Mengenal Benjamin Franklin, Ilmuwan dari Negeri Paman Sam

Benjamin Franklinn Amerika

Franklin adalah seorang tokoh Amerika Serikat yang berpengaruh dan telah meninggalkan banyak karya di dalam hidupnya. Namun, tahukah kamu, Benjamin Franklin bukan hanya seorang negarawan yang ulung, tetapi juga ilmuan dan penemu hebat. Kisah hidupnya dipenuhi kisah inspiratif dan unik untuk dipelajari.

Siapakah Benjamin Franklin?

Nama : Benjamin Franklin
Lahir : Boston, Amerika Serikat, 17 Januari 1706
Wafat : Pennsylvania, Amerika Serikat, 17 April 1790
Orang Tua : Josiah Franklin (ayah), Abiah Folger (ibu)
Istri : Deborah Read
Anak : Sarah Franklin Bache, William Franklin, Francis Folger Franklin
Dikenal : Bapak Pendiri Amerika Serikat

Benjamin Franklin lahir pada tanggal 17 Januari 1706 di Boston, Amerika Serikat. Ia wafat pada tanggal 17 April 1790 di Pennsylvania, Amerika Serikat. Ia merupakan anak dari Josiah Franklin (ayah), Abiah Folger (ibu).

Penasaran dengan kisah hidup seorang Benjamin Franklin sehingga bisa menjadi seorang tokoh yang melegenda?

Dalam artikel ini, kita akan membahas kisah perjalanan hidup seorang Benjamin Franklin. Simak terus ya!

Masa Kecil

Benjamin Franklin di waktu kecil sudah berhenti sekolah pada saat ia berusia sepuluh tahun atau duduk di bangku sekolah dasar. Di usia dua belas tahun ia kemudian magang di sebuah penerbitan milik James, kakak laki-lakinya. Percetakan ini menerbitkan surat kabar New England Courant.

Dalam surat kabar milik kakaknya itu, Benjamin bekerja sebagai kontributor dan editor. Namun, karena terdapat perselisihan, dirinya pindah ke kota New York.

Benjamin Franklin bekerja sebagai wartawan. Lalu, dia menerbitkan tulisan Poor Richard’s Almanac, yang menceritakan bakat luar biasanya dalam memutar balikkan potongan-potongan kalimat. Sampai di penghujung usia, Benjamin telah menyusun sebuah otobiografi yang berjudul, “Mémoires de la vie privée de Benjamin Franklin“. sebuah karya termasyhur yang pernah ditulis dan hingga kini masih dibaca dan digemari orang.

Pendiri Amerika Serikat

Benjamin Franklin pun aktif berkecimpung di dunia politik, ia berhasil seperti halnya sukses sebagai administrator, legislator serta diplomat.

Selain itu, dia merupakan salah seorang penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat dan kemudian jadi anggota Konvensi Konstitusi. Benjamin Franklin kemudian disebut sebagai Bapak Pendiri Amerika Serikat.

Franklin adalah seorang pembangkit semangat dan organisator masyarakat. Dia merupakan salah seorang pendiri rumah sakit pertama di Philadelphia.

Dia membantu mengorganisir perusahaan pemadam kebakaran dan mendorong hingga berhasil terbentuknya kantor polisi urusan kota.

Seorang Ilmuwan/Penemu

Setelah menjalani profesi dan keahlian sebelumnya,ia juga mengorganisir perpustakaan keliling pertama di dunia dan kelompok masyarakat ilmuwan yang pertama. Minatnya di bidang ilmu pengetahuan membuat Franklin terkenal dengan dia punya penyelidikan dasar tentang listrik dan cahaya.

Bersamaan dengan hal tersebut, dia juga menciptakan berbagai penemuan yang mempunyai banyak pengaruh, misalnya lensa dengan fokus ganda yang kini dikenal dengan nama kacamata serta pistol cahaya. Dua penemuannya yang disebut terakhir masih digunakan orang hingga kini.

Penemuan Benjamin Franklin

Melansir dari laman internasional kompas, ada banyak penemuan yang sangat berpengaruh, contohnya seperti di bawah ini:

Penangkal Petir

Glass Armonika

Kompor Franklin

Lensa Bifokal

Odometer

Saat-Saat Terakhir Benjamin Franklin

Benjamin Franklin meninggal pada usia 84 tahun. Ribuan orang tercatat menghadiri pemakamannya. Namanya diabadikan dalam mata uang AS, perangko, dan berbagai institusi pendidikan yang memakai namanya.

Benjamin Franklin wafat di Pennsylvania, Amerika Serikat pada tanggal  17 April 1790. Benjamin menikah dengan Deborah Read dan mempunyai anak bernama Sarah Franklin Bache, William Franklin, Francis Folger Franklin.

Itulah biografi dan cerita perjalanan seorang Benjamin Franklin yang menarik untuk diketahui. Semoga menginspirasi kamu ya!

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari

100 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari, Lengkap dengan Artinya

Kamu perlu belajar kosa kata bahasa Korea sehari-hari penting untuk berkomunikasi dengan lancar saat berlibur di sana. Mulai dari sapaan hingga ungkapan umum seperti berterima kasih. Sederet kumpulan kata bahasa Korea ini bisa kamu lafalkan dan hafalkan dengan mudah.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.