat internal, eksternal, atau keduanya. 

Konflik internal melibatkan pertempuran batin karakter utama, mungkin antara hasrat mereka untuk menjalani kehidupan normal dan keinginan untuk menjelajahi dunia lebih banyak. 

Namun yang lebih banyak dimunculkan adalah perkenalan antar tokoh.

Insiden yang Mengubah Jalannya Cerita

Konflik yang dihadapi harus membuat pembaca merasa “frustasi”. Namun konflik tersebut mendorong si tokoh untuk bertindak sesuatu, seperti mencegah kemungkinan terburuk terjadi.

Muncul Krisis yang Menambah Ketegangan

Krisis yang muncul haruslah sesuatu yang logis, terjadi karena hubungan sebab-akibat. Krisis tersebut harus memburuk dari waktu ke waktu.

Klimaks

Di sinilah puncak krisis. Pada titik ini, si tokoh bisa jadi berupaya menyelesaikan masalah atau pupus harapannya.

Penutup

Terdiri dari resolusi yang merangkum keseluruhan cerita. Tokoh yang diceritakan bisa saja gagal atau berhasil, berdasarkan apa yang ia pelajari selama konflik berlangsung.

Pada titik ini juga penulis meredakan ketegangan untuk memuaskan pembaca.

Baca juga: Review Text: Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contohnya

Jenis cerita fantasi

Selain mengetahui struktur cerita fantasi adalah, saatnya mengetahui lebih banyak seputar jenis teks fantasi. 

Cerita fantasi mencakup beragam jenis yang memikat pembaca ke dalam alam imajinasi yang tiada batas. 

Dari epik penuh petualangan hingga dongeng yang penuh dengan makhluk ajaib, dan dari cerita urban fantasy yang terjalin dengan dunia nyata hingga high fantasy yang menghadirkan dunia yang baru. 

Dengan melintasi batas antara kenyataan dan imajinasi, jenis cerita fantasi menghadirkan ragam pilihan bagi pembaca yang menggugah mata.

Magical Realism

Magical realism adalah genre sastra yang menggabungkan elemen-elemen magis atau ajaib ke dalam dunia nyata tanpa adanya perbedaan yang tegas antara keduanya. 

Genre dari cerita fantasi ini sering menghadirkan peristiwa supernatural atau fenomena luar biasa dengan nada yang sangat alami. 

Pembaca akan diajak untuk membedakan apa yang nyata dan apa yang fantastis. 

Ada dunia realitas dan dunia magis tumpang tindih, menciptakan ketidakjelasan yang unik dan seringkali merangsang refleksi mengenai aspek eksistensial, budaya, dan sosial. 

Hal ini menimbulkan perasaan bahwa di balik dunia yang tampak normal, ada misteri dan keajaiban yang terus-menerus mengintai.

Cerita fantasi dari kehidupan nyata

Dalam cerita fantasi berdasarkan kehidupan nyata, tokoh utama seringkali adalah seorang biasa yang ditarik ke dalam situasi atau konflik magis. 

Mereka mungkin memiliki kekuatan khusus, seperti menemukan artefak magis, atau berhadapan dengan makhluk supernatural di dunia yang dulu dianggap biasa. 

Peristiwa ini memicu perubahan dalam kehidupan mereka dan memaksa mereka untuk beradaptasi dengan dunia baru yang dihadapkan.

Setting dalam cerita ini sering kali adalah kota modern atau lingkungan yang dikenal, sehingga membuat para pembaca merasa dekat dengan lokasi yang digambarkan. 

Hal ini dapat memperkuat perasaan bahwa hal magis atau ajaib bisa saja terjadi di antara kita, dan mempertanyakan apakah kita akan mengetahui segalanya tentang dunia di sekitar kita.

Urban fantasy

Urban fantasy adalah jenis cerita fantasi yang mengambil setting di dunia nyata, terutama dalam lingkungan perkotaan atau urban. 

Dalam jenis cerita fantasi pendek, elemen magis atau ajaib yang biasanya terkait dengan dunia fantasi diselipkan ke dalam dunia nyata yang dikenali oleh pembaca. 

Ciri khas dari cerita fantasi adalah interaksi antara dunia manusia dan dunia magis. Tokoh utama sering kali adalah individu biasa yang ditarik ke dalam konflik yang melibatkan makhluk supernatural atau memiliki akses terhadap kekuatan magis. 

Baca juga: Pengertian dan Contoh Teks Tanggapan dalam Bahasa Inggris

Contoh Cerita Fantasi Pendek

Berikut ini contoh cerita pendek fiksi yang ditulis Franz Kafka pada 2015, berjudul Give It Up.

It was very early in the morning, the streets clean and deserted, I was walking to the station. As I compared the tower clock with my watch I realized that it was already much later than I had thought, I had to hurry, the shock of this discovery made me unsure of the way, I did not yet know my way very well in this town; luckily, a policeman was nearby, I ran up to him and breathlessly asked him the way. He smiled and said: “From me you want to know the way?” “Yes,” I said, “since I cannot find it myself.” “Give it up! Give it up,” he said, and turned away with a sudden jerk, like people who want to be alone with their laughter.

Terjemahan contoh cerita fantasi pendek dalam bahasa Indonesia,

Saat itu masih sangat pagi, jalanan masih bersih dan sepi, saya sedang berjalan ke stasiun. Ketika saya membandingkan jam menara dengan jam tangan, saya menyadari bahwa ini sudah jauh lebih terlambat dari yang dikira. Lantas, saya harus bergegas, keterkejutan akan penemuan ini membuat saya tidak yakin akan jalannya.

Terlebih saya belum mengetahui jalan dengan baik di kota ini, untungnya, seorang polisi ada di sekitarku, saya berlari ke arahnya dan dengan terengah-engah menanyakan jalannya. Dia tersenyum dan berkata,

“Dari saya, Anda ingin tahu jalannya?” 

“Ya,” jawab saya,

“karena saya tidak bisa menemukannya sendiri.” 

“Sudahlah! Sudahlah,” katanya, dan berbalik dengan sentakan tiba-tiba, seperti orang yang ingin menyendiri dengan tawanya.

Itu tadi penjelasan tentang cerita fantasi atau cerita fiksi dalam bahasa Inggris. Bagi kamu yang ingin memperdalam kemampuan bahasa Inggris, termasuk dalam hal pemahaman teks, kamu bisa mengambil kursus di Lister.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Academic English, Langkah Awal Sukses Studi

Sudah semakin paham teks dalam bahasa Inggris? Agar kamu semakin mahir menulis dan menganalisis teks bahasa Inggris, ikuti Kursus Academic English di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.