Arti Man Jadda Wajada Bahasa Arab dan Penggunaannya

man jadda wajada bahasa arab

Pelatihan Bahasa Arab untuk Karyawan – Salah satu kalimat dalam bahasa Arab yang banyak disebut di percakapan bahasa Indonesia adalah man jadda wa jada. Kalimat ini mulai populer dari novel 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Berikut arti man jadda wajada bahasa arab dan penggunaanya. 

Arti man jadda wajada bahasa Arab

Banyak disebut dan dikutip di berbagai media dan percakapan, apa sih arti man jadda wajada bahasa Arab? 

Secara harfiah man jadda wajada memiliki arti barang siapa yang bersungguh-sungguh maka akan mendapatkan. 

Jika dilihat arti arti masing-masing kata dalam bahasa Arab maka akan terlihat seperti berikut ini a

وَجَدَجَدَّ مَنْ 
Wajada Jadda Man 
mendapat/menemukan bersungguh-sungguhBarang siapa 
Arti man jadda wajada bahasa Arab 

Jadi secara arti, man jadda wajada berarti siapa seseorang yang berusaha bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkan apa yang diinginkan. 

Namun man jadda wajada tidak hanya sebatas arti itu saja, kalimat ini syarat dengan makna. Kalimat ini menggambarkan sebuah harapan kepada seseorang,

jika ia mau berjuang mau berusaha dan bekerja keras atas apa yang ia inginkan maka ia bisa mencapai tujuan tersebut. 

Selain itu kalimat ini juga menggambarkan kerja keras atau keseriusan sangat diperlukan untuk proses mendapatkan sesuatu. 

Dalam agama Islam juga populer dengan prinsip Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mau mengubahnya sendiri. Dimana ini juga berhubungan dengan makna kalimat man jadda wajada. 

Untuk itu tidak heran kalimat ini digunakan untuk menyemangati seseorang yang sedang berproses dan berjuang untuk mencapai sesuatu. 

Baca juga : 40 Kosakata Bahasa Arab Sehari-Hari Untuk Belajar 

Tulisan man jadda wajada bahasa Arab yang benar 

Banyak orang yang keliru menuliskan man jadda wajada ke berbagai bentuk. Padahal beda penulisan akan mempengaruhi cara baca dan juga arti bahasa. 

Jadi cara penulisan man jadda wajada bahasa Arab adalah sebagai berikut : 

مَنْ جَدَّ وَجَدَ

“Barangsiapa bersungguh-sungguh akan mendapat” 

Jika dipisah perkata akan terlihat seperti berikut ini : 

وَجَدَجَدَّ مَنْ 
Wajada Jadda Man 
Arti man jadda wajada bahasa Arab

Jadi dalam penulisan man jadda wajada ini harus benar penulisannya, agar tidak mempengaruhi arti dan cara bacanya dalam bahasa Arab. 

Populer dari novel 5 menara 

Kalimat man jadda wajada pertama kali populer berasal dari novel 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Dimana novel ini kemudian juga difilmkan sehingga tidak heran jika kalimat ini menjadi begitu populer dan banyak digunakan sampai sekarang ini. 

Dalam film dan novel 5 menara, penggunaan kalimat man jadda wajada digunakan oleh Alif dan para sahabatnya untuk saling menyemangati agar bisa berkuliah di universitas yang diimpikan. 

Untuk kamu yang sudah pernah membaca maupun melihat film 5 Menara maka tidak asing lagi dengan perjuangan dan penggunaan kalimat man jadda wajada dalam film ini. 

Kapan dan kepada siapa kalimat ini digunakan

Kamu bisa menggunakan kalimat man jadda wajada sebagai penyemangat diri maupun memberikan motivasi kepada teman agar terus bersemangat terhadap proses untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Kalimat penyemangat ini sangat cocok diberikan kepada seseorang yang yang sedang berproses dan bekerja keras atas apa yang dicita-citakan. 

Layanan lainya : Pelatihan Bahasa Turki untuk Karyawan 

Motivasi serupa dalam bahasa Indonesia dan Inggris 

man jadda wajada bahasa arab
Gambar Man Jadda Wajada | Man Jadda Wajada Bahasa Arab

Selain man jadda wajada, ada juga ungkapan motivasi serupa dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sebagai motivasi dalam mencapai sesuatu. 

Di Indonesia kita mengenal peribahasa berakit-rakit kehulu berenang-renang kemudian, bersakit-sakit dahulu, berenang kemudian. 

Yang berarti kita perlu bekerja keras terlebih dahulu sebelum mendapatkan kesenangan dari mencapai apa yang kita cita-citakan. 

Bersakit-sakit dahulu menggambarkan kita perlu bekerja keras secara maksimal terlebih dahulu agar bisa senang karena mencapai cita-cita nantinya. 

Dalam bahasa Inggris kita mengenal istilah work hard pays off yang memiliki arti mirip dengan usaha tidak akan menghianati hasil. 

Dimana memiliki arti kerja keras pasti akan memberikan hasil. Bukan hanya sebagai hubungan sebab akibat namun dalam menjalani proses, usaha dan kerja keras juga ada hasil lain yang didapatkan.

Seperti pembelajaran, pengetahuan, pelajaran dan lainnya. 

Artikel terkait : Tempat Belajar Bahasa Arab di Bogor: Harga Affordable Kualitas Premium 

Paham kalimat motivasi bahasa Arab lainya dengan Kursus Bahasa Arab 

Selain man jadda wajada bahasa Arab, kamu juga bisa mempelajari kalimat motivasi lainya yang menarik dan bermanfaat di keseharian. 

Dengan mengikuti kursus bahasa Arab di Lister. Kamu bisa mempelajari bahasa Arab dari awal secara intensif sampai pro.

Ada juga kelas kursus bahasa Arab untuk karyawan yang mendukung pembelajaran bahasa Arab untuk kebutuhan profesional dan karir. 

Pembelajaran bahasa Arab di Lister sangat fleksibel dengan kemudahan menjadwalkan jam belajar dan juga pemilihan tutor dengan bebas.

Selain itu pembayaran pay later yang meringankan proses pembayaran peserta juga bantu kenyamanan belajar tetap maksimal. Dapatkan potongan harga 10% dengan klaim kode promo BLOGLISTER10 untuk pembelian kelas minimal satu jutaan. Klaim kode melalui Whatsapp Lister ya! 

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.