Cara Menggunakan Purikura, Foto Instan yang Hits di Jepang

Purikura adalah photo booth yang terkenal di Jepang. Mesin foto otomatis ini populer di kalangan anak muda, terutama remaja perempuan.

Di booth ini, kamu dapat mengambil foto dan mengeditnya sesuai keinginan.

Bagaimana cara menggunakannya? Cari tahu, yuk!

Purikura

Purikura (プリクラ) adalah singkatan dari purinto kurabu (プ リ ン ト 倶 楽 部), artinya print club. Mesin purikura pertama diluncurkan pada Juli 1995 oleh perusahaan game terkemuka di Tokyo, Atlus.

Awalnya mesin ini berfungsi mengambil foto dan mencetaknya secara otomatis. Perusahaan game lainnya, Sega, mengembangkan mesin ini dengan menambahkan berbagai fitur. Mesin tersebut mulai disebut dengan purikura.

Purikura dapat ditemukan di berbagai game center dan taman hiburan. Namun keberadaan purikura baru benar-benar tenar setelah dipopulerkan band SMAP di televisi pada 1997.

Walaupun sudah ada sejak akhir 1990-an, mesin foto otomatis ini masih hits di kalangan anak muda Jepang. Teknologi yang digunakan pun lebih canggih.

Lokasi

Di mana kamu dapat menemukan purikura? Mesin ini selalu ada di setiap game center (arcade), taman hiburan, hingga di berbagai tempat lainnya seperti toko atau tepi jalan.

Harga satu kali foto berkisar antara 200 sampai 400 yen. Foto dapat diedit sesuai keinginan, seperti ditambahkan frame, stiker, filter, dan lain-lain.

Kamu juga dapat memilih jumlah lembar foto yang dicetak. Biasanya anak-anak muda di Jepang menggunakan photo booth bersama-sama, lalu hasil cetaknya dibagi dua.

Cara menggunakan purikura

Sebelum mengambil foto, kamu harus memilih background yang hendak digunakan. Kamu harus memilih dengan cepat, karena mesin ini menggunakan timer. Selain itu, seluruh tulisannya menggunakan bahasa Jepang.

Biasanya purikura menggunakan green screen. Sebaiknya kamu menghindari memakai pakaian hijau.

Purikura akan memberi saran pose dan gaya yang lucu. Namun kamu tetap bebas hendak berpose seperti apapun.

Setelah itu kamu dapat mengedit foto yang sudah diambil. Sama seperti sebelumnya, ada batas waktu untuk mengedit.

Kamu dapat menambahkan stiker, filter, tulisan, dan lain-lain. Setelah itu, foto siap dicetak. Proses cetaknya pun cepat, hanya membutuhkan waktu dalam hitungan menit.

Ada berbagai jenis purikura yang dapat kamu pilih. Ada yang menggunakan gaya harajuku, natural, bahkan gyaru.

Belajar Bahasa Jepang: Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan membantu proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!