5 Cara Cek PIP SD yang Belum Dicairkan via Web Resmi Kemdikbud

cara cek pip sd yang belum dicairkan

Kursus English for KidsCara cek PIP SD yang belum dicairkan tampaknya belum banyak diketahui oleh para wali atau orang tua siswa. Padahal, jadwal pencairan PIP Kemdikbud 2023 untuk jenjang Sekolah Dasar sudah dimulai sejak bulan April lalu. 

Dengan mengetahui cara cek PIP SD yang belum dicairkan, orang tua dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan apabila tunjangan memang belum cair. Jangan khawatir, ikuti panduan berikut terkait cara cek PIP SD yang belum dicairkan. 

Mengenal Kembali Apa Itu PIP SD Kemdikbud 2023 

Sebelum menyibak cara cek PIP SD yang belum dicairkan, ada baiknya para orang tua memahami apa sebenarnya PIP SD Kemdikbud 2023. Pengetahuan ini penting, sebab jika tidak rawan terjadinya penyelewengan biaya bantuan pendidikan. 

Melansir laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Program Indonesia Pintar (PIP) adalah bantuan berupa uang tunai, kesempatan belajar, dan perluasan akses dari pemerintah untuk peserta didik (SD, SMP, SMA/SMK) kurang mampu. 

Melalui  program PIP ini, pemerintah berupaya memastikan agar tidak ada lagi kasus pelajar yang putus sekolah lantaran tidak memiliki biaya. Jadi, PIP SD Kemdikbud 2023 merupakan program PIP yang ditujukan untuk siswa sekolah dasar. 

Baca Juga: Kelas Bahasa Inggris di Solo untuk Anak-anak dan Remaja 

Tutorial 5 Cara Cek PIP SD yang Belum Dicairkan, Mudah Anti Ribet! 

Untuk bisa menerima PIP dari Kemdikbud, siswa harus terdaftar dalam DTKS Kemensos. Apabila belum, mereka dapat mengajukan diri menggunakan KKS atau SKTM.

Jumlah dana PIP berbeda-beda berdasarkan jenjang pendidikan dan diberikan setahun sekali. Untuk SD, bantuannya adalah Rp450.000,-, untuk SMP sebesar Rp750.000,-, dan untuk SMA adalah Rp1 juta.

Siswa SD yang ingin memeriksa status pencairan dana PIP dapat melakukannya dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah cara cek PIP SD yang belum dicairkan: 

1. Mengunjungi Situs PIP

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk cara cek PIP SD yang belum dicairkan adalah dengan mengakses situs resmi PIP melalui browser. Ketikkan pip.kemdikbud.go.id.

2. Memilih Menu Pencarian

Setelah berada di laman pencairan PIP SD, carilah menu pencarian. Kamu akan menemukan ruang kosong atau formulir untuk diisi.

3. Memasukkan Nomor Induk Siswa

Selanjutnya, cara cek PIP SD yang belum dicairkan, yakni masukkan nomor induk siswa (NIS) anak dalam kolom pencarian. Pastikan nomor yang diinput sesuai dan benar dengan data yang terdaftar di sekolah.

4. Menekan Tombol “Cari” atau “Lanjut”

Setelah memasukkan NIS, tekan tombol “Cari” atau “Lanjut” untuk memulai pengecekan. Tunggu beberapa saat sambil sistem melakukan pencarian data.

5. Mengecek Status Pencairan

Hasil pencarian akan muncul setelah proses selesai. Lihatlah status pencairan PIP SD anak. Biasanya akan ada keterangan khusus jika tunjangan tersebut belum dicairkan.

Jika nama siswa tercatat sebagai penerima PIP Kemdikbud, mereka dapat mengajukan pencairan dana di bank penyalur, yakni BRI, BNI, atau BSI terdekat. Jika tidak, berarti siswa tersebut belum menerima bantuan PIP. 

Pun jika setelah pengecekan mendapati bahwa PIP SD belum juga dicairkan, segera kontak pihak sekolah untuk mendapatkan penjelasan lebih detail. Mereka akan membantumu dalam menuntaskan proses pencairan tersebut.

Baca Juga: Biaya Kursus Bahasa Inggris di Garut, Cocok untuk Pelajar

Fasih Bahasa Inggris Sejak Bangku Sekolah Dasar? Sangat Bisa! 

Belajar bahasa Inggris idealnya memang dimulai sejak usia belia, misalnya saat anak-anak duduk di bangku Sekolah Dasar. Kursus English for Kids di Lister bisa menjadi alternatif utama sebagai platform belajar bahasa Inggris anak. 

Metode pembelajaran dirancang khusus sedemikian rupa sehingga berlangsung secara fun dan cocok untuk anak-anak. Ikuti Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi penting seputar belajar bahasa asing. 

Bersama Lister, para peserta bisa memilih jumlah kelas, tutor, hingga kelas pengganti sesuai keinginannya sendiri. Pun tersedia Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.