Biografi Albert Einstein, Tokoh Jerman yang Mendunia

biografi albert einstein

Kursus Bahasa Jerman – Siapa yang tidak kenal dengan Albert Einstein? Tokoh ini masih banyak dikenal oleh generasi sekarang, juga masih banyak disebut di berbagai media maupun buku karena karya dan kecerdasannya. Berikut Lister rangkum biografi Albert Einstein untuk kamu. 

Biografi Albert Einstein : Siapakah Albert Einstein? 

Albert Einstein merupakan fisikawan asal Jerman yang terkenal karena penemuan teori relativitas dan pengembangan mekanika kuantum. Dimana kedua hal ini merupakan dasar dari fisika modern. 

Albert Einstein merupakan fisikawan yang cukup berpengaruh di dunia. Selain menerima penghargaan Nobel atas sumbang asih ilmunya, ia juga menjadi orang yang populer karena banyak menjadi pembicara. 

Dimana ia bisa menjelaskan ilmu fisika yang rumit dan sulit dipahami menjadi penjelasan yang sederhana dan mudah dipahami. 

artikel biografi lainya : Biografi Abdurrahman Wahid & Penguasaan 6 Bahasa Asingnya

Albert Einstein Muda

Biografi Albert Einstein kita mulai dengan cerita masa kecil dan masa remajanya selama menempuh pendidikan. 

Albert Einstein lahir pada 14 Maret 1879 di Württemberg, Jerman. Merupakan seorang putra dari Hermann Einstein dan Pauline Koch. 

Ayahnya adalah seorang insinyur kelistrikan, Ibunya memang bukan wanita karir seperti ilmuwan namun memberikan banyak dukungan terhadap Albert Einstein kecil yang menyukai ilmu fisika dan matematika. 

Albert Einstein memiliki saudara yaitu  Maja Einstein. Masa kecil keluarga Einstein tinggal di Munich, Jerman karena pabrik peralatan listrik dari ayahnya berada di kota ini. Pendidikan SD nya ditempuh di SD Katolik di Munich sedangkan untuk SMP dan SMA nya berada di Gimnasium Luitpold. 

Di tahun 1895 dimana Albert berusia 16 tahun, menamatkan pendidikan SMA ia berencana mendaftarkan pendidikan di  Politeknik Federal Swiss namun ternyata ia gagal dalam menjalani ujian masuk kampus tersebut. 

Namun ia kemudian diterima di Universitas Zurich di program studi fisika teoritis dan matematika. Dari kampus inilah Albert Einstein nantinya bertemu dengan istri pertamanya, Mileva Maric seorang mahasiswi di jurusan yang sama. 

Kecintaan Albert Einstein pada bidang matematika dan fisika sudah terlihat dari usia dini. Di umur 12 tahun, Einstein dapat mempelajari sendiri aljabar, geometri Euclides dan juga berhasil membuktikan tentang kebenaran teori phytagoras. 

Di usia 13 tahun, Einstein juga bisa memahami buku Immanuel Kant yang berjudul Kritik atas Nalar Murni dimana buku ini tidak mudah dipahami oleh orang biasa dengan mudah. 

Di usia 14 tahun, Einstein sudah bisa menguasai kalkulus integral dan diferensial yang ia pelajari sejak usia 12 tahun. 

Dari sini, perjalanan Albert Einstein dan kecintaannya terhadap ilmu pengetahuan masih berlanjut lebih dalam. 

Karir dan Penemuan Albert Einstein 

biografi albert einstein
Oleh Ferdinand Schmutzer | Biografi Albert Einstein

Biografi Albert Einstein selanjutnya menceritakan tentang karir Albert setelah lulus pendidikan dan memulai pekerjaan sampai ia menjadi orang yang terkenal. 

Setelah lulus dari pendidikan diploma, Einstein mencari pekerjaan menjadi pengajar namun ia tidak menemukannya. 

Akhirnya ia mendapatkan pekerjaan di kantor paten menjadi seorang asisten penguji. Di tahun sebelumnya, Einstein juga mendapatkan kewarganegaraan Swiss. Sebelumnya, Einstein hidup tanpa kewarganegaraan. 

Selama bekerja di kantor paten ini ada banyak karya yang ia hasilkan. Di tahun 1905, Ia menuliskan empat makalah penting di tahun yang sama yaitu efek fotolistrik, gerak brown, relativitas khusus juga kesetaraan energi. 

Untuk kemudian makalah-makalah nya ini dapat dinikmati oleh berbagai ilmuwan dan akademisi lain. 

Salah satu makalah yang nantinya cukup populer dan membuat Einstein di lihat dunia adalah teori relativitas. Dimana teori ini mengubah pandangan tentang waktu dan ruang. Teori relativitas ini populer dengan persamaan E = mc2. 

Setelah banyak perubahan karena pemikirannya tersebut, Albert Einstein mulai merangkai karir akademisnya dengan mengajar di beberapa universitas. 

Di tahun 1908 ia menjadi dosen di Universitas Bern selanjutnya ia juga menjadi dosen di Universitas Zurich mengajarkan tentang pelajaran elektrodinamika dan teori relativitas. 

Di tahun 1911 Albert Einstein menjadi profesor tetap di Praha tepatnya di Universitas Charles Ferdinand. 

Juga ia memiliki peran di Institut Teknologi Federal Swiss dan yang terakhir di Universitas Berlin sebagai Direktur Institut Fisika. 

Di tahun 1921, Albert Einstein mendapatkan penghargaan Nobel atas pemikirannya efek Fotoelektrik. Penghargaan Nobel ini merupakan sebuah pengakuan bahwa Albert Einstein memberikan banyak kontribusi terhadap pemahaman partikel cahaya. 

artikel terkait : Mengenal Benjamin Franklin, Ilmuwan dari Negeri Paman Sam

Kehidupan keluarga yang berantakan

Kehidupan keluarga yang rumit masuk dalam kisah biografi Albert Einstein.

Walau cukup cemerlang di bidang sains dan matematika, ternyata kehidupan pribadi Albert Einstein sebagai ayah dan suami cukup berantakan. 

Dimana ia memiliki hubungan yang kompleks dengan istri pertamanya, Mileva Maric, perempuan yang ia suka sejak masa kuliah. 

Kenyataannya adalah kisah cinta keduanya harus kandas dalam perceraian. Mereka memiliki tiga anak, namun anak pertamanya meninggal yang disebut karena terkena demam berdarah. Juga dua anak yaitu Hans dan Edward Einstein. 

Namun anak keduanya mengalami penyakit Skizofrenia dimana membuat sang anak harus menghabiskan waktu hidupnya di rumah sakit jiwa. 

Perceraian Einstein dengan Mileva banyak disebut karena ketidakcocokan keduanya dalam kehidupan pernikahan. 

Kemudian Albert Einstein menikah dengan sepupunya sendiri Elsa Löwenthal. Dimana Elsa disebutkan memberikan banyak dukungan emosional sepanjang karir Einstein yang cukup populer.  

Kaitan Albert Einstein dengan Perang Dunia II

biografi albert einstein
Sumber foto : Orren Jack Turner | Biografi Albert Einstein

Nama Albert Einstein juga disebut dalam Perang Dunia II. secara tidak langsung ia memiliki kontribusi untuk pengembangan bom nuklir pada pemerintahan Amerika Serikat. Dimana hal ini akhirnya menjadi hal yang disesali dalam biografi Albert Einstein.

Hal ini diawali dengan peringatan ilmuwan Hungaria dan fisikawan Leó Szilárd kepada pemerintah AS bahwa tentara NAZI sudah mulai mengembangkan penelitian penggunaan bom atom. Namun sayangnya peringatan ini tidak dipedulikan oleh pemerintah AS. 

Beberapa ilmuwan tersebut meminta dukungan kepada Albert Einstein untuk membuat surat kepada pemerintah AS agar memiliki pengembangan bom nuklir sendiri. 

Untuk kemudian, surat tersebut menjadi pemantik pemerintah AS dalam mengembangkan bom nuklir dalam Proyek Manhattan untuk perang dunia II nantinya. 

Proyek ini merupakan proyek rahasia yang berfokus pada pengembangan bom nuklir, dimana banyak dana digelontorkan untuk proyek ini. Juga banyak ilmuwan yang direkrut untuk mensukseskan proyek Manhattan ini. 

Dasar ilmu yang digunakan untuk mengembangkan pengembangan bom nuklir ini adalah teori relativitas dari Einstein E = mc2. 

Namun dalam hal ini, Einstein mengatakan ia cukup menyesal ikut menandatangani surat tersebut karena menjadi pemicu pengembangan senjata nuklir yang berbahaya. 

Di akhir perang dunia II Albert Einstein menjadi aktivis perdamaian antar negara yang cukup vokal tentang bahayanya senjata nuklir. Juga ia aktif untuk menyuarakan meminimalkan penggunaan senjata nuklir untuk konflik internasional. 

Akhir biografi Albert Einstein 

Akhir hayat Albert Einstein di usia 76 tahun. Penyebab kematiannya adalah karena kondisi kesehatan Einstein dimana pecahnya aneurisma aorta perut. Ia juga menolak untuk dilakukan operasi karena ia ingin meninggal dengan tenang sesuai waktunya. Hal ini menjadi akhir biografi Albert Einstein, namun ia tetap dikenang banyak orang atas ilmunya.

Kenali tokoh Jerman populer lainya dengan bahasa Jerman yang baik 

Selain Einstein ada banyak tokoh dari Jerman lainya yang tidak kalah berpengaruh untuk dunia. Kamu bisa lebih dalam mempelajari biografi Albert Einstein dan tokoh Jerman berpengaruh lainya dengan bahasa Jerman yang mumpuni. 

Ikuti kursus bahasa Jerman di Lister untuk dapatkan materi bahasa Jerman yang lengkap dan didukung tutor yang profesional. Kamu berkesempatan memilih waktu belajar dan tutor terbaik secara mandiri. 

Belajar bahasa Jerman online dan nyaman hanya ada di Lister. Kunjungi komunitas students Lister di Discord Lister Group Community untuk mengetahui pengalaman seru sesama students. 

Dapatkan potongan harga 10% dengan klaim kode voucher BLOGLISTER10 untuk dapatkan harga kelas yang terjangkau. Berlaku untuk pembelian kelas seharga satu jutaan. Daftar sekarang melalui WhatsApp!

Sumber gambar sampul : Altervista detikedu

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.