13 Kosakata Bisnis Bahasa Jepang, Jangan Salah Ucap!

Masyarakat Jepang memiliki standar tata krama dan disiplin yang tinggi, termasuk dalam dunia kerja. Saat bekerja atau berbisnis di Jepang, pastikan kamu mengetahui berbagai kosakata dan istilah bisnis.

Berikut berbagai kosakata bisnis bahasa Jepang yang digunakan untuk percakapan sehari-hari.

Menyapa rekan kantor

Ungkapan sapaan dalam bahasa Jepang disebut dengan aisatsu.

Ohayou gozaimasu.

Ohayou gozaimasu (お早うございます / おはようございます) diucapkan saat kamu tiba di tempat kerja. Bahkan jika sudah lewat pagi hari, jika kamu baru tiba, kamu mengucapkan ohayou gozaimasu. Atasan biasanya akan menjawab secara informal ohayou (おはよう).

Osewa ni natte orimasu.

Osewa ni natte orimasu (お世話になっております / おせわになっております) digunakan untuk berterima kasih atas bantuan, dukungan, atau kerja sama orang lain.

Kata-kata ini biasa diucapkan saat menjawab telepon dari klien atau pelanggan, menyapa perwakilan dari perusahaan lain, atau dalam email bisnis dengan perusahaan lain.

Otsukare sama desu.

Otsukare sama desu (お疲れ様です / おつかれさまです) berarti Anda bekerja keras. Ucapan ini disampaikan kepada rekan kerja yang pamit pulang.

Otsukare sama deshita.

Otsukare sama deshita (お疲れ様でした / おつかれさまでした) berarti Anda sudah bekerja keras. Ucapan ini disampaikan kepada rekan kerja yang sudah menyelesaikan presentasi, proyek, pekerjaan, atau rapat.

Ucapan ini menandakan pekerjaan tersebut sudah selesai, sehingga perhatikan penggunaannya.

Gokuro sama desu.

Gokuro sama desu (ご苦労さまです / ごくろうさまです) berarti tampaknya Anda bekerja keras atau Anda bekerja keras. Ucapan ini hanya dikatakan atasan kepada bawahannya.

Meminta bantuan

Sumimasen, ima ojikan daijoubu desu ka.

Sumimasen, ima ojikan daijoubu desu ka (すみません、今お時間大丈夫ですか / すみません、いまおじかんだいじょうぶですか) berarti Permisi, apakah Anda punya waktu?

_ wo mite moratte mo ii desu ka.

_ wo mite moratte mo ii desu ka (_を見てもらっても良いですか / _をみてもらてもいいですか) berarti Tolong lihat ini. Kata-kata ini digunakan untuk meminta pendapat orang lain.

Yoroshiku onegai shimasu.

Yoroshiku onegai shimasu (よろしくお願いします / よろしくおねがいします) berarti mohon bantuannya. Kata-kata ini diucapkan saat berkenalan, meminta bantuan, dan di bagian akhir email.

Arigatou gozaimasu.

Arigatou gozaimasu (ありがとうございます) adalah terima kasih banyak.

Arigatou gozaimashita.

Arigatou gozaimashita (ありがとうございました) berarti terima kasih atas yang sudah Anda lakukan. Kata-kata ini disampaikan untuk berterima kasih atas perbuatan yang sudah dilakukan di masa lampau.

Moushi wake gozaimasen (deshita).

Moushi wake gozaimasen (deshita) (申し訳ございません(でした) / もうしわけございません(でした)) berarti maaf, saya tidak bisa beralasan.

Kata-kata ini disampaikan saat meminta maaf secara mendalam dan tidak memiliki dalih. Kamu juga hendak bertanggung jawab sepenuhnya. Saat mengucapkan ini, bungkukkan badan.

Meninggalkan tempat kerja

Itte mairimasu.

Itte mairi masu (行って参ります / いってまいります) artinya saya pergi dan akan kembali. Kata-kata ini disampaikan saat pergi keluar tempat kerja untuk waktu yang singkat, seperti untuk rapat di luar.

Tadaima modorimashita.

Tadaima modori mashita (ただ今戻りました / ただいまもどりました) berarti saya kembali. Ucapan ini disampaikan setelah kembali dari luar tempat kerja.

Osakini shitsurei shimasu.

Osakini shitsurei shimasu (お先に失礼します / おさきにしつれいします) berarti maaf, saya pulang lebih dulu. Ucapan ini disampaikan saat pulang dari tempat kerja.

Belajar Bahasa Jepang: Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan membantu proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!