Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

10 Lagu Prancis Terkenal, dari yang Klasik sampai Ikonik

lagu prancis

Gemar mengikuti kultur populer Prancis? Maka kamu wajib mempelajari bahasanya agar dapat semakin mendalami. Kamu bisa mengikuti Les Bahasa Prancis sebagai awalan.

Prancis memang menjadi salah satu rujukan kultur populer dunia. Tak terkecuali dalam musik.

Berikut sederet lagu Prancis yang terkenal. Beberapa di antaranya termasuk ikonik.

1. La vie en rose

Lagu yang ditulis Edith Piaf ini dirilis pada 1945. Lagu yang ditulis pada akhir Perang Dunia II tersebut membuat Piaf menjadi salah satu penyanyi Prancis terbaik sepanjang masa.

2. Ne me quitte pas

Ne me quitte pas dipopulerkan Jacques Brel pada 1959. Walaupun mengusung kisah cinta yang sedih, lagu ini terkenal sebagai lagu klasik Prancis yang populer.

3. La Mer

Kata orang, penyanyi sekaligus komposer Charles Trenet menulis La Mer selama 10 menit di tisu toilet selama perjalanan kereta pada 1946.

Tidak ada yang pernah tahu kisah penciptaan lagu tersebut benar atau tidak. Walaupun begitu, lagu dengan kisah yang manis ini menjadi salah satu lagu klasik sepanjang masa dari Prancis.

4. C’est Si Bon

Lagu yang banyak dinyanyikan ulang ini pertama kali dirilis Yves Montand pada 1949. Liriknya menceritakan sepasang kekasih yang jatuh cinta dan impian mereka.

C’est Si Bon banyak dinyanyikan ulang, mulai dari Eartha Kitt sampai Louis Armstrong.

5. Les Champs Elysées

Joe Dassin, penulis dan penyanyi lagu terkenal yang dirilis pada 1970 ini, sebenarnya orang Amerika Serikat. Namun kedua orang tuanya berasal dari Prancis. Selain itu, kariernya melejit di Prancis.

6. Je t’aime moi non plus

Serge Gainsbourg disebut-sebut sebagai tokoh musik pop Prancis. Serge Gainsbourg juga dikenal atas kolaborasinya dengan sejumlah penyanyi, termasuk Jane Birkin.

Lagu yang dirilis pada 1969 ini menimbulkan kontroversi akibat liriknya yang vulgar. Je t’aime moi non plus dilarang oleh Vatikan dan Amerika Serikat.

7. Alexandrie

Dalam lagu yang dirilis pada 1977 tersebut, Claude Francois menceritakan kota Alexandria yang terletak di tepi Sungai Nil di Mesir. Lagu ini muncul saat era disko sedang berjaya.

Alexandrie dirilis pada saat pemakaman Claude Francois yang tewas akibat kecelakaan.

8. Tous Les Garçons et Les Filles

Pada 1962, Françoise Hardy merilis lagu ini. Tous Les Garçons et Les Filles segera menjadi hits di Prancis.

Lagu dengan lirik sedih ini menceritakan bagaimana anak-anak muda lainnya jatuh cinta dan mulai menemukan pasangan mereka. Ia sendiri berharap akan segera menemukan cinta sejatinya. Hardy menulis lagu ini sendiri.

9. La Bohème

Charles Aznavour, penyanyi yang merilis lagu ini pada 1966, adalah salah satu penyanyi paling laris di dunia.

Lebih dari 100 juta keping rekamannya terjual. Tak hanya itu, Aznavour juga tampil di lebih dari 60 film, menjadi duta besar PBB di Jenewa, tanpa henti mengadvokasi tanah leluhurnya di Armenia, dan partisipan aktif dalam politik Eropa.

La Bohème menceritakan sepasang kekasih, seorang seniman dan gadis Bohemian.

10. Pour que tu m’aimes encore

Celine Dion mungkin lebih dikenal dengan lagu My Heart Will Go On. Namun banyak yang tak mengetahui ia juga merekam lagu dalam bahasa Prancis.

Lagu berbahasa Prancis paling terkenal dari Celine Dion adalah Pour que tu m’aimes encore yang dirilis pada 1995.