Pelatihan English Public Speaking untuk Karyawan – Kemampuan public speaking merupakan salah satu kemampuan yang penting di dunia kerja.
Dengan kemampuan ini kita bisa memberikan citra dan kesan yang baik untuk orang yang terlibat bekerja dengan kita. Bagaimana sih cara melatih public speaking untuk dunia kerja? berikut tipsnya!
Public speaking
Kemampuan public speaking bukan hanya tentang kemampuan berbicara yang baik dari sisi artikulasi dan kelancaran berbicara. Namun juga tentang cara berkomunikasi yang efektif di depan umum atau lawan bicara yang melibatkan kemampuan berpikir.
Menurut merriam-webster, menuliskan arti dari public speaking adalah 1) Public speaking is The act or process of making speechless in public (Public speaking adalah kemampuan untuk berbicara di depan umum) 2) Public speaking is the art of effective oral communication with an audience (Public speaking adalah seni berkomunikasi yang efektif dengan audiens).
Sehingga dalam Pengertian tersebut dapat kita pahami bahwa public speaking bukan hanya kemampuan berbicara namun juga komunikasi yang efektif dua arah.
Kemampuan ini dibutuhkan dalam dunia kerja untuk mencapai komunikasi yang bagus sehingga membantu menjalani pekerjaan dengan baik. Untuk itu cara melatih public speaking perlu dipahami agar bisa menerapkannya dengan baik.
Pentingnya public speaking di dunia kerja
Hampir semua posisi kerja membutuhkan kemampuan public speaking yang bagus. Hal ini berkaitan dengan kemampuan presentasi saja maupun berbicara di muka umum.
Namun juga kemampuan komunikasi dengan semua rekan kerja. Dengan mengetahui pentingnya public speaking membuat kita mencari cara melatih public speaking agar kemampuan ini meningkat.
1. Keperluan negosiasi
Kemampuan public speaking sangat diperlukan untuk proses negosiasi dan pemecahan masalah.
Di dalam dunia kerja pastinya kita sering menjumpai konflik internal maupun tantangan terkait pekerjaan.
Karyawan dapat mengatasi konflik maupun tantangan dengan baik menggunakan ilmu public speaking yang bagus.
Dalam proses negosiasi untuk berbagai urusan kerja public speaking sangat membantu komunikasi yang aktif dan efektif untuk mencapai solusi atau kesepakatan bersama.
Public speaking dalam proses negosiasi dilakukan dengan penuturan kalimat yang mudah dipahami, kemampuan memahami lawan bicara dan kemampuan untuk tenang dalam menghadapi emosi.
2. Kebutuhan networking
Banyak pekerjaan yang membutuhkan hubungan luas dengan orang lain atau networking. Untuk menjalin hubungan baik dan kerjasama dengan banyak orang tentunya diperlukan kesadaran emosi yang baik dan juga public speaking yang baik.
Dengan modal public speaking membuat seseorang lebih mudah disukai karena mampu berkata-kata dengan baik dan sopan. Tentunya hal ini akan membantu orang lain terkesan dan meningkatkan citra diri.
Jika tidak memiliki kemampuan public speaking yang bagus sulit bagi seseorang untuk menjalin networking dengan banyak orang dari berbagai kelas dan bidang. Cara melatih public speaking untuk kebutuhan networking ini adalah dengan kemampuan komunikasi yang bagus.
3. Komunikasi yang efektif
Public speaking juga membantu seseorang memiliki komunikasi yang efektif. Komunikasi yang efektif di mana seseorang dapat menyampaikan apa yang ia rasakan, ide, gagasan maupun saran dengan baik.
Sehingga apa yang ada di dalam diri kita dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara maupun forum umum.
4. Kebutuhan presentasi
Presentasi untuk pekerjaan terutama presentasi dengan klien dan mitra kerja adalah salah satu alasan untuk mempelajari public speaking di dunia kerja.
Presentasi bukan hanya tentang membaca teks yang sudah tersedia namun juga kemampuan untuk menjelaskan dan juga membuat impression dengan audience.
Teknik presentasi yang baik didukung oleh public speaking yang baik. Tentu saja hal ini akan melancarkan proses presentasi kamu dan juga meningkatkan kesuksesan goals yang ingin dicapai.
5. Persuasif
Cara public speaking yang baik juga memberikan dampak untuk mempengaruhi orang lain. Sehingga jika digunakan untuk proses negosiasi, diskusi maupun presentasi akan sangat membantu mendukung opini atau pembicaraan yang kamu berikan.
Jadi ada banyak manfaat dan juga kepentingan public speaking untuk dunia kerja. Yang menjadi tugas adalah bagaimana cara melatih public speaking kita untuk dunia kerja.
Cara melatih public speaking untuk dunia kerja
Berikut adalah poin public speaking tips yang Lister kumpulkan untuk membantu kamu belajar public speaking.
1. Manfaatkan forum untuk menguji kemampuan
Di dunia kerja ada banyak forum diskusi. Manfaatkan forum diskusi tersebut sebagai cara melatih public speaking dalam hal keberanian dan juga kelancaran berbicara.
Misalnya meeting dalam satu tim atau divisi, kegiatan hiburan karyawan atau forum formal lainnya.
Manfaatkan forum ini dengan terlibat secara aktif dan menguji kemampuan public speaking kamu. Lakukan dengan berkontribusi dalam pemberian ide maupun masukan dan saran dan juga terlibat diskusi.
Langkah sederhana seperti ini akan membantu kamu meningkatkan keberanian dan mental untuk berbicara di depan banyak orang.
2. Terbuka untuk diskusi
Cara melatih public speaking selanjutnya adalah terbuka diskusi dengan siapapun, baik dengan rekan kerja, keluarga, atasan dan teman. Diskusi ini akan membantu kamu terbiasa berbicara dengan orang lain sehingga akan menambah keterampilan berbicara yaitu mendengarkan, berpikir dan juga menjawab.
3. Artikulasi dan pengucapan kata
Banyaklah berlatih penyebutan kata yang benar terutama jika banyak menggunakan kosakata bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya dan juga artikulasi kata seperti pengucapan a,i,u,e,o yang jelas.
Semakin jelas apa yang kamu ucapkan membuat kata akan semakin mudah dipahami dan juga memberikan kesan profesional. Berlatih artikulasi kata bisa dilakukan secara mandiri maupun menggunakan penilaian orang lain.
4. Monolog
Salah satu cara berlatih public speaking adalah dengan cara monolog, berlatih berbicara tanpa ada lawan. Cara ini cukup efektif untuk kamu yang sedang mempersiapkan presentasi maupun pidato.
Kamu bisa mempelajari improve, mengatur nafas, memaksimalkan artikulasi kata dan juga gesture. Kamu bisa berlatih melalui rekaman maupun menggunakan cermin.
5. Latihan gestur dan ekspresi
Gesture atau gerakan badan juga sangat berpengaruh terhadap public speaking kita. Biasakan digunakan gesture untuk mendukung apa yang kita bicarakan. Juga didukung dengan penggunaan ekspresi wajah untuk memberikan kesan pendalaman materi yang kamu sampaikan.
Cara melatih public speaking untuk gesture dan ekspresi bisa latihan di depan cermin maupun merekam video.
Untuk memiliki kemampuan public speaking yang bagus memang perlu latihan dan juga mengambil kesempatan tampil yang banyak. Jam terbang tinggi juga akan memberikan kematangan kemampuan yang bagus.
Kamu akan lebih tampil percaya diri dan juga dapat menguasai situasi yang berganti-ganti. Lakukan beberapa cara melatih public speaking di atas untuk meningkatkan kemampuan public speaking kamu!
Belajar public speaking bahasa Inggris bersama Lister
Lister memberikan program kursus English public speaking untuk karyawan untuk membantu karyawan memiliki kemampuan komunikasi dan berbicara di muka umum dengan baik.
Di kelas ini Lister hadir dengan tutor khusus B2B yang sudah berpengalaman dalam mengajar kelas corporate. Selain itu program ini sudah memiliki kurikulum cara melatih public speaking dalam bahasa Inggris yang disesuaikan untuk pekerjaan sehingga belajar akan lebih terarah dan sesuai dengan tujuan.
Menariknya kamu bisa belajar Lister secara online, fleksibel dalam penjadwalan kelas termasuk reschedule dan juga kesempatan memilih tutor yang sesuai dengan kualifikasi yang kamu butuhkan.
Pembayaran juga mudah dengan sistem cicilan yang disediakan Lister untuk mempermudah pembayaran peserta pelatihan. Daftar kelas sekarang menggunakan kode voucher BLOGLISTER10 untuk dapatkan promo 10%.
Promo ini berlaku untuk kamu yang membeli kelas seharga satu jutaan. Segera daftar dan klaim kode promo melalui WhatsApp Lister sekarang juga!
Sumber gambar : Freepict