Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Berapa Skor DELF yang Bagus? Pastikan Raih Target ini!

skor delf prancis

Syarat penting untuk melanjutkan pendidikan atau bekerja di Prancis adalah memiliki sertifikat DELF. Agar mencapai skor maksimal, pastikan kamu sudah mengikuti Persiapan DELF sebelumnya.

Berapa skor DELF yang bagus? Terdapat standar yang harus menjadi targetmu agar dapat memperoleh sertifikat DELF.

DELF (Diplôme d’études en langue française) adalah sertifikasi kemampuan bahasa Prancis untuk pembicara non-native yang diselenggarakan France Éducation international (FEI) di Kementerian Pendidikan Prancis.

DELF terdiri dari level A1, A2, B1, dan B2. Terdapat empat ragam tes, yakni DELF Prim, DELF Junior et Scolaire, DELF Tous Publics, dan DELF Pro.

Skor DELF

DELF terdiri dari empat seksi, yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Masing-masing seksi mendapat skor maksimal 25. Jika ditotal, skor keseluruhan maksimal yang diperoleh adalah 100.

Untuk lulus, kamu harus mendapat skor minimal 5 di setiap seksi. Standar ini sama untuk setiap level kesulitan.

Untuk mendapatkan sertifikat DELF, kamu harus mendapatkan minimal skor total 50. Dengan kata lain, skor tersebut menjadi standar yang harus kamu targetkan.

Arti Lulus DELF

Setelah lulus salah satu level kecakapan DELF, apa artinya? Berapa tingkat yang kamu butuhkan untuk kuliah atau bekerja di lingkungan yang menggunakan bahasa Prancis?

  • A1/A2 adalah level dasar
  • B1/B2 adalah level menengah
  • Jika pelajaran bahasa Prancis yang kamu ikuti sudah mencapai 400 jam, kamu dapat mengikuti ujian DALF C1/C2 tanpa perlu menjalani DELF sebelumnya

Berikut penjelasan lebih rincinya.

DELF A1

Tingkat ini adalah level pertama. Kamu dapat berinteraksi secara sederhana. Kamu dapat memperkenalkan diri, bertanya, dan menjawab tentang informasi pribadi seperti tempat tinggal, orang yang dikenal, serta benda yang dimiliki.

DELF A2

Tingkat ini adalah level dasar. Kamu dapat berinteraksi dalam percakapan sehari-hari.

DELF B1

Tingkat ini adalah level menengah. Kamu dapat menangani situasi pekerjaan, sekolah, liburan, dan lain-lain. Kamu dapat bepergian ke negara-negara berbahasa Prancis. Kamu dapat mendeskripsikan pengalaman, peristiwa, cita-cita, harapan, opini, rencana, serta alasannya.

DELF B2

Tingkatan ini adalah level menengah yang lebih tinggi. Kamu dapat memahami gagasan dari sebuah teks yang kompleks terkait topik abstrak atau konkrit. Termasuk pembicaraan teknis terkait bidang yang kamu tekuni.

Kamu dapat berinteraksi dalam percakapan dengan penutur asli secara spontan dan fasih. Kamu dapat menjelaskan sudut pandang terkait suatu topik berdasarkan kelebihan dan kekurangannya.

Level B2 diperlukan untuk melamar ke universitas di Prancis.

Keuntungan Mengikuti Sertifikasi DELF

Sejumlah program sarjana dan pascasarjana mensyaratkan level B2, walaupun ada beberapa program sarjana yang menerima level B1.

Kebanyakan tempat kerja juga mensyaratkan level B1 atau B2. Selain untuk pendidikan lanjutan dan pekerjaan, apa saja keuntungan mengikuti sertifikasi DELF?

  • Materi dan ujian berdasarkan objek realistis, artinya disesuaikan dengan situasi di kehidupan nyata
  • Meningkatkan prospek untuk bekerja, melanjutkan studi, bepergian, atau tinggal di luar negeri
  • Terbuka untuk siapa saja tanpa memandang keterampilan bahasa, kemampuan, usia, atau pekerjaan
  • Diakui Kementerian Pendidikan Prancis
  • Diakui di negara-negara berbahasa Prancis di seluruh dunia
  • Menjadi prasyarat untuk belajar di universitas Prancis atau bekerja di lingkungan yang berbahasa Prancis