Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

4 Pulau Utama di Jepang: Metropolitan hingga Pusat Keagamaan

Jepang adalah salah satu negara maritim dunia yang memiliki 6.852 pulau. Di antara ribuan pulau tersebut, banyak yang tidak berpenghuni.

Demografi penduduk Jepang berpusat pada 4 pulau utama di Jepang, yakni Honshu, Hokkaido, Kyushu, dan Shikoku. Masing-masing pulau dibagi menjadi sejumlah prefektur dan kota.

Posisi geografis 4 pulau utama di Jepang mirip dengan huruf j kecil.

  • Hokkaido adalah titik pada huruf j.
  • Honshu adalah bagian yang memanjang ke bawah pada huruf j.
  • Shikoku dan Kyushu adalah lengkung di bagian bawah huruf j.

Apa saja fakta unik pulau-pulau besar yang ada di Jepang tersebut?

Pulau Honshu

Honshu adalah pulau terbesar di Jepang dan menjadi pusat pemerintahan, perdagangan, serta populasi penduduk. Pulau ini merupakan pulau terbesar ketujuh di dunia.

Populasi terpadat Jepang berada di Honshu. Beberapa kota terbesar di Jepang berada di pulau ini, termasuk ibu kota, Tokyo.

Honshu adalah pulau utama Jepang yang terhubung dengan pulau-pulau lain melalui terowongan bawah air dan jembatan. Honshu terkenal dengan kawasan pegunungannya, termasuk Gunung Fuji.

Pengunjung juga dapat menikmati sejumlah onsen (pemandian air panas) yang berada tidak jauh dari kota metropolitan.

  • Kota besar: Tokyo, Hiroshima, Osaka-Kyoto, Nagoya, Sendai, Yokohama, Niigata
  • Gunung: Fuji, Kita, Hotaka, Pegunungan Hilda, Pegunungan Ou, Pegunungan Chugoku
  • Lain-lain: Danau Biwa, Danau Inawashiro, Teluk Mutsu, Teluk Tokyo

Pulau Hokkaido

Hokkaido terletak di sebelah utara dan menjadi pulau terbesar kedua di Jepang. Hokkaido dan Honshu dibatasi oleh Selat Tsugaru.

Hokkaido menjadi destinasi utama wisata alam karena iklimnya yang mendukung, seperti ski, seluncur es, dan mendaki. Taman Nasional Shiretoko juga berada di pulau ini.

Selama musim dingin, aliran air dari Laut Okhotsk membawa es menuju pesisir utara Jepang. Musim panasnya pun cukup sejuk dibandingkan pulau-pulau lain di Jepang.

Masyarakat Hokkaido memiliki dialek yang khas. Di sini kamu juga dapat mengikuti Festival Musim Dingin yang terkenal.

  • Kota besar: Sapporo, Hakodate, Obihiro, Asahikawa, Obihiro, Kitami, Shari, Abashiri, Wakkanai
  • Gunung: Asahi, Hakuun, Akadake, Tokachi, Pegunungan Daisetsu-zan
  • Lain-lain: Ngarai Sounkyo, Danau Kussharo, Danau Shikotsu

Pulau Kyushu

Pulau terbesar ketiga di Jepang adalah Kyushu yang berada di sebelah selatan Honshu. Pulau ini terkenal dengan iklim semi-tropis, pemandian air panas, dan gunung berapi aktif.

Kyushu memiliki sejumlah situs bersejarah yang masih dilestarikan. Tak hanya itu, terdapat hutan pohon cedar yang berusia ratusan tahun.

  • Kota besar: Fukuoka, Nagasaki, Kagoshima
  • Gunung: Aso, Kuju, Tsurumi, Kirishima, Sakura-jima, Ibusuki
  • Lain-lain: Sungai Kumagawa, Dataran Tinggi Ebino

Pulau Shikoku

Shikoku adalah pulau terkecil dari empat pulau utama di Jepang. Letaknya berada di sebelah timur Kyushu dan tenggara Honshu.

Shikoku adalah pusat kebudayaan Jepang. Pulau tersebut memiliki banyak kuil Buddha dan menjadi tempat kelahiran sejumlah penyair haiku ternama dalam sejarah.

Walaupun memiliki deretan pegunungan, ukurannya lebih kecil dibandingkan yang ada di pulau-pulau lain. Selain itu tidak ada gunung berapi aktif di Shikoku.

Shikoku adalah salah satu tempat peziarahan penganut Buddha yang terkenal. Pengunjung dapat berjalan kaki mengelilingi pulau sambil mengunjungi 88 kuil yang tersebar di seluruh Shikoku. Pulau ini merupakan salah satu pusat peziarahan tertua di dunia.

Peziarahan tersebut dilakukan untuk menghormati sosok biksu yang menjadi pelopor Buddhisme Shingon, Kukai.

Kamu juga dapat berkunjung ke Nagoro, Lembah Boneka. “Kota Hantu” ini dihuni 37 orang penduduk dan 350 boneka sebesar manusia yang dibuat Ayano Tsukimi.

Setelah pensiun, Ayano pindah dari Osaka ke kampung halamannya di Nagoro. Ia mencoba bercocok tanam, tetapi tidak menghasilkan apa-apa. Ia pun membuat orang-orangan sawah untuk membantu hasil panennya.

Di kemudian hari, Ayano membuat boneka untuk memperingati penduduk desa yang sudah meninggal. Boneka-boneka tersebut diletakkan di tempat yang menjadi kenangan akan orang yang sudah meninggal.

  • Kota besar: Matsuyama, Kochi
  • Gunung: Sasagamine, Higashi-Akaishi, Miune, Tsurugi
  • Lain-lain: Laut Pedalaman Seto, Laut Hiuchi-nada, Laut Bingonada, Laut Iyo-nada

Belajar Bahasa Jepang: Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister. Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan membantu proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!