7 Cara Mencari Topik Pembicaraan dengan Rekan Kerja, Anti Kikuk!

cara mencari topik pembicaraan

Kursus Business EnglishCara mencari topik pembicaraan dengan rekan kerja bisa menjadi tantangan tersendiri. Kadang, sebagian orang merasa takut jika topik yang dibawakannya malah membuat suasana menjadi canggung. 

Namun, cara mencari topik pembicaraan yang tepat bisa membuat percakapan lebih mengalir dan hubungan kerja menjadi lebih baik. Dalam artikel ini, akan dibahas tujuh cara mencari topik pembicaraan yang dapat kamu coba.

Seberapa penting membangun topik pembicaraan yang baik dengan rekan kerja? 

Sebelum menyibak apa saja cara mencari topik pembicaraan, sebenarnya apa pentingnya membangun topik pembicaraan yang baik dengan rekan kerja? Diketahui, kondisi ini berpengaruh terhadap aspek-aspek lain, alasannya: 

1. Mempererat Hubungan yang Lebih Baik

Topik pembicaraan yang tepat dapat membantu membangun hubungan yang lebih baik antara kamu dan rekan kerja. Percakapan yang menarik dapat menciptakan ikatan yang lebih kuat, meningkatkan rasa menghargai satu sama lain, dan secara keseluruhan meningkatkan keharmonisan di tempat kerja.

2. Membangun Kerjasama dan Produktivitas

Cara mencari topik pembicaraan di tempat kerja juga penting karena dapat meningkatkan kerjasama dan produktivitas. Diskusi tentang proyek kerja, misalnya, bisa membuka peluang untuk berbagi ide, memecahkan masalah bersama, dan mempercepat proses kerja.

3. Meningkatkan Kepuasan Kerja

Terakhir, percakapan yang bermakna di tempat kerja juga dapat meningkatkan kepuasan kerja. Ketika kamu merasa dihargai dan terhubung dengan rekan kerja, ini dapat meningkatkan semangat kerja dan membuat hari kerja menjadi lebih menyenangkan.

Dengan demikian, penting untuk mempertimbangkan cara mencari topik pembicaraan yang efektif dengan rekan kerja. Ini bukan hanya tentang membuat percakapan yang menyenangkan, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif dan harmonis.

Baca Juga: 5 Tips Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik  

7 Cara Mencari Topik Pembicaraan dengan Rekan Kerja

1. Mengenali Minat Rekan Kerja

Mengenal lebih dekat rekan kerja kamu adalah langkah pertama cara mencari topik pembicaraan. Cari tahu tentang hobi, minat, atau pengalaman unik mereka. Topik-topik ini seringkali menjadi bahan pembicaraan yang menarik dan bisa mempererat hubungan kerja. 

2. Membahas Berita Terkini

Berita terkini bisa menjadi cara mencari topik pembicaraan yang baik. Dengan berbicara tentang isu-isu yang relevan, kamu dan rekan kerja bisa saling berbagi sudut pandang dan meningkatkan pemahaman satu sama lain.

3. Berbagi Pengalaman Pribadi

Berbagi pengalaman pribadi juga bisa menjadi cara mencari topik pembicaraan. Hal ini tidak hanya membuat percakapan menjadi lebih menarik, tetapi juga membantu kamu dan rekan kerja saling mengenal lebih dalam.

4. Membicarakan Proyek Kerja

Membicarakan proyek atau tugas kerja bisa menjadi topik pembicaraan yang efektif. Selain itu, pembahasan ini juga bisa membantu kamu dan rekan kerja saling mendukung dan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik.

5. Membahas Buku, Film, atau Musik Terbaru

Buku, film, atau musik terbaru sering menjadi topik pembicaraan yang menarik. Ini adalah cara mencari topik pembicaraan yang mudah dan bisa membantu kamu dan rekan kerja saling berbagi informasi dan selera.

6. Membahas Acara atau Event yang akan Datang

Cara mencari topik pembicaraan berikutnya, membahas acara atau event yang akan datang bisa menjadi topik pembicaraan yang baik. Dengan ini, kamu dan rekan kerja bisa merencanakan kegiatan bersama atau sekadar berbagi antusiasme.

7. Membicarakan Rencana Masa Depan

Rencana masa depan, baik itu terkait karier atau kehidupan pribadi, bisa menjadi topik pembicaraan yang menarik. Selain itu, pembahasan ini juga bisa menjadi cara mencari topik pembicaraan yang mempererat hubungan kerja.

Memilih topik pembicaraan dengan rekan kerja tidak perlu menjadi hal yang rumit. Dengan mempraktekkan tujuh cara mencari topik pembicaraan di atas, kamu bisa menciptakan percakapan yang tidak membosankan. 

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris, Perhatikan 5 Format yang Disukai HRD! 

Kuasai Skill Komunikasi Bahasa Asing, Pembicaraan Jadi Tidak Garing 

Setiap orang memiliki gaya bahasa masing-masing, salah satunya ada yang mengkombinasikan antara bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Agar tidak garing saat ngobrol dengannya di tempat kerja, kamu bisa mengasah skill bahasa via Kursus Business English di Lister. 

Banyak alumni Lister yang telah membuktikan langsung bagaimana kursus di Lister mendukung kariernya. Cari tahu pengalaman mereka di Testimoni Alumni

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar melalui WhatsApp sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 55% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.