Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

10 Film Prancis Terbaik Sepanjang Masa, Ada Favoritmu di Sini?

film prancis terbaik

Tertarik dengan kultur Prancis? Kamu bisa mulai belajar bahasanya. Caranya adalah dengan mengikuti Kursus Bahasa Prancis.

Prancis terkenal akan dunia seninya. Termasuk film. Ada sejumlah film Prancis yang mendunia dan wajib masuk dalam daftar rekomendasi.

Apa saja film-film tersebut? Simak daftar film Prancis terbaik sepanjang masa.

1. Jules and Jim

Film drama romantis karya sutradara François Truffaut ini dirilis pada 1962. Jules and Jim mengambil latar pada Perang Dunia I.

Jules and Jim menceritakan kisah tragis dua sahabat dan seorang wanita, Catherine.

2. La Grande Illusion

Dinobatkan sebagai salah satu film terbaik yang pernah ada, film karya Jean Renoir ini dirilis pada 1937. Mahakarya ini menceritakan sekelompok tentara yang merencanakan upaya kabur dari penjara Jerman pada Perang Dunia I.

3. Paris, Je T’aime

Premisnya mungkin terkesan klise. Namun antologi 18 kisah tentang cinta dan kehilangan ini justru sangat mengesankan.

Disutradarai Alfonso Cuarón, Olivier Assayas, dan Coen Bersaudara, serta menampilkan Natalie Portman, Juliette Binoche, dan Willem Dafoe, film ini berlatar belakang sejumlah tempat di Paris.

4. Masculin Féminin

Jean-Luc Godard merekam kultur anak muda, cinta, revolusi, dan politik di Paris era 1960-an melalui film Masculin Féminin.

5. La Vie en Rose

Marion Cotillard memenangkan Aktris Terbaik pada penghargaan Oscar, BAFTA, Golden Globe, dan César untuk perannya sebagai penyanyi ternama Edith Piaf di film musikal-biografis ini. Cotillard adalah aktor pertama dan satu-satunya yang memenangkan penghargaan atas peran berbahasa Prancis.

6. Blue is the Warmest Color

Film besutan Abdellatif Kechiche ini mengisahkan seorang gadis yang tengah beranjak dewasa. Di usianya yang belia, gadis tersebut mengeksplorasi seksualitas, cinta, dan patah hati bersama seorang seniman misterius.

7. The Artist

Tribut untuk film bisu ini memenangkan 3 Golden Globes, 7 BAFTA, 6 Césars, dan 5 Academy Awards. Termasuk penghargaan Aktor Terbaik untuk Jean Dujardin yang menjadi aktor Prancis pertama yang memenangkan kategori tersebut.

8. Amour

Emmanuelle Riva dan Jean-Louis Trintignant membintangi film besutan sutradara Michael Haneke ini. Film tersebut mengisahkan pasangan berusia 80-an yang berusaha agar tetap bersama, meskipun usia dan penyakit membayangi.

9. Hiroshima Mon Amour

Film karya Alain Resnais ini dibuat berdasarkan naskah yang ditulis novelis Marguerite Duras. Film tersebut mengisahkan sepasang kekasih, seorang aktris Prancis dan arsitek Jepang.

Keduanya berbincang tentang hidup, cinta, dan perang setelah pengeboman Hiroshima.

10. Breathless

Debut Jean-Luc Godard di film Breathless adalah yang pertama dari gerakan New Wave. Keberhasilan film tersebut turut melambungkan aktor Jean-Paul Belmondo menjadi bintang internasional.