Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Cari Tahu PASMO, Alat Pembayaran Penting di Tokyo Metro

Saat travelling atau tinggal di Jepang, sebaiknya kamu memiliki PASMO. Alat pembayaran ini akan bermanfaat bagi kamu yang sering bepergian di Tokyo Metro.

Sudah tahu bagaimana cara mendapatkan dan menggunakan kartu PASMO?

Apa itu PASMO?

Kartu PASMO (パスモ/Pasumo) adalah kartu yang dipasangi integrated-circuit (IC) chip. Kartu ini dapat digunakan sebagai pembayaran subway, kereta, bus, dan trem di area metropolitan Tokyo.

Kartu PASMO dapat digunakan untuk JR (Japan Railways) dan kereta swasta di Tokyo. Cara menggunakannya mudah, cukup ketukkan kartu di alat pemindai yang ada di pintu masuk. Kartu ini dapat diisi ulang.

PASMO pertama kali diperkenalkan pada 2007 di Tokyo, Jepang. Kini PASMO dapat pula digunakan untuk membayar di toko dan mesin penjual otomatis.

PASMO juga sudah terintegrasi dengan sarana transportasi publik di berbagai tujuan wisata populer di luar Tokyo, seperti Osaka, Kyoto, dan Fukuoka. PASMO dapat digunakan di tempat yang juga menerima pembayaran menggunakan Suica cards.

Cara Membeli PASMO

Kartu PASMO dapat dibeli di stasiun kereta, stasiun subway, terminal bus, atau bandara. Kamu juga dapat membelinya secara online.

Jika kamu akan tinggal di Jepang untuk waktu yang lama, kamu dapat melakukan registrasi kartu PASMO. Tujuannya agar kamu dapat membuat laporan jika kartu tersebut hilang. Sementara itu kartu yang tidak diregistrasi tidak dapat dilaporkan.

Saat membeli kartu PASMO untuk pertama kali, saldomu akan dipotong 500 yen. Contohnya kamu mengisi 2.000 yen, maka saldo yang tersedia adalah 1.500 yen.

Cara Mengisi Ulang PASMO

Kamu dapat mengisi ulang PASMO di mesin yang tersedia di dekat pintu masuk. Kamu dapat memilih opsi bahasa Inggris di mesin, jika tidak terlalu fasih membaca kanji Jepang.

Kartu PASMO juga dapat diisi ulang di toko tertentu dan bus. Kartu dapat diisi ulang dengan kelipatan 1.000 yen dengan jumlah maksimal 20.000 yen.

Cara mengisi ulangnya mudah. Masukkan kartu, pilih opsi bahasa, pilih opsi isi ulang, pilih jumlah saldo, masukkan uang tunai, kemudian kartu akan keluar dalam keadaan sudah diisi ulang.

subway jepang
Subway Jepang.

PASMO untuk Anak-Anak

Tersedia kartu PASMO khusus anak-anak. Tarif transportasi publik untuk anak-anak setengah dari orang dewasa.

Untuk membuatnya, kamu dapat mendaftar di Pusat Informasi Keisei dengan membawa dokumen yang menunjukkan tanggal lahir anak. Walaupun begitu, anak di bawah usia 6 tahun biasanya dapat naik kereta dengan gratis bersama orang tua mereka.

PASMO Passport

Selain kartu PASMO, ada pula yang disebut dengan PASMO Passport. Kartu ini ditujukan bagi mereka yang berkunjung dalam waktu singkat ke Jepang.

PASMO Passport dapat digunakan untuk pembayaran sarana transportasi publik, tiket masuk tempat wisata, restoran, toko, dan akomodasi lainnya.

Untuk mendapatkan PASMO Passport, kamu cukup membayar 2.000 yen. Kamu dapat membeli kartu ini di Stasiun Tokyo, Ginza, Ueno, Shibuya, Bandara Haneda, Bandara Narita, dan beberapa tempat lainnya.

PASMO Passport hanya berlaku selama 28 hari. Jika ada sisa saldo, tidak dapat diuangkan.

Belajar Bahasa Jepang: Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister. Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan membantu proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!