3 Penggunaan Past Simple Past Perfect Sesuai Situasinya

past simple past

Kursus Bahasa Inggris – Dalam bahasa Inggris ada yang namanya past simple past perfect yang digunakan untuk menunjukkan suatu tindakan di masa lalu.

Kamu bisa mempelajarinya dengan mengenal rumusnya terlebih dahulu agar lebih mudah merangkai kalimat bahasa Inggris. 

Namun, untuk mempelajari rumus dari past perfect, kamu harus mempelajari simple past tense karena sangat penting agar kamu bisa menyusun setiap kalimat bahasa Inggris untuk menggabarkan suatu keadaan.

Maka, untuk bisa memahami setiap kalimat yang menggunakan rumus tersebut, kamu menemukan informasi di bawah ini.

Pengertian Past Simple Past Perfect

Belajar bahasa Inggris tentunya tidak lepas dari  tenses. Dengan menguasai tenses, maka kamu sudah menguasai setengah kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Untuk itu, perlu adanya bantu untuk mempelajari tenses bahasa Inggris tersebut.

Salah satu tenses yang akan dipelajari kali adalah past perfect yang merupakan tenses untuk menunjukkan suatu kejadian yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa lampau.

Di sini past perfect lebih menekankan pada fakta daripada waktu. 

Jadi intinya, past perfect adalah waktu. Sehingga dapat disimpulkan jika past perfect digunakan untuk menyatakan suatu tindakan yang telah selesai di masa lalu, sebelum adanya tindakan lainnya juga terjadi di masa lalu.

Past perfect ini digunakan ketika membahas situasi yang terjadi di masa lampau dan ingin membicarakan situasi yang terjadi sebelumnya.

Contoh kalimat past perfectThe show had begun by the time we arrived” Pertunjukan sudah dimulai pada saat kami tiba. Di sini terlihat had begun masuk dalam situasi lampau yang dibicarakan kembali, pada arrived setelah terjadi sebelumnya.

Baca juga: 3 Cara Penggunaan Was dan Were yang Tepat

Kapan Past Perfect Digunakan?

Penggunaan past simple past perfect lebih condong untuk membicarakan suatu kejadian yang sudah terjadi di masa lampau. Ada beberapa fungsi yang bisa kamu ketahui di bawah ini.

1. Mengungkapkan kejadian yang sudah lewat sebelumnya

Dengan past perfect kamu dapat menggambarkan situadi di masa lampau yang sudah selesai, seperti before dan after.

Contoh dalam bahasa Indonesia “saya sudah selesai sarapan ketika dia menjemput” adalah peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau dan sudah selesai.

2. Menunjukkan suatu keadaan pada sebuah kejadian

Past perfect digunakan juga untuk menunjukkan sesuatu terjadi di masa lalu di waktu yang berulang. Di mana kejadian ini sering terjadi atau dilakukan.

Seperti seseorang yang belum pernah berpergian ke toko bunga sendiri sebelum bertemu dengan sahabatnya.

3. Membuat harapan

Kamu bisa menyusun kalimat  yang berisi angan-angan atau suatu harapan, dengan rumus if+past perfect+would/should/could/might + have + past participle

Dalam contohnya seseorang yang kamu kenal berharap untuk diundang ke pesta kamu. Dari kalimat tersebut dapat mengungkapkan harapan dalam bahasa Inggris.

Past Simple Past Perfect, atau juga dikenal sebagai Past Perfect Tense, adalah bentuk waktu dalam tata bahasa bahasa Inggris yang digunakan untuk menunjukkan suatu aksi atau kejadian yang terjadi sebelum aksi lainnya di masa lampau.

Situasinya seringkali melibatkan dua peristiwa di masa lalu, di mana satu peristiwa terjadi lebih dulu sebelum peristiwa kedua terjadi.

Ada pun untuk penggunaan past Simple Past Perfect membantu menyampaikan informasi tentang urutan waktu peristiwa di masa lalu dengan jelas dan teratur.

Melihat dari penggunaan past Simple Past Perfect biasanya digunakan dalam narasi atau cerita untuk menyajikan peristiwa di masa lalu secara berurutan.

Baca juga: Begini Arti Red Flag yang Kini Viral Dipakai di Media Sosial

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh shangarey di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.