Biaya Hidup di Jepang 2022, Berapa Gaji yang Kamu Perlukan?

Ingin bekerja di Jepang? Tentu kamu harus memikirkan biaya hidup selama tinggal di sana.

Perhatikan rincian biaya hidup di Jepang berikut ini.

Biaya hidup di Jepang

Tinggal di Jepang membutuhkan biaya besar, terutama jika kamu berada di kota besar seperti Tokyo yang menjadi salah satu dari 10 kota termahal di dunia.

Kamu harus menyiapkan biaya sewa tempat tinggal, transportasi, dan lain-lain. Walaupun begitu, biayanya tidak terlalu besar di kota-kota selain Tokyo. Besarnya biaya hidup juga akan bergantung pada gaya hidup masing-masing.

Akomodasi dan kebutuhan rumah

Kamu dapat menyewa apartemen atau rumah gaijin (apartemen khusus untuk orang asing). Harga sewa apartemen satu kamar berkisar 50.000 sampai 70.000 yen per bulan di Tokyo. Namun harga sewa di pusat kota dapat mencapai 100.000 yen per bulan.

Kebutuhan rumah seperti listrik, gas, dan air belum termasuk biaya sewa. Rata-rata pemakaian listrik adalah 4.000 yen, gas 3.000 yen, dan air 2.000 yen per bulan untuk satu orang.

Komunikasi

Nomor telepon terintegrasi dengan izin tinggal dan rekening bank. Biaya pulsa dan internet berkisar 2.500 sampai 4.000 yen per bulan.

Furnitur dan perlengkapan rumah

Kamu akan membutuhkan peralatan elektronik seperti kulkas dan mesin cuci. Kamu dapat membeli di toko furnitur atau supermarket seperti Aeon, Ito Yokado, Nitori, Muji, dan lain-lain.

Kamu dapat menemukan aksesoris rumah tangga di toko 100 Yen yang menjual berbagai barang seharga 100 yen.

Transportasi

Orang Jepang banyak menggunakan transportasi umum seperti kereta. Biasanya biaya transportasi ke tempat kerja ditanggung perusahaan.

Biaya tiket bulanan sekitar 9.000 yen. Kamu juga dapat membeli PASMO untuk naik kereta dan bus.

Selepas tengah malam, bus dan kereta sudah tidak beroperasi. Kamu dapat naik taksi dengan tarif 410 yen per kilometer.

Memiliki mobil pribadi di Jepang cukup mahal karena adanya asuransi wajib, pajak, biaya parkir, dan inspeksi rutin. Opsi lainnya adalah memiliki sepeda, terutama jika kamu tinggal di pusat kota.

Hiburan

Tiket bioskop berkisar pada harga 1.000 sampai 2.000 yen, karaoke 200 yen per jam, dan tiket konser mulai dari 6.000 yen.

Harga potong rambut di salon mulai dari 1.000 sampai 4.000 yen.

Makan dan belanja bahan makanan

Belanja bahan makanan lebih murah di pasar tradisional. Bahan makanan yang sudah dimasak biasanya didiskon pada sore hari sebelum pasar tutup.

Rata-rata harga makanan di rumah makan atau warung mulai dari 500 sampai 1.000 yen, yakni untuk menu ramen, donburi, nasi kari, burger, dan lain-lain. Warung ini dapat kamu temukan di dalam stasiun kereta atau kawasan pertokoan.

Restoran lain yang lebih mahal mematok harga 1.000 sampai 3.000 yen. Sementara itu ada pula restoran mewah.

Pada jam makan siang, banyak restoran yang menawarkan teishoku (paket menu) seharga 1.000 yen. Bento banyak dijual di supermarket, stasiun kereta, dan kawasan perkantoran dengan harga terjangkau. Harga secangkir kopi di kafe sekitar 300 yen.

Belanja pakaian

Belanja pakaian dengan harga terjangkau dapat dilakukan di Ito Yokado atau Uniqlo. Kamu juga dapat membeli pakaian di mal atau butik, tetapi harganya akan lebih mahal.

Gaji di Jepang

Dengan jumlah biaya hidup tersebut, berapa gaji yang kamu perlukan? Rata-rata gaji bulanan di Jepang adalah 332.000 yen setelah pajak.

Jumlah tersebut merupakan rata-rata, artinya gaji yang kamu peroleh dapat lebih tinggi atau lebih rendah sesuai pengalaman dan keterampilan.

Belajar Bahasa Jepang: Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan membantu proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!